HOME, Keluarga

7 Kebiasaan Baik yang Harus Orang Tua Ajarkan kepada Anak Sedini Mungkin

7 Kebiasaan Baik yang Harus Orang Tua Ajarkan kepada Anak Sedini Mungkin

MOMSMONEY.ID - Pada dasarnya, karakter yang baik dilandasi dengan kebiasaan yang positif. Oleh sebab itu, penting bagi para orang tua untuk mengajarkan anak-anak mereka tentang berbagai kebiasaan yang baik dan tentunya bermanfaat dengan harapan kebiasaan-kebiasaan tersebut akan anak bawa hingga mereka dewasa.

Melansir ParentCircle, inilah 7 kebiasaan baik dan sehat yang harus orang tua ajarkan kepada anak sedini mungkin guna meletakkan dasar kehidupan yang bugar dan produktif. Simak dan catat baik-baik ya, Moms!

1. Mencuci tangan

Mencuci tangan adalah cara termudah, termurah, dan terbaik untuk mencegah infeksi. Kebiasaan ini mampu mengurangi risiko terkena atau menyebarkan diare dan infeksi saluran pernapasan yang telah menyebabkan kematian pada jutaan anak-anak di seluruh dunia. Jadi, ajarkanlah anak Anda untuk menggunakan sabun dan air yang bersih setiap kali mereka mencuci tangannya.

Baca Juga: Mengenal Ragam Manfaat Teh Rosella Buat Kesehatan Tubuh

Simpanlah sebotol sabun cair di tempat yang dapat dijangkau oleh anak Anda. Sebelum dan sesudah makan, minta mereka secara lembut untuk menggosok tangannya dan mencucinya sampai bersih. Ingatkan anak untuk melakukan hal yang sama ketika mereka kembali dari sekolah atau bermain dan setelah menggunakan toilet.

2. Menggosok gigi

Kebersihan mulut sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika mulut tidak dijaga kebersihannya, gigi berlubang dan masalah gigi lainnya yang terasa sangat menyakitkan pun rentan terjadi. Selain rasa sakit, gigi yang bermasalah juga dapat menyebabkan infeksi di bagian tubuh lainnya.

Oleh sebab itu, biasakan anak Anda untuk menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Dorong juga mereka untuk berkumur setiap habis makan dan setelah makan permen. Supaya anak antusias untuk menyikat gigi, Anda bisa membiarkan mereka untuk memilih sikat gigi dengan warna dan bentuk favoritnya.

3. Makan, tidur, dan bangun tepat waktu

Pola tidur dan makan teratur yang dibentuk sejak masa kanak-kanak akan membantu si kecil untuk menjadi sosok yang disiplin di sepanjang hidupnya.

Sedini mungkin, tegaskan waktu tidur, waktu makan, dan waktu bangun anak-anak Anda. Jika dibiasakan sesegera mungkin, maka ke depannya akan terasa mudah bagi anak maupun Anda.

4. Menghabiskan waktu bermain di luar ruangan

Sebagian besar anak-anak di zaman sekarang kecanduan gadget dan enggan menghabiskan waktu di luar ruangan. Padahal, beraktivitas di luar ruangan sangat penting bagi anak karena akan membantu meningkatkan nafsu makan, mengembangkan otot dan stamina, serta memberikan manfaat dari udara segar dan sinar matahari.

Cara untuk mendorong anak agar mau menghabiskan waktu bermain di luar ruangan antara lain dengan membatasi waktu penggunaan gadget, mendaftarkan anak ke kelas aerobik atau menari, dan membiasakan anak untuk berjalan kaki di luar rumah setiap hari.

5. Menjaga kebersihan

Kebiasaan lain yang tidak kalah penting untuk diajarkan kepada anak-anak Anda adalah menjaga kebersihan pribadi agar tetap sehat.

Bicarakanlah kepada anak Anda tentang pentingnya mencuci kemaluannya secara teratur dan cermat serta menggunakan pakaian dalam yang bersih setiap hari. Jika anak Anda tidak dapat merawat rambutnya sendiri, usahakan untuk menjaganya tetap pendek sampai mereka benar-benar bisa merawat rambutnya sendiri.

6. Fokus pada kesehatan mental

Pikiran yang sehat adalah salah satu kunci dari tubuh yang tetap bugar. Pikiran positif akan mendukung kesehatan yang baik. Sebaliknya, pikiran negatif hanya akan membuat tubuh menjadi lemah.

Supaya anak Anda fokus pada kesehatan mentalnya, bantulah mereka untuk bisa melihat kebaikan dalam segala hal dan setiap situasi. Anda bisa menciptakan sebuah rutinitas untuk anak lakukan setiap malam sebelum tidur yakni membuat daftar berisi lima hal yang telah membuat anak Anda bahagia di hari itu. Tidak lupa, doronglah anak Anda untuk senantiasa berbagi kekhawatiran dan ketakutannya dengan Anda serta cobalah untuk membantu anak mengatasi permasalahannya tersebut secara praktis.

7. Berhati-hati saat berbagi

Meskipun berbagi mainan, buku, dan bahkan makanan dapat menumbuhkan persahabatan serta membangun kasih sayang pada anak Anda, namun tidak bijaksana untuk membagikan semuanya setiap saat. Pasalnya, banyak penyakit yang dapat menyebar dengan mudah melalui kontak. Oleh sebab itu, ajarkan anak Anda untuk membedakan antara apa yang bisa dan tidak bisa dibagikan.

Anda dapat membuat daftar berisi benda-benda apa saja yang tidak boleh anak Anda bagikan kepada orang lain. Adapun barang-barang ini meliputi sikat gigi, sisir, sapu tangan, handuk, pakaian dalam, perlengkapan mandi, kosmetik yang digunakan secara langsung dari aplikatornya, serta makanan yang langsung dimasukkan ke dalam mulut seperti permen dan es krim.

Itulah 7 kebiasaan baik yang harus orang tua ajarkan kepada anak-anak sedini mungkin. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktikkan ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News