Santai

7 Kandidat Kiper Terbaik FIFA dan Daftar Penghargaan Piala Dunia 2022

7 Kandidat Kiper Terbaik FIFA dan Daftar Penghargaan Piala Dunia 2022

MOMSMONEY.ID - Pada Piala Dunia 2022, Emiliano Martinez berhasil menyabet penghargaan trofi Golden Glove. Trofi tersebut menunjukan prestasinya sebagai kiper terbaik.

Namun FIFA juga akan mengadakan penghargaan kiper terbaik untuk 7 kandidat.

Penghargaan Kiper Terbaik FIFA adalah rangkuman prestasi pemain dari 8 Agustus 2021 sampai 18 Desember 2022. FIFA telah memiliki 7 kandidat penerima penghargaan kiper terbaik. Emiliano Martinez termasuk salah satu kandidat yang ikut memperebutkan penghargaan ini. 

Penghargaan Sepak Bola FIFA The Best, termasuk Kiper Terbaik FIFA akan diselenggarakan  pada 27 Februari 2023. Penilaiannya berdasarkan prestasi para kandidat yang unggul di klub dan sepak bola internasional selama setahun terakhir.

Pemenang Kiper Terbaik FIFA tahun lalu adalah Edouard Mendy, koper Chelsea. 

Daftar 7 kandidat yang berpeluang dapat penghargaan Kiper Terbaik FIFA 2023

1. Alisson
Alisson adalah kiper dari Klub Liverpool dan berkewarganegaraan Brasil. Dia telah 61 kali tampik di laga internasional.

Alisson dikenal sebagi kiper yang tenang dan fisik yang kuat. Mantan kiper AS Roma ini bisa sangat mendominasi di kotak penalti dan luar biasa dalam menangani umpan silang. 

Alisson pernah memenangkan penghargaan Kiper Pria Terbaik FIFA tahun 2019. Alisson juga dikenal sangat bisa menikmati situasi satu lawan satu di gawabgnya. 

2. Yassine Bounou
Yassine Bounou merupakan kandidat kiper terbaik FIFA asal Maroko. Dia kini bermain di Klub Sevilla. FIFA mencatat Yassine Bounou telah 52 kali tampil di laga internasional. 

Kecemerlangan Yassine Bounou terlihat di perjalanan sejarah Maroko ke semifinal Piala Dunia 2022.

Yassine Bounou bahkan pemain kunci bagi Sevilla. Dia bahkan pernah menerima penghargaan penjaga gawang terbaik di La Liga musim 2021/2022. 

3. Thibaut Courtois
Thibaut Courtois merupakan kiper Real Madrid berkewarganegaraan Belgia. Pengalamannya di dunia sepak bola internasional tak perlu diragukan lagi.

Dia tercatat telah 100 kali tampil di laga internasional. 

Thibout Courtois masuk dalam kandidat penerima penghargaan Kiper Terbaik FIFA 2023. Dia juga pernah dianugerahi penghargaan pemain terbaik di laga Stade de France.

Courtois juga punya penampilan gemilang membantu Real Madrid meraih gelar La Liga ke-35 mereka. 

4. Dominik Livakovic
Dominik Livakovic melejit namanya di Piala Dunia 2022, dia diakui sebagai kiper yang ajaib. Saat ini Dominik Livakovic merupakan kiper di Dinamo Zagreb dan jadi pemain kunci di Kroasia. Dia tercatat telah berlaga di 41 sepak bola internasional. 

FIFA mencatat Dominik Livakovic telah melakukan 11 penyelamatan selama pertandingan Kroasia di Piala Dunia Qatar FIFA 2022. Ini menjadi penyelamatan terbanyak sejak Piala Dunia 2014.

Dominik Livakovic juga disebut sebagai pahlawan bagi Kroasia dalam adu penalti. 

5. Mike Maignan
Mike Maignan terhitung pemain baru dengan 5 laga internasional yang diikuti. Dia merupakan kiper asal Prancis yang kini membela AC Milan.

Di klubnya, Mike Maignan menggantikan Gianluigi Donnaruma. Beruntung, Mike adalah kiper dengan kaliber tinggi. 

Mike Maignan masuk dalam kandidat Kiper Terbaik FIFA 2023 karena telah membantu AC Milan juara liga untuk pertama kalinya setelah puasa 11 tahun. Dia juga dianugerahi penghargaan penjaga gawang terbaik Serie A. 

6. Emiliano Martinez
Penjaga gawang alias Kiper Argentina ini, Emiliano Martinez telah mendapatkan penghargaan Golden Glove Piala Dunia FIFA Qatar 2022.  

Kandidat kiper terbaik di Piala Dunia FIFA 2023 ini kini berada di Aston Villa. 

Salah satu penyelamatan heroiknya menghantar Argentina menang adalah menghalau tendangan Randal Kolo Muani di menit ke-123 di final Piala Dunia 2022. Adapun Emiliano Martinez telah tampil sebanyak 26 kali di laga internasional. 

7. Manuel Neuer
Kiper Bayern Munich berkewarganegaraan Jerman ini dinilai sebagai salah satu penjaga gawang terhebat di generasinya. Neuer yang saat ini berusia 36 tahun memiliki performa yang luar biasa.

Salah satu aset berharganya adalah kreativitasnya dalam penguasaan bola. 

Dia telah berhasil membawa kemenangan Bayern Munich di Bundesliga 2021/2022. Sayangnya dia tak akan lagi bermain setelah menagalami patah kaki dalam kecelakaan ski. Neuer adalah pemenang penghargaan kiper Pria Terbaik FIFA 2020. 

Kini mari simak daftar lengkap penghargaan Piala Dunia 2022:

  • Juara 1 Piala Dunia 2022: Argentina
  • Juara 2 Piala Dunia 2022: Prancis
  • Juara 3 Piala Dunia 2022: Kroasia
  • Golden Ball atau Bola Emas adalah tropi untuk pemain terbaik di Piala Dunia 2022. Peraih Golden Ball Piala Dunia 2022 adalah Lionel Messi. 
  • Golden Boot, Silver Boot dan Bronze Boot adalah penghargaan untuk pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Peraih Adidas Golden Boot alias Sepatu Emas Piala Dunia 2022 adalah Kylian Mbappe yang mencetak 8 gol. Sementara peraih Silver Boot adalah Lionel Messi dan peraih Bronze Boot Piala Dunia 2022 adalah Olivier Giroud. 
  • Golden Glove atau Sarung Tangan Emas Piala Dunia 2022 adalah penghargaan untuk penjaga gawang atau kiper terbaik. Peraih Sarung Tangan Emas Piala Dunia 2022 adalah kiper Argentina Emiliano Martinez. 
  • Young Player Award adalah penghargaan untuk pemain muda terbaik. Penghargaan ini diraih oleh Enzo Fernandez dari Argentina. 
  • Penghargaan FIFA Fair Play adalah penghargaan untuk tim yang jarang melakukan pelanggaran selama turnamen. FIFA Fair Play diraih oleh tim nasional Inggris. 

Demikian informasi 7 kandidat kiper yang akan bersaing dapatkan penghargaan Kiper Terbaik FIFA serta daftar penghargaan lengkap FIFA 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News