HOME, Santai

7 Jenis Tanaman Hias Monstera dan Harga Pasarannya

7 Jenis Tanaman Hias Monstera dan Harga Pasarannya

MOMSMONEY.ID - Tahun ini tanaman monstera menjadi tanaman hias primadona bagi masyarakat perkotaan. Keunikan bentuk daun dan perawatan yang mudah menjadi alasan orang-orang banyak memilih tanaman hias ini untuk dipelihara. Apakah Anda salah satu yang menginginkannya?

Monstera merupakan jenis tumbuhan famili Araceae yang biasa hidup di daerah tropis. Tanaman ini umumnya memiliki ciri khas daun lebar dan berlubang-lubang, cocok sebagai tanaman hias di rumah. Jenis varietasnya pun tergolong banyak

Baca Juga: Jenis-Jenis Jamur Pangan yang Dapat Dibudidayakan

Dilansir dari monsteraplantresource.com, ada 48 spesies monstera, tetapi Anda hanya dapat menemukan beberapa di pembibitan lokal Anda. Di Indonesia, beberapa jenis tanaman monstera atau biasa disebut tanaman janda bolong juga banyak dijumpai. Berikut beberapa jenis tanaman monstera dan cek juga yuk harga pasarannya.

Monstera Deliciosa

Deliciosa adalah monstera yang paling umum. Tanaman ini bernama deliciosa karena menghasilkan sukun meksiko yang lezat. Jika tanaman ini berbuah hingga matang, Anda dapat mengonsumsinya.

Karakteristik tanaman ini adalah daunnya yang lebar dan berlubang-lubang memanjang mulai dari tengah hingga pinggiran daunnya. Semakin tua usianya, semakin hijau pekat warnanya. Monstera ini dapat tumbuh di dalam pot dengan suhu ruangan 20-30 derajat celcius. Untuk monstera delicousa harganya mulai Rp 168.000 hingga Rp 315.000. Namun, ada juga yang mencapai harga jutaan rupiah bergantung kondisi tanaman dan ukurannya.

Monstera Variegata

Sesuai namanya, jenis monstera satu ini memiliki baraneka ragam dalam hal warna. Tanaman ini memiliki corak daun berwarna hijau dan putih yang saling bertumpang-tindih. Namun, tanaman ini memiliki waktu tumbuh yang cukup lama. Jenis ini lumayan sulit ditemukan sehingga harganya bisa jauh lebih mahal, yakni mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 3.500.000 bergantung jenisnya.

Baca Juga: Masalah yang Sering Dihadapi Tanaman Hias Monstera atau Janda Bolong

Monstera Borsigiana

Tanaman monstera borsigiana hampir mirip dengan deliciosa. Bedanya, lubang di daun borsigiana lebih jarang dan ukuran batangnya lebih kecil. Deliciosa juga memiliki daun yang mengerut dan membentuk tonjolan kecil di bagian daun menempel pada batang, sedangkan borsigiana tidak. Harga untuk monster borsigiana mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 350.000. Namun, untuk ukuran yang besar bisa mencapai Rp 4.500.000 loh!

Monstera Adansonii

Jenis monstera adansonii sangat cocok ditanam di pagar atau dinding tanaman vertikal. Sebab, tanaman ini dapat tumbuh merambat dengan cantik. Kendati demikian, tanaman ini juga dapat ditanam di dalam pot dengan pemberian penyangga untuk tempatnya tumbuh merambat.

Selain itu, daunnya memiliki ciri khas berlubang yang cukup besar dan lebih kasar. Lubang-lubang pada daunnya bahkan menutupi 50% permukaan daunnya. Harga bibit jenis yang satu ini mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 55.000.

Mini Monstera

Rhaphidophora Tetrasperma atau bisa disebut mini monstera, tampak seperti tanaman monstera dengan versi ukuran kecil (mini). Padahal, tanaman ini tidak benar-benar termasuk sebagai monstera. Kendati demikian, daunnya berlubang seperti monstera pada umumnya. Sangat cocok diletakkan di atas meja atau sudut atas ruangan. Monstera mini memiliki varian harga yang berbeda-beda bergantung ukurannya yakni Rp 30.000 hingga Rp 89.900.   

Baca Juga: Kelebihan Memelihara Tanaman Hias Monstera di Dalam Rumah

Monstera Dubia

Monster dubia memiliki ciri khas daun berbentuk hati yang berukuran kecil dengan perpaduan warna hijau tua dan hijau muda. Tanaman ini juga tumbuh merambat seperti halnya adansonii. Namun, batangnya lebih pendek dan daunnya tumbuh berdekatan. Harganya cukup mahal sekitar Rp 435.000 hingga Rp. 1.500.000.

Monstera Obliqua

Jenis monstera obliqua memiliki daun berbentuk hati yang unik. Tanaman ini memiliki ciri khas daun yang berlubang simetris. Namun, lubang ini menutupi hampir 90% permukaan daun! Selain itu, tanaman ini juga mudah ditanam dengan hanya menanam batangnya saja. Sebab, di bagian batang terdapat akar tanaman.

Tanaman ini memerlukan sinar matahari dengan cara tidak langsung dan akan tumbuh subur pada suhu 30 derajat. Kendati demikian, harga tanaman jenis ini cukup mahal loh, Moms. Sebab, tanaman ini masih sulit ditemukan. Harganya sekitar Rp 547.500 hingga jutaan rupiah.

Selanjutnya: Buah Monstera Deliciosa Enak Sekaligus Berbahaya, Amankah Dimakan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News