Keluarga

7 Jenis Makanan Menyehatkan yang Disebut dalam Al Quran

7 Jenis Makanan Menyehatkan yang Disebut dalam Al Quran

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ada beberapa jenis makanan yang disebut dalam Al Quran. Makanan-makanan ini sangat bervariasi, mulai dari buah-buahan hingga daging.

Untuk tahu selengkapnya, mari simak beberapa jenis makanan dalam Al Quran, dilansir dari The Islamic Information, selengkapnya.

Daging unggas & burung puyuh

Daging ayam

Ada sebuah makanan yang disebut dalam Al Quran, makanan ini adalah daging unggas dan burung puyuh. Ini sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW yang bersabda bahwa daging merupakan rajanya makanan karena kaya akan protein dan mineral.

“Dan daging burung dari apa yang mereka inginkan,” Q.S. Al Waqiah ayat 21.

Daging unggas seperti ayam, burung puyuh, kalkun, hingga bebek memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Daftar Rata-rata Waktu Berpuasa Ramadan 2023 Di Seluruh Dunia, Berapa Jam?

Madu

Seperti yang Umat Muslim ketahui, salah satu surah dalam Al Quran, yakni An Nahl, memiliki arti “lebah”. Makhluk lebah ditulis secara khusus dalam Al Quran karena lebah diberi wahyu khusus dari Allah SWT, sesuai dengan keterangan pada Surat An-Nahl ayat 68.

An Nahl tak hanya menjabarkan mengenai lebah saja, tetapi juga seluruh bagian tubuhnya, termasuk madu yang dihasilkan. Nah, madu juga merupakan makanan yang disebut dalam Al Quran. Hal ini tertuang dalam Surat An-Nahl ayat 69.

Dalam An-Nahl ayat 69, dijelaskan bahwa madu ada berbagai macam warna. Madu juga disebut sebagai obat penyembuh bagi manusia.

Baca Juga: Berencana Pulang Kampung? Ini 8 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Mudik Lebaran

Susu

Segelas susu

Susu merupakan salah satu jenis makanan yang disebut dalam Al Quran. Ini tertuang dalam Surah Muhammad ayat 15 yang menjelaskan tentang perumpamaan surga.

Dikatakan bahwa di dalam surga, terdapat sungai yang airnya tidak payau, sungai susu yang rasanya tak berubah, sungai khamr (sungai air anggur) yang tidak memabukkan, serta sungai air madu yang murni.

Sesuai dengan anjuran Al Quran, susu hasil ternak seperti susu sapi, kambing, ataupun unta dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak gizi baik bagi tubuh.

Baca Juga: Anti Boros, Inilah 6 Tips Menghemat Uang Saat Libur Lebaran Bersama Keluarga

Ikan

Ikan adalah makanan yang disebut dalam Al Quran Surat Al-Kahfi ayat 63.

Seperti yang disebutkan dalam Quran, hewan laut seperti ikan dianjurkan untuk dimakan. Sebab ikan memiliki nutrisi, gizi, dan mineral yang baik untuk tubuh dan otak, salah satunya Omega 3.

Kandungan Omega 3, misalnya, yang terdapat pada ikan laut seperti salmon hingga sarden. Omega 3 memiliki banyak manfaat baik terutama untuk mencegah risiko penyakit jantung dan demensia.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Biskuit Kaleng Khas Lebaran untuk Parsel Hari Raya

Kurma

Kurma merah

Makanan menyehatkan yang disebut dalam Al Quran selanjutnya ada kurma.

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,” Quran Surah Maryam ayat 25.

Kurma merupakan makanan favorit Rasulullah SAW yang punya segudang manfaat seperti vitamin dan mineral untuk kekebalan tubuh.

Baca Juga: Resep Kastengel Keju si Kue Kering Lebaran yang Renyah, Dibuat Tanpa Cetakan

Zaitun

Buah zaitun adalah jenis makanan yang disebut dalam Al Quran Surah At Tin ayat 1.

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,” Q.S. At Tin : 1

Buah zaitun merupakan salah satu makanan yang ada di surga. Selain itu, minyaknya, yaitu minyak zaitun juga dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit. Minyak ini juga dapat mengobati sakit maag.

Delima

Jus delima

Buah delima juga adalah makanan yang disebut dalam Al Quran Surat Ar-Rahman ayat 68.

“Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima,” Q.S Ar-Rahman : 68.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Ide Hampers Lebaran untuk Teman dan Saudara

Sebagaimana yang tertera dalam Al Quran, buah delima dianjurkan untuk dimakan karena memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh,

Buah yang bercita rasa asam manis ini terkenal akan kandungan antioksidannya yang super tinggi & dapat mengontrol tekanan darah, serta mengatasi bad mood.

Itulah deretan makanan yang disebut dalam Al Quran. Sebenarnya, masih ada beberapa makanan yang disebut dalam Al Quran seperti pisang dalam QS Al Waqiah ayat 29, jahe dalam Al Insan ayat 17, serta jagung dalam An Naba ayat 15.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News