Keluarga

7 Jenis Magnesium Berbeda dan Khasiatnya bagi Tubuh, Ada yang Bisa Obati Kecemasan!

7 Jenis Magnesium Berbeda dan Khasiatnya bagi Tubuh, Ada yang Bisa Obati Kecemasan!

MOMSMONEY.ID - Inilah berbagai jenis magnesiun yang berbeda & khasiatnya untuk tubuh manusia.

Magnesium merupakan mineral super penting yang mampu mengendalikan lebih dari 300 reaksi kimia dalam tubuh. Mineral iniberfungsi sebagai kofaktor yang membantu enzin melakukan berbagai reaksi dalam tubuh.

Ada banyak fungsi magnesium untuk tubuh. Mulai dari mengatur gula darah, menjaga fungsi saraf & otot, menjaga kekuatan tulang, menjaga detak jantung tetap stabil, hingga mengobati gejala kecemasan & depresi.

Baca Juga: 7 Gejala dan Tanda Menyeramkan Akibat Kekurangan Magnesium

Melansir Better Home & Garden, rata-rata jumlah magnesium harian yang direkomendasikan sebanyak 310-320 mg untuk wanita dewasa, 360 mg untuk wanita hamil & remaja perempuan, serta 400-420 mg untuk pria dewasa.

Saat kekurangan magnesium, fungsi tubuh bekerja cenderung lambat, mulai dari mati rasa, irama jantung tak karuan, kejang, hingga kelelahan dan mual.

Untuk mencegahnya, mari simak beberapa jenis magnesium yang berbeda beserta fungsinya bagi tubuh yang wajib Anda ketahui.

Magnesium Oksida

Magnesium Oksida adalah jenis magnesium paling umum yang ramah terhadap sistem pencernaan. Tipe magnesium yang satu ini memiliki efek pencahar sehingga bagus untuk Anda yang mengalami sembelit.

Melansir dari Better Home and Garden, penelitian membuktikan bahwa sebanyak 400-600 mg magnesium oksida yang dikonsumsi dapat mencegah migrain, terutama jika tengah mengalami menstruasi.

Baca Juga: Banyak Pilihan, Ini 5 Makanan Penambah Darah yang Mudah Dikonsumsi

Sayangnya, tipe Magnesium Oksida tiak diserap baik oleh tubuh & hanya baik untuk pengobatan sembelit saja. Terlalu banyak mengonsumsi Magnesium Oksida akan menyebabakan diare.

Magnesium Sulfat

Salah satu jenis magnesium yang juga terkenal ialah Magnesium Sulfat atau dikenal sebagai garam Epsom. Garam Epsom bisa dicampurkan ke dalam air rendaman untuk mandi, sebab bisa meredakan nyeri otot & kaku pada sendi.

Magnesium Sulfat juga dipakai beberapa orang sebagai obat pencahar. Adapun yang digunakan secara oral di bawah pengawasan dokter.

Magnesium Sitrat

Magnesium

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Tangan Sering Kram yang Perlu Anda Waspadai

Magnesium Sitrat yang dikenal sebagai suplemen yang bisa diserap tubuh dengan baik, tak seperti jenis magnesium lainnya.

Dengan bentuk yang cair, maka tak heran apabila tubuh dapat mudah menyerap Magnesium Sitrat, dikutip dari Forbes.

Fungsi Magnesium Sitrat selain dapat meredakan sembelit, juga dapat mencegah batu ginjal dengan mengikat oksalat dalam urin.

Magnesium L-Threonate

Magnesium L-Threonate adalah jenis magnesium yang dikembangkan tahun 2010.

Magnesium L-Threonate berfungsi mengurangi peradangan saraf & memperbaiki kekurangan magnesium dalam tubuh. Bisa juga sebagai pereda nyeri.

Baca Juga: 7 Tanda Mengerikan Akibat Dehidrasi yang Jarang Disadari, Bikin Otak Mengecil!

Mengutip sebuah studi tahun 2023 terhadap 83 orang yang terkena kanker stadium lanjut, ditemukan bahwa pengobatan sebanyak 1,5 – 2 gram Magnesium L-Threonate setiap hari selama 12 minggu secara signifikan mengurangi Opioid yang dikonsumsi pasien, dibandingkan dengan kelompok placebo yang dimulai dari hari ke-30.

Sebab placebo memiliki efek ketergantungan pada hari ke-90 yang dianggap sebagai pereda nyeri.

Magnesium Hidroksida

Pernah mengonsumsi Susu Magnesia? Jika pernah, maka sebenarnya Susu Magnesia adalah nama lain dari Magnesium Hidroksida yang dikenal sebagai obat pencahar. Jenis Magnesium ini juga berfungsi meredakan maag & kelebihan asam dalam lambung.

Baca Juga: 5 Bahaya yang Mengintai di Balik Rutin Mengonsumsi Smoothies

Magnesium Asetil Taurat

tanda kekurangan magnesium

Mengalami gangguan kecemasan? Coba konsumsi jenis Magnesium Asetil Taurat yang bisa meningkatkan kadar magnesium dalam jaringan otak, menawarkan manfaat neuroprotektif, serta anti kecemasan.

Menurut studi tahun 2019, diketahui bahwa Magnesium Asetil Taurat mampu melewati otak sehingga bisa meningkatkan konsentrasi jaringan magnesium di otak. Ini menyebabkan otak dapat mengurangi gejala kecemasan.

Penelitian lainnya kepada hewan, bahwa Magnesium Asetil Taurat memiliki sifat neruroprotektif  bisa mencegah kerusakan/kemunduran otak, mengutip dari Health.com.

Baca Juga: 4 Makanan Murah yang Ampuh Mencegah Diabetes, Konsumsi Lebih Sering!

Magnesium Glisinat

Jenis Magnesium Glisinat efektif mengobati orang-orang yang memiliki gejala depresi.

Dalam penelitian tahun 2017 yang melibatkan 126 orang depresi ringan-sedang, ditemukan bahwa kelompok orang yang diberikan suplemen Magnesium per hari selama 6 minggu mengalami efek perbaikan gejala depresi yang signifika, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi placebo.

Jadi, Magnesium Glisinat dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi kesehatan mental, namun harus tetap dalam pengawasan dokter.

Itu dia aneka jenis Magnesium dan khasiatnya untuk tubuh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News