HOME, Keluarga

7 Jenis Karbohidrat Pengganti Nasi Putih yang Menyehatkan Tubuh & Cocok untuk Diet

7 Jenis Karbohidrat Pengganti Nasi Putih yang Menyehatkan Tubuh & Cocok untuk Diet

MOMSMONEY.ID - Ingin menjaga berat badan agar tetap ideal? Atau ingin mengubah pola hidup sehat? Anda bisa mengubahnya lewat pola makanmu.

Jika Anda ingin berdiet tapi takut lemas karena kekurangan karbohidrat, maka perlu tahu beberapa jenis karbohidrat yang menyehatkan tubuh sehingga cocok untuk diet. Jangan khawatir, Anda tidak akan kelaparan meski yang dikonsumsi hanya sedikit.

Berikut kami rangkum dari Everydayhealth.com, webmd.com, dan eatthis.com.

Sebelumnya, Anda perlu tahu bahwa karbohidrat tetap penting bagi tubuh sehingga tidak boleh meniadakan karbohidrat dalam makanan. Anda hanya boleh menguranginya ataupun mengganti jenis kerbohidrat dalam jenis yang lebih menyehatkan.

Menurut everydayhealth, 3 jenis utama karbohidrat terdiri atas gula, tepung tapioka dari saripati singkong, dan serat. Ketiga jenis inilah yang nantinya akan disebut sebagai karbohidrat kompleks/karbohidrat baik & karbohidrat sederhana/karbohidrat buruk.

Baca Juga: Faktor Penting Melakukan Meditasi saat WFH di Masa Pandemi

Karbohidrat sederhana adalah jenis makanan yang diproses dengan “menambahkan gula” di dalamnya secara natural.

Rata-rata jenis makanan ini adalah bagian dari makanan yang cocok untuk diet seimbang, contohnya susu yang nyatanya memiliki kandungan gula tinggi. Adapun buah-buahan dan sayuran yang terdapat gula di dalamnya.

Sementara menurut eatthis, karbohidrat kompeks adalah jenis makanan yang membuatmu kenyang dengan lama, contohnya nasi, ubi, roti, mie, dll.

Lalu, jenis karbohidrat kompleks mana sih yang menyehatan namun tetap bisa mengenyangkan tubuh?

Pasta Gandum (Whole-wheat pasta)

Whole-wheat pasta berbeda dari pasta biasanya. Pasta biasa menggunakan tepung halus, seperti tepung terigu, sedangkan whole-wheat terbuat dari tepung gandum utuh yang tentu lebih menyehatkan.

Kandungan whole-wheat ini di dalamnya terdapat biji-bijian yang kaya akan nutrisi dan serat.

Illustrasi: Makanan Sehat

Roti Gandum

Sama seperti pasta, roti gandum mempunyai kandungan biji-bijian yang kaya akan nutrisi serta serat. Roti ini juga dapat mengenyangkan, loh!

Labu Kuning

Mengutip dari housekeeping, secangkir labu kuning yang dihaluskan (pumpkin puree) mengandung vitamin A jauh lebih banyak dibanding secangkir Kale! Pumpkin puree juga memiliki kandungan potassium lebih banyak dibanding pisang.

Labu kuning juga juga memiliki kandungan yang mirip seperti wortel karena terdapat betakaroten & antioksidan yang baik bagi tubuh juga mata.

Talas

Jika Anda belum pernah mencoba bagaimana rasa talas, jangan khawatir. Rasanya mirip dengan kentang, kok.

Dalam secangkir talas yang berisi 5 gram, talas memiliki serat 2x lipat dibanding kentang. Talas juga mengandung antioksidan, mineral, dan zinc yang cocok untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi.

Baca Juga: Simak Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Ubi Bit Merah

Anda mungkin jarang mendengar nama yang satu ini, bukan?

Ubi bit merah adalah sejenis umbi-umbian yang lebih dikenal sebagai Buah Bit. Warnanya sedikit mirip dengan ubi ungu.

Ubi bit merah mengandung sumber vitamin C, antioksidan, folat, dan vitamin B yang banyak. Cocok untuk kamu yang ingin mengubah pola hidup sehat namun tetap bisa kenyang seharian.

Buckwheat/Gandum Kuda

Buckwheat yang menjadi bahan baku pembuatan Soba ini mengandung sumber protein lengkap, magnesium, serat, dan bebas gluten.

Penelitian juga menyebutkan bahwa buckwheat ini dapat menurunkan kolestrol dan meningkatkan sirkulasi tubuh.

Ubi Jalar

Ubi jalar mampu membuatmu kenyang dalam waktu yang sangat lama tanpa harus makan banyak. Di dalamnya terdapat lebih banyak serat, nutrisi, karotenoid, dan antioksidan.

Ubi jalar juga memiliki banyak vitamin seperti vitamin A, C, dan B6 yang mampu berpengaruh dalam proses pembakaran lemak.

Selanjutnya: Telemedicine dan Obat untuk Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri Wilayah DKI Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News