Keluarga

7 Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI, Salah Satunya Ikan Bandeng

7 Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI, Salah Satunya Ikan Bandeng

MOMSMONEY.ID - Catat ya Moms, ini 7 jenis ikan yang bagus untuk MPASI.

Kendati masih bergantung pada ASI, namun nutrisi anak yang mulai memasuki usia 6 bulan juga harus dilengkapi dari Makanan Pendamping ASI (MPASI).Salah satu bahan yang sangat direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam MPASI adalah ikan.

Kenapa ikan? Karena, ikan mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk membantu memenuhi gizi, meningkatkan kecerdasan otak, mencegah stunting, hingga membentuk otot bayi.

Melansir laman Gramedia.com, berikut 7 jenis ikan yang bagus untuk MPASI:

1. Ikan salmon

Ikan yang bagus untuk MPASI salah satunya ikan salmon. Ikan salmon mengandung asam amino dan kaya akan omega-3.

Ada dua jenis omega-3 yang terkandung di dalam ikan salmon, yakni EPA dan DHA. Kedua jenis omega-3 ini menjadikan ikan salmon mampu memberikan manfaat yang positif bagi kecerdasan otak anak.

DHA baik untuk menjaga sistem saraf pusat, memelihara fungsi kornea mata, serta membentuk otak bayi. Selain itu, kandungan DHA dalam ikan salmon juga dapat meningkatkan kualitas tidur si kecil.

Baca Juga: 8 Ciri-Ciri Toxic Parenting yang Harus Orang Tua Waspadai, Nomor 3 Sering Terjadi

2. Ikan bandeng

Ikan yang bagus untuk MPASI selanjutnya ikan bandeng. Hasil penelitian yang diterbitkan oleh Food Science and Technology Research mengungkapkan bahwa kandungan DHA dalam ikan bandeng relatif tinggi yakni sebanyak 1,63% dari seluruh asam lemak yang terkandung di dalamnya.

Ikan bandeng juga terbukti memiliki kadar protein yang tinggi yaitu mencapai seperlima dari keseluruhan seekor ikan bandeng.

Ikan bandeng kaya akan zat besi yang dapat mencegah anemia serta mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Plus, ikan bandeng mengandung vitamin A dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata anak.

3. Ikan tuna

Ikan yang bagus untuk MPASI berikutnya adalah ikan tuna. Ikan tuna menjadi salah satu ikan yang baik untuk dijadikan bahan MPASI karena kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Adapun kandungan protein yang tinggi dalam ikan tuna baik untuk pembentukan otot bayi.

Sementara itu, vitamin dan mineral dalam ikan tuna seperti kalsium, vitamin D, vitamin K, magnesium, dan fosfor bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Ikan tuna juga tinggi kadar selenium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, dan kesehatan jaringan kulit sekaligus mengurangi risiko kanker pada anak.

4. Ikan lele

Ikan lele memiliki tekstur yang halus, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh bayi.

Ikan lele terbukti memiliki kandungan omega-3 dan kolin yang tinggi. Kandungan kolin yang tinggi ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan otak anak. Mengutip jurnal Nutrients, kolin yang terkandung di dalam ikan lele mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar bayi.

Ikan lele juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Itulah mengapa, ikan lele dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai bahan MPASI.

Baca Juga: Bikin Anak Cemas, Ini 3 Cara Mendisiplinkan Anak yang Salah dan Wajib Dihindari

5. Ikan gabus

Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Science and Technology menyatakan bahwa ikan gabus memiliki kandungan albumin.

Albumin merupakan protein yang bermanfaat untuk menjaga cairan dalam aliran darah supaya tidak merembes ke jaringan lain serta membawa vitamin, hormon, dan enzim ke seluruh tubuh.

Penelitian tersebut memaparkan bahwa albumin dalam ikan gabus dapat mempercepat proses pembentukan jaringan baru, terutama jika bayi mengalami luka.

Ikan gabus juga kaya akan asam lemak tak jenuh ganda atau polyunsaturated yang baik untuk mendorong perkembangan retina mata dan otak bayi. Serta, kaya akan asam amino yang baik untuk mencegah risiko stunting.

6. Ikan dori

Banyak ditemukan di pasaran dalam bentuk fillet, ikan dori memang tidak mengandung omega-3 sebanyak ikan salmon. Akan tetapi, ikan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Hasil riset yang diterbitkan Nutrients menyatakan bahwa protein di dalam ikan dori dapat memberikan manfaat untuk menambah massa otot bayi.

Jadi, ikan dori bisa menjadi salah satu pilihan ikan yang baik untuk dijadikan bahan MPASI guna mendukung pertumbuhan si kecil.

7. Ikan mujair

Ikan yang bagus untuk MPASI lainnya itu ikan mujair. Ikan mujair diketahui memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Sehingga, bermanfaat untuk mengurangi risiko anemia pada bayi.

Selain itu, ikan mujair juga kaya akan mineral untuk mendukung pertumbuhan tulang bayi. Yang tak kalah penting, ikan mujair kaya akan beta-karoten dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata bayi.

Moms, itulah 7 jenis ikan yang bagus untuk MPASI karena mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan si kecil. Jangan lupa dicatat ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News