HOME, Keluarga

7 Jenis Ikan Hias yang Punya Warna Nyentrik, Mana Pilihan Anda?

7 Jenis Ikan Hias yang Punya Warna Nyentrik, Mana Pilihan Anda?

MOMSMONEY.ID - Ada banyak jenis ikan hias yang tersebar di seluruh dunia. Anda dapat memilihnya apakah itu ikan hias air laut atau ikan hias air tawar. Terutama soal warna ikan yang beragam jenisnya. Ini dapat meningkatkan nilai keindahan akuarium untuk keperluan dekorasi ruangan.

Namun, pernahkah Anda membayangkan akuarium Anda diisi warna-warna ikan yang nyentrik? Wah, pasti unik sekali penampilan akuarium Anda. Nah, ini jenis-jenis ikan yang punya warna sisik yang nyentrik abis!

Ikan Dottyback Anggrek

Orchid Dottyback

Ikan dottyback anggrek adalah satu keluarga dari ikan dottyback. Namun, spesies satu ini hanya ditemukan bebas di Laut Merah. Dilansir dari Akvodecor.com, mereka dapat ditemukan di koloni dekat tepian, di mana mereka dapat melesat masuk dan keluar untuk memberi makan zooplankton yang lewat.

Jika Anda berniat memeliharanya, akuarium air laut dengan terumbu karang akan sangat cocok untukikan ini. Ikan dottyback anggrek juga memerlukan makanan bervariasi yang terdiri dari makanan yang dirancang khusus untuk karnivora. Mereka memangsa udang mantis kecil dan cacing.

Baca Juga: Ini 4 Cara Mengatasi Penyakit Bercak Putih Ikan Hias

Ikan Blue Tang (Dori)

Blue Tang

Jika Anda pernah menonton film Finding Nemo, pasti sudah tak asing lagi dengan ikan berwarna biru satu ini. Ini adalah ikan blue tang yang sesuai untuk ikan hias laut. Pergerakannya gesit dan warnanya sangat indah! Ciri khas dari ikan blue tang adalah bentuknya yang pipih, mempunya mata lebar, corak hitam, dan ekor kuning. Ukuran maksimum ikan dori mencapai 20 cm.  

Ikan Bluecheek Butterflyfish

Bluecheek Butterflyfish

Ikan bluecheek butterflyfish terkenal karena warnanya yang indah. Habitat aslinya dapat ditemukan di Laut Merah, Teluk Aden, perbatasan antara Timur Tengah dan Benua Afrika. Ciri khasnya adalah seluruh tubuhnya yang berwarna kuning dengan bercak garis tipis yang memenuhi tubuhnya. Ikan ini dapat tumbuh maksimal 23 cm, meski rata-ratanya mencapai 15 cm.

Baca Juga: Rekomendasi Jenis-Jenis Ikan Hias Akuarium yang Berumur Panjang

Ikan Diskus

Ikan Diskus

Ikan diskus adalah spesies ikan air tawar yang memiliki warna sisik beraneka ragam dengan corak yang unik. Setiap warna menandakan jenis ikan diskus yang berbeda, seperti hijau cerah, merah, biru, dan sebagainya.

Ikan ini memiliki watak sosial yang baik, sehingga cocok hidup bersama dengan ikan yang lain. Ikan ini dapat tumbuh hingga berukuran 4 inci.

Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan cupang tak hanya bentuknya yang indah, tetapi juga warnanya. Ikan cupang memiliki beragam jenis warna, ukuran, dan bentuk ekor yang menarik. Beberapa di antaranya bahkan merupakan jenis yang langka, seperti misalnya cupang albino, cupang hitam, dan cupang giant.

Kendati demikian, perlu kehati-hatian dalam memelihara ikan cupang. Sebab, ikan ini mudah mengalami kerusakan pada ekornya dan sifatnya agresif, sehingga tidak cocok untuk ditempatkan bersama dengan ikan yang lain, bahkan dengan sejenisnya.

Ikan Badut (Clownfish)

Ikan Badut

Ikan badut adalah salah satu ikan hias yang tersebar di lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan karang besar Australia. Di alam bebas mereka memiliki hubungan simbiosis dengan anemone laut. Sementara itu, banyak yang berminat memeliharanya di akuarium air laut.

Warnanya cantik mulai dari warna kuning, jingga, kemerahan, atau kehitaman. Ciri khasnya terdapat pada loreng hitam yang melingkari tubuhnya. Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang 18 cm dan paling kecil adalah 6 cm.

Ikan Guppy Endler

Ikan Guppy Endler

Ikan guppy endler memiliki warna yang meriah dan tampak bersinar karena sisiknya yang mengilap. Ukurannya kecil, hanya sekitar 2-2,5 cm saja. Sementara yang betina bisa mencapai 3 cm. Ikan ini masih menjadi kerabat dekat ikan guppy biasa.

Wataknya damai, sehingga cocok untuk tinggal bersama jenis ikan yang lain, tetapi mereka hidup berkelompok dengan kawanannya. Jika Anda ingin memelihara, guppy endler menyukai tempat yang hangat dan air yang tenang.

Anda juga tak memerlukan akuarium yang luas untuk ikan kecil ini, bahkan bila Anda memelihara lebih dari 3 ekor.

Selanjutnya: 5 Jenis Ikan Hias yang Tak Bisa Hidup Bersama dengan Ikan Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News