HOME, Keluarga

7 Efek Negatif Terlalu Sering Mengikat Rambut dengan Gaya Kuncir Kuda

7 Efek Negatif Terlalu Sering Mengikat Rambut dengan Gaya Kuncir Kuda

MOMSMONEY.ID - Selain mudah dan praktis, gaya rambut kuncir kuda atau ponytail juga cukup populer di kalangan masyarakat hingga selebritis.

Menjadi signature look dari penyanyi Ariana Grande, rambut kuncir kuda cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis outfit mulai dari yang bertema kasual hingga formal.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun Anda perlu tahu bahwa gaya rambut kuncir kuda juga menyimpan beragam efek negatif yang bisa memengaruhi kesehatan kepala.

Melansir Bright Side, inilah 7 efek negatif yang akan Anda rasakan saat Anda terlalu sering atau terlalu kencang mengikat rambut Anda dengan gaya kuncir kuda.

Baca Juga: Tak Jadi Sumber Penyakit, Ini Tips Menjaga Kebersihan Dapur

1. Sakit kepala

Sakit kepala (ponytail headache) menjadi permasalahan yang paling umum terjadi ketika seseorang terlalu sering mengikat rambutnya dengan model kuncir kuda.

Kendati rambut tidak sensitif terhadap rasa sakit, namun ingatlah bahwa di bawah folikel rambut terdapat saraf. Ketika Anda menarik rambut kencang-kencang, saraf tersebut akan terpicu dan merasakan sakit.

2. Kulit kepala terasa sakit

Sama halnya dengan sakit kepala (ponytail headache), saraf yang dipicu oleh tarikan rambut yang terlalu kencang juga bisa menyebabkan kulit kepala terasa sakit.

Ketika terpicu, ujung saraf yang menempel pada setiap rambut pun akan terpengaruh. Alhasil, Anda mungkin akan merasakan sakit pada area kulit kepala setelah mengendurkan ikatan rambut Anda.

3. Nyeri punggung

Jika Anda kerap menguncir kuda rambut Anda dengan begitu kencang, kulit kepala Anda mungkin akan mengalami banyak tekanan terutama jika rambut Anda tebal. Akibatnya, akan muncul rasa sakit yang tidak hanya bertahan pada area kepala melainkan juga bisa menyebar hingga leher dan punggung.

Peristiwa ini dapat terjadi ketika saraf sensorik menjadi lebih aktif akibat kebiasaan memaksakan rambut agar tetap berdiri.

4. Kulit wajah meregang

Kebiasaan menguncir kuda yang dilakukan secara berlebihan ternyata dapat memberikan efek yang negatif bagi kulit wajah Anda lho, Moms. Saat Anda terus-menerus mengikat rambut dengan gaya kuncir kuda, kulit pun akah kehilangan elastisitasnya. Seiring berjalannya waktu, elastisitas kulit yang terus berkurang akan membuat wajah Anda terlihat lebih tua.

Jika Anda membiarkan rambut Anda terikat kencang setiap hari, kulit Anda mungkin akan tetap meregang dalam jangka waktu yang lebih lama bahkan ketika Anda sudah menghentikan kebiasaan tersebut.

5. Membuat rambut kusut

Menerapkan kuncir kuda yang ketat dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gesekan dan ketegangan pada rambut Anda.

Jadi, jangan heran jika rambut Anda berubah menjadi kusut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dirapikan.

6. Merusak rambut

Pada dasarnya, rambut cenderung rapuh. Ketika Anda terus menariknya ke atas dan menahannya dengan karet, rambut justru akan semakin rapuh alih-alih menguat.

Jika dibiarkan, ketegangan pada rambut akan membuatnya menjadi lebih mudah putus. Hal ini dapat menjadi semakin parah ketika Anda tetap menerapkan kuncir kuda saat tidur.

7. Menyebabkan alopecia

Alopecia traksi adalah jenis kerontokan rambut yang terjadi di sepanjang garis rambut ketika rambut diregangkan. Masalah ini dapat ditandai dengan benjolan kecil di kulit kepala, pengerasan kulit, atau sensasi nyeri saat kulit kepala ditekan.

Nah, supaya pertumbuhan rambut Anda kembali normal dan terbebas dari alopecia traksi, pastikan Anda segera menghentikan kebiasaan menguncir kuda yang terlalu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News