Keluarga

7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

MOMSMONEY.ID - Kali ini, MomsMoney akan membagikan 7 cara sederhana untuk mengajarkan anak menabung sejak dini.

Menabung penting diajarkan sedari masa kanak-kanak. Pasalnya, anak yang terbiasa menabung dari kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang bijaksana dalam menggunakan uang di masa depan.

Sebaiknya, ajarkanlah anak-anak Anda untuk mulai menabung saat usia mereka memasuki 6-7 tahun.

Lalu, bagaimana caranya untuk membantu anak belajar menabung? Dilansir dari laman Prestasi Global dan BFI Finance, inilah 7 cara sederhana untuk mengajarkan anak menabung sejak dini:

Baca Juga: 4 Teknik Relaksasi untuk Membantu Anak Remaja Mengatasi Stres

1. Jelaskan kepada anak tentang uang

Langkah pertama untuk mengajarkan anak menabung yaitu menjelaskan kepada mereka tentang uang. Awali dengan memberikan penjelasan menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti tentang jenis-jenis uang, jumlah, dan manfaat dari uang itu sendiri.

Jelaskan kepada anak bahwa uang merupakan salah satu hal yang penting namun tidak boleh dianggap segalanya.

Selanjutnya, jelaskan kepada anak bahwa uang biasa digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan membayar berbagai keperluan. Dengan begini, si kecil dapat menghargai uang dan belajar untuk menggunakannya secara bijak.

2. Jelaskan tentang manfaat menabung

Jangan sekadar menjelaskan tentang uang, tetapi jelaskan juga tentang manfaat dari menabung. Berikan anak pemahaman bahwa menabung akan memberikan banyak manfaat finansial guna menunjang segala kebutuhan dan keinginan mereka.

Ajarkan kepada anak bahwa mereka bisa membeli apapun yang diinginkan dengan cara menabung, misalnya membeli mainan atau buku bacaan favorit.

Langkah ini akan membantu anak belajar mengelola keuangan sekaligus menahan diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang.

3. Libatkan anak saat Anda menggunakan uang

Langkah berikutnya untuk mengajarkan anak menabung yaitu melibatkan mereka saat Anda menggunakan uang.

Misal, Anda bisa mengajak anak berbelanja sesekali. Ini dilakukan untuk memberi tahu anak secara langsung bahwa uang dapat menjadi media pembayaran di kehidupan sehari-hari.

4. Tunjukkan contoh yang baik

Seperti Anda tahu, anak-anak dapat dengan mudah meniru perilaku orang-orang di sekitarnya. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membantu anak belajar menabung.

Setelah menjelaskan teori tentang uang kepada anak, lanjutkan dengan memberikan mereka contoh yang baik tentang cara mengatur dan menggunakan uang.

Contoh ini termasuk menyisihkan uang untuk ditabung, setor tunai, dan membeli barang yang dibutuhkan saja.

Sebaliknya, hindari berperilaku boros seperti membeli sesuatu hanya karena tren. Lama-kelamaan, anak akan menerapkan contoh baik yang Anda tunjukkan di dalam kehidupan mereka.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

5. Belikan anak celengan

Celengan dapat menjadi media awal yang bagus untuk membantu anak belajar menyisihkan uang.

Memberikan celengan kepada anak di saat mereka sudah memahami konsep uang akan meningkatkan motivasi anak untuk menabung.

Pastikan celengan yang Anda berikan memiliki bentuk dan warna yang menarik supaya anak semakit bersemangat untuk menabung.

6. Ajarkan anak cara mengelola uang jajan

Berilah anak Anda uang jajan secukupnya dan ajarkan mereka untuk menyisihkan uang jajan tersebut.

Apapun sistemnya entah itu harian, mingguan, atau bulanan, selalu ingat untuk memberikan anak uang dengan nominal yang cukup dan tidak berlebihan. Melalui cara ini, anak akan belajar menghemat uang jajan mereka dengan cara yang lebih bijak.

Apabila anak berhasil menyisihkan uang jajannya dan menyimpannya ke dalam tabungan, jangan ragu untuk memberikan mereka apresiasi atau hadiah ya Moms.

7. Jangan langsung mengabulkan permintaan anak

Terakhir, berikan pengertian kepada anak bahwa segala sesuatu tidak bisa diperoleh secara instan termasuk apa yang mereka inginkan. Segala keinginan membutuhkan jerih payah, kesabaran, dan semangat juang supaya dapat terwujud.

Contoh, saat anak meminta mainan kepada Anda, bimbinglah anak untuk menabung secara konsisten sampai uang mereka cukup untuk membeli mainan yang diinginkan.

Pelan-pelan, anak akan paham tentang betapa pentingnya menabung serta mengusahakan sesuatu dengan tekun dan penuh kesabaran.

Itulah 7 cara sederhana untuk mengajarkan anak menabung sejak dini. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News