HOME, Keluarga

7 Cara Menjaga Dapur Supaya Tetap Bersih, Mudah Dilakukan!

 7 Cara Menjaga Dapur Supaya Tetap Bersih, Mudah Dilakukan!

MOMSMONEY.ID - Dapur merupakan salah satu area yang paling mudah terlihat kotor dan berantakan di rumah, sebab selalu digunakan setiap hari.

Walaupun begitu, bukan berarti dapur yang kotor dan berantakan dapat dibiarkan begitu saja. Pasalnya, dengan banyaknya bakteri dan kuman yang menempel di mana-mana, dapur sangat mudah menjadi sumber penyebaran penyakit di rumah Anda.

Oleh karena itu, dapur perlu dijaga agar selalu bersih dan rapi. Sebagai bonus, memasak di dapur yang bersih pun akan terasa makin nyaman dan menyenangkan.

Yuk, simak tips berikut untuk mengetahui cara menjaga kebersihan dan kerapian dapur di rumah!

Baca Juga: Rumah Makin Berantakan, Ini Kesalahan Decluttering yang Wajib Dihindari!

Segera bersihkan sisa makanan

Mengutip laman Ovenclean.com, salah satu cara termudah untuk menjaga kebersihan dapur adalah dengan membersihkan sisa makanan yang berceceran atau tumpah di dapur sesegera mungkin. Hal ini akan mencegah sisa makanan mengering dan menempel di dapur, sehingga makin sulit dibersihkan nantinya.

Bersihkan dan disinfeksi wastafel

Dikutip dari The Kitchn, wastafel yang kelihatannya bersih ternyata bisa penuh dengan bakteri dan kuman. Oleh karena itu, sempatkan untuk membersihkan dan mendisinfeksi wastafel setiap kali selesai digunakan, minimal sehari sekali.

Siapkan tempat untuk perlengkapan dapur

Perlengkapan dapur seperti panci dan spatula yang tergeletak di mana-mana bisa memberi kesan dapur yang kotor dan berantakan. Supaya dapur tetap terlihat bersih dan rapi, sediakan tempat atau wadah khusus untuk setiap jenis perlengkapan dapur, misalnya boks khusus alat masak atau gantungan panci.

Baca Juga: 4 Hal yang Sebaiknya Ada di Dapur Kecil, Bikin Lebih Optimal

Sapu dan vacuum lantai dapur

Selain membersihkan meja, dinding, dan wastafel, jangan lupa untuk membersihkan lantai dapur secara rutin untuk menyingkirkan sisa makanan dan kotoran yang mungkin berjatuhan. Anda bisa menyapu lantai dapur, kemudian menggunakan vacuum cleaner untuk memaksimalkan kebersihan lantai.

Cuci kain lap secara rutin

Kain lap dapur yang dibiarkan kotor dan lembap dapat menjadi sarang bakteri dan kuman. Supaya tidak menjadi sumber penyebaran bakteri, pastikan Anda mencuci kain lap dapur dan menggantinya dengan yang baru secara rutin. Hal yang sama juga berlaku untuk spons dan sikat dapur.

Baca Juga: Baju Mudah Berbau Apek? Ini Tips Mencegahnya

Hindari meletakkan alat masak kotor di meja dapur

Saat memasak, mungkin Anda sering meletakkan alat masak seperti spatula, sendok, dan garpu yang masih kotor di atas meja dapur. Supaya meja dapur tidak mudah kotor, sebaiknya letakkan alat masak yang kotor di wadah tertentu dan sesekali bersihkan permukaan meja dengan kain lap bersih.

Kosongkan tempat sampah setiap hari

Walaupun ditutup dengan rapi, tempat sampah yang dibiarkan semalaman (bahkan berhari-hari) rentan menimbulkan bau tidak sedap yang dapat mengundang tikus atau hama rumah lainnya. Jadi, pastikan Anda mengosongkan tempat sampah di dapur setiap kali penuh, minimal sehari sekali.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kebersihan dan kerapian dapur. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News