Keluarga

7 Cara Mengusir dan Menghilangkan Cecak di Rumah Anda

7 Cara Mengusir dan Menghilangkan Cecak di Rumah Anda

MOMSMONEY.ID -  Selain kecoa, cicak adalah hewan yang selalu ada di setiap rumah. Bila kehadiran cecak di rumah Anda membuat kesal, simak cara mengusir dan menghilangkan cicak ini yuk!

Cecak sebenarnya hewan yang memberi manfaat positif di rumah. Cecak adalah hewan yang mengonsumsi nyamuk, lalat buah dan laba-laba. Sehingga kehadiran cicak sebenarnya bisa mengurangi populasi nyamuk di rumah. 

Namun kehadiran cecak di rumah juga sering kali mengganggu pemilik rumah. Cecak suka meninggalkan kotoran di mana-mana. Karena cecak tinggal di atap rumah dan dinding, kotoran cecak sering kali jatuh di meja, sudut ruangan bahkan di makanan atau minuman kita. Tak jarang juga kotorannya justru jatuh di atas kita. 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Jika sudah demikian, tentu kita jengkel dengan kehadirannya. Tapi tenang saja, ada cara mudah mengusir dan menghilangkan cecak dari rumah Anda. Melansir Livspace, ada 5 cara mudah mengusir dan menghilangkan cecak dari rumah Anda.

Simak 5 cara mengusir dan menghilangkan cecak dari rumah Anda

1. Gunakan semprotan merica

Cara pertama mengusir cecak dan mencegah mereka datang kembali adalah menggunakan semprotan cairan merica. Anda hanya perlu mencampurkan bubuk merica hitam dengan air. Kemudian taruh di botol penyemprot. Silakan semprot di tempat biasa cecak muncul. 

Merica adalah salah satu bahan dapur yang tidak disukai cecak. Selain Merica sebenarnya Anda juga bisa menggunakan saos tabasco dan bubuk cabai. 

2. Gunakan bawang merah dan bawang putih

Cara mengusir dan menghilangkan cecak selanjutnya masih menggunakan bumbu dapur yaitu bawang merah dan bawang putih. Bau dari bawang putih dan bawang merah ini sangat tidak disukai cecak. 

Anda bisa meletakkan beberapa siung bawang putih atau irisan bawang merah di sudut ruangan. Hal ini akan membuat cecak menghindari bau menyengat dari bawang tersebut. 

3. Gunakan kapur barus

Cara mengusir dan menghilangkan cecak selanjutnya adalah menggunakan kapur barus. Anda bisa meletakkan kapur barus di dalam lemari atau di sudut ruangan. Bau kapur barus sangat tidak disukai cecak, sehingga cara ini cukup berhasil untuk mengusir cecak. 

4. Gunakan cangkang telur

Saat Anda memasak telur, jangan buang cangkangnya. Cangkang telur ini bisa berguna bagi Anda untuk mengusir dan menghilangkan cecak dari rumah. 

Cecak juga tidak menyukai bau dari cangkang telur. Sehingga Anda bisa meletakkan cangkang telur di sudut ruangan. Namun, sebelum meletakkannya sebaiknya Anda lap terlebih dahulu hingga kering. Hindari mencucinya. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Lactic Acid untuk Wajah, Cocok Semua Jenis Kulit!

5. Buat ruangan Anda dingin dengan AC

Coba perhatikan saat di rumah Anda sedang hujan dan hawanya dingin. Saat ini biasanya cecak tidak akan muncul. Ini disebabkan cecak bukan mamalia sehingga mereka lebih suka udara yang hangat. 

Cara mudah mengusir dan menghilangkan cecak adalah menyalakan AC di rumah. Udara di ruangan Anda harus benar-benar dingin, sehingga dengan menyalakan kipas angin saja tidak akan mempan. 

Demikian informasi mengenai cara mengusir dan menghilangkan cicak dari rumah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News