Keluarga

7 Cara Menata Kamar Tidur Sempit, Begini Aturannya

7 Cara Menata Kamar Tidur Sempit, Begini Aturannya

MOMSMONEY.ID - Punya kamar tidur sempit bukan berati membiarkan kamar tidur Anda apa adanya. Anda bisa menatanya jadi lebih rapi dan terlihat luas, begini aturan cara menata kamar tidur sempit.

Menata kamar tidur sempit bisa cukup menantang jika tak menggunakan jasa arsitek. Tapi tenang saja, melansir Homes and Gardens, ada 7 cara menata kamar tidur sempit yang bisa Anda ikuti dengan mudah. 

Mungkin Anda pernah bingung, saat menata ulang kamar tidur yang sempit, apa yang harus diutamakan. Apakah menata kasur terlebih dahulu, lemari besar, atau meja? Jika ini cukup membingungkan bagi Anda, coba ikuti cara berikut ini. 

Baca Juga: Bunga BI Naik, Begini Hitungan Imbal Hasil SBR012 yang Ikut Meninggi

Cara menata kamar tidur sempit

1. Tambahkan karpet 

Cara menata kamar tidur sempit yang pertama adalah menambahkan karpet untuk memberi ilusi luas. Namun ada aturannya, Anda harus memilih ukuran yang tepat. 

Vice President of Product Ruggable Therese Germain mengatakan, saat memilih karpet ini, jangan lupa mengenai proporsi ukurannya. Jangan terlalu besar atau pun terlalu kecil. 

Bagian panjang setidaknya harus lebih besar 15 cm dibandingkan dengan furnitur besar Anda. Pastikan juga ada sisa lantai yang terlihat untuk membuat ilusi kamar terlihat luas. 

2. Posisikan kasur Anda terlebih dahulu

Cara menata kamar tidur sempit berikutnya adalah menata kasur. Sebelum mengubah furnitur yang ada di dalam kamar, utamakan tata letak kasur terlebih dahulu. 

Kasur adalah furnitur utama yang penting di kamar tidur, maka ada baiknya Anda menata kasur terlebih dahulu. Namun, bagaimana cara meletakkan kasur yang tepat? 

Apabila Anda ingin mengikuti aturan Fengshui, aturannya tak boleh meletakkan kasur satu garis lurus dengan pintu. Ahli Fengshui Melissa Waite Stamps bilang, kasur harus diletakkan di belakang garis tengah pintu Anda. 

Usahakan tempat tidur Anda memiliki pemandangan yang luas. Anda juga tidak boleh meletakkan kasur di bawah jendela.  

Tapi, ada desainer yang senang meletakkan kasur di bawah jendela untuk sirkulasi yang lebih baik di kamar. Anda bisa mengurangi aura negatif fengshui dengan menambahkan gorden tipis. Sebagian lain senang meletakkan kasur berhadapan dengan jendela. 

Jadi tidak ada aturan baku yang harus Anda ikuti, semua tergantung pada kepercayaan dan selera Anda. Jika kasur ada dua, coba letakkan di antara jendela kamar Anda untuk membuat ruangan tampak lega.  

Baca Juga: Tren Perilaku Belanja Online Tahun Ini, Penting buat Pelaku Usaha

3. Jangan meletakkan furnitur yang terlalu besar

Cara menata kamar tidur sempit selanjutnya adalah jangan meletakkan furnitur yang terlalu besar memenuhi ruangan atau terlalu tinggi hingga menghabiskan pemandangan atap di kamar Anda. 

Anda perlu mengisi kamar tidur sempit Anda sesuai dengan fungsinya. Jika saat ini di kamar Anda terlalu banyak barang, sebaiknya lakukan kurasi. 

4. Pilih meja samping tempat tidur yang memperlihatkan kaki-kaki jenjangnya

Cara menata kamar tidur sempit berikutnya adalah menggunakan rak dinding atau meja floating yang bisa Anda paku di dinding. Ini memberikan ekstra ruang penyimpanan bagi Anda.

Selain itu, pandangan mata akan jadi luas karena masih melihat celah antara lantai dan dinding. 

Tapi, jika Anda ingin memiliki meja biasa, pilih meja dengan kaki-kaki jenjang. Ini tetap memberi ilusi luas pada ruangan Anda. 

5. Pertimbangkan furnitur multifungsi

Tempat penyimpanan rahasia adalah kunci penting dalam cara menata ruangan yang sempit. Misalnya, menggunakan penyimpanan atau laci bawah kasur. 

Anda juga bisa menggunakan penyimpanan di atas tempat tidur untuk meletakkan barang yang jarang Anda gunakan. Bisa juga meletakkan lemari di kedua sisi tempat tidur kemusian memberi penyimpanan di atasnya. 

Baca Juga: Inilah 5 Kebiasaan yang Wajib Dilakukan Penderita Gagal Ginjal

6. Jika Anda memiliki sisa ruang kecil, gunakan sebagai meja rias atau kerja

Memiliki kamar kecil berarti harus kreatif untuk memaksimalkan ruangan. Jika Anda memiliki perlengkapan rias lengkap atau kamar tidur juga menjadi ruang bekerja untuk Anda, kehadiran meja tentu sangat penting.

Solusinya, Anda bisa memilih meja yang menempel di dinding, dengan sedikit celah untuk meletakan kursi. Tetapi, jika Anda punya dinding cekung atau celah kecil, isi dengan meja dan letakkan cermin di atasnya. 

7. Gunakan lampu dinding

Jika Anda harus tidur dengan lampu redup sebagai pengganti lampu utama, usahakan pilih lampu yang bisa dipasang di dinding.

Jangan gunakan lampu meja, sebab meja yang ada di kamar sudah Anda gunakan sebagai meja kerja maupun meja rias. Tentu, Anda tak mau membuat meja terlalu penuh bukan?

Demikian informasi cara menata kamar tidur sempit. Ikuti aturan-aturan yang cukup mudah ini, dijamin ruangan jadi terlihat luas dan rapi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News