Keluarga

7 Cara Hilangkan Ketombe Secara Permanen dari Rambut Indahmu

7 Cara Hilangkan Ketombe Secara Permanen dari Rambut Indahmu

MOMSMONEY.ID - Rambutmu tiba-tiba berketombe? Mari ikuti cara-cara berikut ini agar ketombe pada rambutmu hilang secara permanen.

Melansir dari Pharm easy, ketombe merupakan hasil dari kulit kepala yang kering atau bahkan berminyak. Ketombe juga bisa disebabkan oleh jamur Malassezia.

Ketombe bisa dengan mudah bermunculan apabila kulit kepalamu dalam keadaan sensitif. Namun jika kulit kepalamu sehat, maka ketombe tak akan pernah muncul.

Maka dari itu, simaklah beberapa cara hilangkan ketombe secara permanen yang dilansir dari Pharm easy, Columbia Skin Clinic dan Lifebuoy, selengkapnya.

Baca Juga: Terbukti Secara Ilmiah, Inilah 6 Cara Mengiris Bawang Agar Mata Tak Pedih

Hindari mengikat rambut sehabis keramas

Salah satu cara hilangkan ketombe secara permanen dari rambut adalah dengan tidak mengikatnya ketika masih dalam keadaan basah.

Meski tengah terburu-buru, rambut harus tetap digerai hingga mengering dengan sendirinya. Rambut basah yang diikat akan membuat bagian kulit kepala jadi lembab. Alhasil, rambut jadi mudah rontok dan berketombe.

Hindari pakai jilbab jika rambut masih basah

Sama seperti poin sebelumnya, memakai jilbab ketika rambut masih basah akan memicu ketombe bermunculan. Penyebabnya karena kulit kepala lembab dan rambut masih basah.

Pastikan bahwa rambutmu telah kering sempurna sebelum memakai jilbab atau penutup rambut.

Baca Juga: 6 Tips Liburan Anti Gagal di Musim Hujan, Ini Hal-hal yang Wajib Disiapkan!

Gunakan yogurt

Yogurt tawar

Mau hilangkan ketombe secara permanen? Anda bisa mencoba yogurt. Tapi tunggu dulu, yogurt ini bukan untuk dimakan, ya.

Yogurt yang dingin mampu menyejukkan kulit kepala. Selain itu, yogurt merupakan sumber bakteri baik yang membantu mencegah pengelupasan kulit kepala serta ketombe.

Caranya, cuci rambutmu menggunakan shampoo, kemudian bilas. Lalu ratakan yogurt ke seluruh rambut hingga ke permukaan kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih dan cuci kembali rambutmu menggunakan shampoo.

Baca Juga: 7 Cara Memerahkan Bibir secara Alami, Bikin Bibir Bercahaya dan Lebih Lembut

Pilih shampoo anti ketombe

Sederet masalah rambut akan hilang jika Anda menggunakan shampoo yang tepat, sesuai fungsinya.

Jika rambutmu rontok, gunakan shampoo anti rontok. Jika rambutmu berketombe, cara menghilangkannya adalah dengan menggunaakan shampoo anti ketombe.

Shampoo anti ketombe didesain khusus dengan aneka formula teruji oleh para peneliti. Meski ada berbagai jenis merek, namun tak semua shampoo anti ketombe bisa cocok dengan rambut & kulit kepalamu.

Maka dari itu, gunakan metode trial and error hingga Anda menemukan merek shampoo anti-ketombe terbaik yang dapat hilangkan semua ketombe pada rambutmu.

Baca Juga: Intip Yuk, Ini 6 Buah Tinggi Vitamin C yang Dapat Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Aloe vera

Lidah buaya

Cara hilangkan ketombe secara permanen juga dapat dilakukan menggunakan aloe vera atau lidah buaya.

Aloe vera punya segudang manfaat. Tak hanya mampu tebalkan rambut, tumbuhan yang satu ini juga dapat mengurangi iritasi kulit dan memiliki efek pelembab.

Lidah buaya mampu mengurangi pengelupasan kulit kepala & gatal akibat ketombe. Selain itu, aloe vera mengandung antibakteri & antijamur yang secara sempurna dapat melindungi rambut dari ketombe.

Caranya, oleskan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, lalu cuci rambut menggunakan shampoo.

Baca Juga: 4 Metode Food Pairing Buah yang Hasilkan Rasa Mewah di Mulut

Hati-hati menggunakan hairdryer

Siapa sangka, hairdryer ternyata memiliki potensi besar membuat rambut jadi berketombe.

Penggunaan hairdryer langsung setelah keramas membuat kulit kepala jadi super sensitif.

Kulit kepala yang dingin & basah setelah keramas tiba-tiba terkena suhu panas dari hairdryer memudahkan bibit-bibit ketombe bermunculan.

Jika ingin menggunakan hairdryer, baiknya ketika rambut dalam keadaan setengah kering.

Baca Juga: Resep Bistik Ayam Krispi Ala Moen-Moen, Nikmat Disajikan di Atas Hot Plate

Berolahraga

Cara hilangkan ketombe secara permanen adalah dengan melakukan olahraga rutin.

Olahraga merupakan cara efektif untuk membuat kulit kepala jadi sehat. Olahraga akan membuang segala keringat dan kotoran melalui pori-pori kulit. Kulit kepala yang sehat tentu tak akan dihinggapi ketombe.

Itulah berbagai cara simple & efektif untuk hilangkan ketombe dari rambut secara permanen. Yuk, ikuti tips-tips di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News