Keluarga

7 Cara Aman Atasi Perut Buncit Jadi Rata, Salah Satunya Harus Makan Lebih Awal

7 Cara Aman Atasi Perut Buncit Jadi Rata, Salah Satunya Harus Makan Lebih Awal

MOMSMONEY.ID - Malu karena punya perut buncit? Tenang, kini ada berbagai cara aman untuk bisa mengatasi perut buncitmu agar kembali rata bak artis Korea.

Memiliki perut rata dan kencang adalah impian banyak orang. Namun terkadang, perut rata sulit didapatkan meski memiliki tubuh langsing. Apa alasannya? Ini karena perut buncit bisa disebabkan faktor genetik.

Jangan dulu panik, meski ada beberapa orang yang secara genetika memiliki perut buncit, namun ada beberapa cara mengatasi perut buncit yang efektif dilakukan dan terbukti melalui berbagai penelitian.

Untuk mengetahuinya, simak artikel berikut ini yang dilansir dari Good House Keeping, Forbes, dan Eat This, ini dia cara mengatasi perut buncit.

Baca Juga: Dari Alami hingga Ekstrem, Inilah 7 Cara Usir Tikus di Rumah sampai Mesin Mobil

1. Kurangi garam

Makanan tinggi garam

Cara mengatasi perut buncit akibat lemak perut bisa dilakukan dengan mulai mengurangi garam/natrium di setiap makanan yang Anda konsumsi.

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh dipaksa menahan air untuk mengencerkan natrium/garam sebelum dikeluarkan. Akibatnya, perut jadi buncit karena terlalu banyak air di dalamnya.

Coba kurangi asupan garam jika Anda ingin memiliki perut rata.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Simpan Beras Supaya Bebas Kutu, Moms Wajib Tahu!

2. Biasakan minum air yang cukup

Untuk atasi perut bucit agar bisa jadi rata, maka biasakanlah untuk minum air putih yang cukup. Minum 2 gelas air sebelum & setelah sarapan mampu membuat seseorang lebih cepat kenyang dan mendapatkan perut rata karena makan jadi lebih sedikit.

3. Jangan ngemil tengah malam

Menahan lapar dan tidak memaksakan diri untuk ngemil tengah malam dapat menjadi salah satu cara mengatasi perut buncit yang paling efektif.

“Penelitian menunjukkan bahwa makan sesuai dengan jam tubuh dan ritme sirkadian alami dapat membantu mengurangi penyimpanan lemak,” kata ahli diet Elizabeth Ward, salah satu penulis The Menopause Diet Plan: A Natural Guide to Hormones, Health, and Happiness.

Baca Juga: Punya Bau yang Khas, Ini 4 Cara Hilangkan Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

4. Makan lebih awal

Ilustrasi Kesehatan Makan Buah

Ingin dapatkan perut rata? Menurut ahli yang dilansir dari Eat This, cara atasi perut buncit didapat dengan melakukan kegiatan makan 30 menit setelah bangun tidur.

Tubuh dalam keadaan siap membakar lemak setelah tidur malam (berpuasa) selama 6-8 jam. Itu sebabnya, tubuh harus segera diisi dengan makanan. Jika tidak, maka tubuh akan berhenti membakar lemak karena harus mempertahankan apapun yang ada di tubuh.

“Makan lebih awal akan membantu Anda mengontrol berat badan. Jika Anda mengurangi asupan kalori dengan cara menunda maka, akan sulit bagi Anda untuk mencegah kenaikan berat badan,” jelas Ward.

Baca Juga: Anti Boros, Kenali 4 Cara Menyimpan Bawang biar Tak Mudah Busuk

5. Olahraga kardio

Cara mengatasi perut buncit agar jadi perut rata bisa dilakukan dengan rutin melakukan olahraga kardio.

Olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang memadukan latihan ketahanan dan aktivitas aerobic yang akan memberi Anda manfaat paling banyak, terutama untuk membakar lemak perut.

Direkomendasikan untuk melakukan olahraga kardio (aerobic) intensitas sedang selama 150 menit (contoh: jalan cepat & bersepeda santai) atau 75 menit aktivitas berat (contoh: berlari & bermain bola basket).

Dengan rutin melakukan olahraga kardio, maka perut buncit Anda lebih cepat menghilang.

Baca Juga: Tips Bikin Kulit Ikan Goreng Lebih Renyah Tanpa Takut Gosong

6. Minum prebiotik

Yogurt tawar

Perut buncit tak hanya disebabkan oleh lemak perut saja, tapi juga karena masalah pencernaan, terutama yang bersumber dari usus. Usus memerankan kunci utama dalam hal menurunkan berat badan.

“Bakteri baik di usus membantu memecah makanan dan mengekstrak nutrisi. Sementara bakteri jahat dapat menyebabkan penambahan berat badan dan kembung,” ucap Joanna Wen, seorang praktisi penurun berat badan tersertifikasi yang dilansir dari She Finds.

Jadi, biasakan untuk mengonsumsi yogurt sebagai salah satu cara mengatasi perut buncit yang bikin perut rata.

Baca Juga: Gurih dan Empuk, Ini 3 Tips Maksimalkan Rasa Ayam ala Chef Christopher Kimball

7. Tingkatkan asupan serat

Asupan serat yang cukup dalam tubuh merupakan salah satu cara mengatasi perut buncit yang efektif.

Sebab, serat membuat seluruh makanan tetap bergerak dalam saluran pencernaan, sehingga perut tak lagi buncit akibat sembelit.

Namun, menurut Amy Fischer, seorang ahli yang dikutip dari Good House Keeping, mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi serat malah akan membuat perut memiliki banyak gas.

Jadi, seimbangkanlah makanan yang masuk ke tubuhmu agar Anda punya kebiasaan makan yang bikin perut rata.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi perut buncit. Lakukan langkah-langkah di atas secara rutin, terutama jika Anda menginginkan perut rata yang indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News