6 Urutan Hair Care Routine Yang Harus Anda Coba

Sumber: Dove
Sabtu, 31 Juli 2021 | 08:45 WIB
6 Urutan Hair Care Routine Yang Harus Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Apakah anda sering melakukan hair care routine di rumah? Dengan mengaplikasikan urutan hair care routine, anda akan mempunyai rambut kuat, sehat, dan indah. Hal tersebut tidak akan menjadi angan-angan saja.

Mengaplikasikan urutan hair care ini haruslah rutin dan konsisten. Oleh karena itu, Momsmoney telah merangkum enam urutan hair care routine yang bisa Anda lakukan :

1. Biasakan Menyisir Rambut

Membiasakan menyisir rambut setiap hari dapat terhindar dari rambut kusut. Melansir dari dove.com, dengan Anda rutin menyisir rambut, minyak alami di rambut akan terdistribusikan dengan baik, mulai dari akar sampai ke ujung rambut. Dengan begitu tentunya akan membuat rambut Anda tumbuh dengan sehat dan makin berkilau.

2. Mencuci Rambut dengan Shampo

Sebelum mencuci rambut dengan shampo, pastikan anda paham dengan jenis dan kondisi rambut. Sebab, setiap jenis rambut memiliki waktu keramas yang berbeda-beda, yakni:

  • Jenis rambut terasa kasar dan kering, serta terasa lebih rapuh, anda hanya perlu keramas setiap dua atau tiga hari sekali.
  • Jenis rambut cenderung berminyak sehari setelah kamu mencuci rambut, anda harus keramas setiap hari.
  • Jika anda memiliki rambut normal dan terasa tidak terlalu berminyak sehari setelah keramas, anda bisa mencuci rambut setiap dua hari sekali.

Setelah itu, anda pilih shampo yang memiliki kandungan kerantin di dalamnya. Keratin akan membuat rambut lurus dengan sempurna. Hindari shampo berbahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. Saat mencuci rambut, bersihkan rambut sampai ke kulit kepala anda dan pijit pelan-pelan. 

Baca Juga: Pahami Cara Mencegah Komedo Putih di Wajah

3. Gunakan juga Conditioner

Setelah keramas, anda juga gunakan conditioner saat rambut dalam keadaan basah. Aplikasikan kondisioner pada batang rambut dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas. Conditioner dibaratkan seperti body lotion untuk kulit. Conditioner memiliki manfaat untuk melembabkan rambut dan menjaga setiap helai rambut agar terhidrasi dan mudah diatur.

4. Creambat Seminggu Sekali

Anda bisa melakukan crembat di salon atau di rumah seminggu sekali. Jika anda melakukan creambat di rumah, pilih produk khusus creambat yang bisa anda dapatkan di pasaran.

Sekarang, banyak merek shampo yang menawarkan produk seperti itu. Caranya setelah keramas, anda aplikasikan cream dari kulit kepala hingga ujung rambut. Kemudian, pijat lembut dan bungkus rambut anda dengan handuk hangat atau diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

5. Gunakan Hair Serum dan Hair Vitamin

Jika Anda sering menggunakan hair dryer, catokan atau pengkriting rambut, anda harus gunakan hair serum. Melansir dari cnfstore.com, Hair serum berfungsi sebagai pengganti protein pada rambut yang hilang akibat terkena panas dari alat styling rambut.

Hair serum menjadikan rambut Anda lebih halus dan mudah ditata. Anda bisa gunakan hair vitamin yang berbentuk kapsul, oleskan vitamin secara rutin pada batang rambut setelah keramas.

Selain perawatan dari luar, anda juga bisa mengonsumsi makanan bergizi untuk membantu menjaga kesehatan rambut. 

6. Kurangi intensitas rambut dari paparan sinar matahari

Selain kulit tubuh, paparan sinar matahari dapat memberi efek buruk untuk rambut Anda. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu aplikasikan secara rutin urutan hair care routine ini, anda bisa menutup kepala dengan kerudung, topi ataupun payung. 

Sekarang, moms sudah tahu urutan hair care routine dengan baik dan tepat. Pilihlah produk shampo pilihan Anda dan selamat mencoba, moms.

Selanjutnya: Ampuh! 4 Bahan Alami Ini Dapat Menghilangkan Brutusan

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru