6 Tips untuk Meningkatkan Kesempatan Anjing Peliharaan Hidup Lebih Lama

Sumber: Canine Journal,Rover
Jumat, 29 April 2022 | 12:50 WIB
6 Tips untuk Meningkatkan Kesempatan Anjing Peliharaan Hidup Lebih Lama


MOMSMONEY.ID - Dalam hal usia, manusia tentu memiliki rentang hidup yang lebih lama daripada anjing. Anjing biasanya memiliki rata-rata harapan hidup hingga 15 tahun. Namun, tak ada salahnya untuk berupaya membuat anjing Anda panjang umur. Anda tentu ingin menikmati hidup yang lebih lama bersama anjing peliharaan. Selama Anda berusaha dan melakukannya dengan tepat, ini bisa terwujud.

Salah satu cara untuk meningkatkan kesempatan anjing dapat hidup lebih lama adalah dengan menjaga kesehatannya. Namun ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan ini. Berikut 5 di antaranya.

Baca Juga: Informasi Tentang Ikan Hias Guppy yang Punya Banyak Warna

Menentukan Ras Anjing Sebelum Memelihara

Dilansir dari Canine Journal, penelitian menunjukkan bahwa anjing yang lebih besar memiliki hidup untuk periode yang lebih singkat jika dibandingkan dengan yang lebih kecil. Misalnya, anjing berukuran rata-rata 50 kg memiliki umur rata-rata 7 tahun, sedangkan ukuran rata-rata 7 kg memiliki rata-rata umur 13-16 tahun. Oleh karena itu, menentukan ras anjing yang akan dipelihara sebelumnya akan memengaruhi lama hidupnya bersama Anda. Bila Anda ingin anjing yang panjang umur, Anda bisa memiliki anjing ras berukuran kecil.

Sterilisasi

Memandulkan atau mengibiri anjing pada usia yang relatif muda dapat secara positif memengaruhi umur anjing. Anda dapat mengebiri anjing sebelum usia 5 bulan untuk anjing ras kecil dan 12-15 bulan untuk anjing ras besar. Operasi pengebirian ini akan membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker pada anjing dan mengurangi stres pada anak anjing yang menyebabkan penyakit. Ini berarti akan membuat umurnya lebih panjang.

Menentukan Pola Makan Sehat dan Suplemen

Dilansir dari Rover, menurut sebuah peneliatian tahun 2011, anjing yang dibesarkan dengan diet kalori terbatas (sekitar 25% lebih sedikit dari jumlah makanan normalnya) memiliki hidup rata-rata 2 tahun lebih lama daripada anjing yang diberi makan banyak. Ini menunjukkan bahwa penentuan pola makan dan mengurangi asupan kalori pada anjing berpengaruh dalam peningkatan lama hidupnya.

Namun, Anda tidak boleh mengurangi asupan kalori ini tanpa petunjuk dari dokter hewan. Tetap konsultasikan mengenai pola makan, diet sehat, dan cemilannya dengan dokter. Selain itu, pemberian supleme juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh anjing. Misalnya, asam lemak omega, antioksidan, probiotik, dan glucosamine.

Jaga Rutinitas Olahraga

Olahraga adalah komponen kunci lainnya untuk memperpanjang hidup anjing. Ini karena olahraga dapat menurunkan stres, meningkatkan endorfin, dan mempertahankan berat badan serta massa otot yang sehat. Aktivitas fisik sudah seharusnya menjadi rutinitas anjing.

Menjaga Kebersihan Tubuhnya

Selain memperhatikan pola makan dan berolahraga, kebersihan badannya juga jangan sampai terabaikan. Kebersihan atau perawatan badan yang tidak pernah diperhatikan dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. Misalnya, anjing yang tidak pernah mendapatkan perawatan gigi bisa mengalami masalah periodontal karena infeksi bakteri di mulutnya. Tidak pernah memandikan anjing juga akan membuat anjing mengalami infeksi jamur atau kutu.

Baca Juga: Daging Ayam Baik untuk Anjing, Tapi Jangan Mentah!

Pemeriksaan Kesehatan ke Dokter Hewan

Meskipun anjing peliharaan Anda tampak sehat, melakukan kunjungan ke dokter hewan setahun sekali dan dua kali saat memaski usia tua untuk pemeriksaan umum juga penting dilakukan. Pemeriksaan kesehatan ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatannya secara optimal dan memberikan catatan yang pasti tentang riwayat kesehatan anjing peliharaan Anda seiring bertambahnya usia.

Selain itu, dokter hewan juga berkesempatan untuk menemukan masalah kesehatan sejak dini, sehingga dapat diatasi lebih cepat. Selain itu, Anda juga dapat mengonsultasikan segala hal untuk mencegah penyakit pada anjing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TERPOPULER