Keluarga

6 Tips Tetap Sehat Saat Trimester Pertama Kehamilan, Wajib Dibaca Ibu Muda!

6 Tips Tetap Sehat Saat Trimester Pertama Kehamilan, Wajib Dibaca Ibu Muda!

MOMSMONEY.ID - Trimester pertama kehamilan merupakan masa awal saat hamil, yakni pada minggu ke-1 hingga ke-13, atau singkatnya pada 3 bulan pertama masa kehamilan.

Pada trimester pertama kehamilan, kebanyakan wanita mengalami rasa tak nyaman seperti mual, kembung, mudah marah, hingga nyeri punggung. Terkadang, ini membuat ibu muda jadi kesulitan makan karena kondisi tubuh yang seperti itu.

Tapi jangan khawatir, MomsMoney berikan sederet tips tetap sehat saat trimester pertama kehamilan atau pada saat 3 bulan awal kehamilan. Langsung saja intip artikelnya berikut ini.

Baca Juga: Menjelang Hari Valentine, Ini 7 Nasihat Pernikahan yang Patut Anda Simak

Konsumsi vitamin kehamilan

Mual pada trimester pertama kehamilan membuat kegiatan makan jadi cukup sulit. Meski begitu, ada tips tetap sehat untuk kehamilan pada bulan-bulan awal ini.

Caranya, pastikan Moms mengonsumsi vitamin prenatal, yakni vitamin khusus bagi perempuan hamil, untuk memenuhi gizi & mineral yang hilang karena porsi makan yang berkurang.

Baca Juga: Sering Lesu? Ini 5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Lebih Tinggi dari Daging

Makan lebih sering

Mual saat hamil

Tips tetap sehat saat trimester pertama kehamilan adalah dengan selalu mengusahakan makan setiap 2-3 jam sekali dengan porsi sedikit. Cara ini dikatakan jauh lebih mudah diterima oleh perut & tidak terlalu menimbulkan rasa mual berlebih, jika dibandingkan dengan makan 3x sehari dengan porsi normal.

Konsumsi berbagai makanan sehat yang bernutrisi seperti yang dianjurkan dokter, namun usahakan membagi porsinya sedikit-sedikit agar tak terlalu bikin perut mual.

Baca Juga: Waspada Musim Pancaroba, Konsumsi 6 Buah Penjaga Imun Tubuh untuk Cegah Sakit

Tetap bergerak

Salah satu cara mengurangi mual dan segala rasa tak enak yang dialami saat trimester pertama kehamilan adalah dengan berusaha tetap aktif dan bergerak.

Nyatanya, berolahraga ringan seperti berjalan kaki, pilates, atau sekedar beres-beres rumah dapat membuat rasa mual, kembung, dan nyeri punggu sedikit berkurang.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat menurunkan risiko kelebihan berat badan, diabetes saat hamil, preeklampsia, operasi caesar, dan bahkan depresi pascapersalinan," kata Dr. Savard dalam Real Simple.

Tapi pastikan Anda memperoleh izin dari dokter sebelum melakukan olahraga tertentu, sebab ada beberapa kondisi kehamilan yang tak diizinkan untuk berkeringat terlalu banyak.

Baca Juga: Para Pencari Cuan, Ikuti 6 Cara Hindari Stres Saat Bekerja biar Lebih Produktif

Beristirahat kapanpun

Tips tetap sehat saat trimester pertama kehamilan tentu dengan beristirahat. Meski Anda boleh bergerak dan berolahraga, namun pastikan untuk selalu beristirahat kapanpun selagi ada waktu.

Usahakan untuk mencuri-curi waktu dengan melakukan tidur siang. Istirahatkan tubuh & pikiranmu dari segala beban fisik dan rasa stres yang muncul.

Kurangi makanan mentah

Sashimi

Tips tetap sehat saat trimester pertama kehamilan adalah dengan mengurangi makan makanan mentah, terutama seafood.

Dilansir dari Prenagen, hal ini ditujukan agar janin tak tertular bakteri seperti Samonella, parasit Toksoplasma, hingga zat berbahaya seperti merkuri. Ini mencegah agar bayi tak lahir cacat.

Baca Juga: 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Sudah Layu Jadi Segar Kembali

Minum yang cukup

Tips tetap sehat saat trimester pertama kehamilan adalah dengan minum air mineral yang cukup, sebanyak 8 gelas per hari.

Pastikan tubuhmu selalu terhidrasi agar aliran darah & nutrisi yang dialirkan melalui plasenta kepada janin dapat mengalir lancar tanpa hambatan.

Itulah sederet tips agar tetap sehat saat trimester pertama kehamilan yang bisa Moms lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News