Santai

6 Tips Shaving Aman dan Mudah, Cocok buat Pemula yang Ingin Mulai Mencukur

6 Tips Shaving Aman dan Mudah, Cocok buat Pemula yang Ingin Mulai Mencukur

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara mencukur untuk pemula yang sebaiknya mulai diperhatikan, sebelum memulai mencukur beberapa area tubuh.

Mencukur menjadi aktivitas yang sudah tak asing lagi bagi pria dan wanita. Aktivitas ini digunakan untuk menghilangkan bulu-bulu maupun rambut yang dirasa mengganggu di beberapa area tubuh.

Namun, mencukur tak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa cara agar mencukur bisa menjadi lebih aman, terutama bagi pemula.

Simak dulu, yuk, beberapa cara mencukur yang aman bagi pemula berikut:

Baca Juga: Ingin Cukur Rambut Kemaluan Sendiri? Gunakan 6 Cara Aman Ini, ya

Basahi kulit

Basahi kulit terlebih dahulu sebelum mencukur untuk menghindari iritasi dari pisau cukur yang mungkin terjadi jika kulit dalam keadaan kering. Ketika kulit berada dalam kondisi lembab, maka rambut tubuh akan menjadi lebih tebal dengan air.

Sehingga, hal tersebut akan memudahkan rambut untuk dicukur. Hasilnya pun, kulit akan terhindar dari iritasi. Basahi atau gunakan pelembab pada area tubuh yang ingin dicukur dengan menggunakan air hangat atau dengan air mengalir.

Eksfoliasi terlebih dahulu

Jika ingin menghasilkan cukuran yang awet dan bertahan lama, maka sebaiknya lakukan eksfoliasi terlebih dahulu sebelum mulai mencukur.

Melansir dari laman Gillete Venus, eksfoliasi berguna untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Tentunya, ini akan memudahkan pisau cukur untuk melakukan tugasnya. Jadi, ada baiknya untuk melakukan eksfoliasi sebelum mencukur.

Lakukan perlahan

Penting untuk mencukur dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa. Sebaiknya, luangkan waktu yang cukup untuk mencukur pada saat mandi. Dengan melakukan aktivitas ini secara perlahan, maka hasil cukuran akan menjadi lebih rapih.

Manfaat lainnya adalah kulit akan terhindar dari iritasi atau luka jika proses ini dilakukan dengan tergesa-gesa.

Baca Juga: Tanda-Tanda Seseorang Tertarik Secara Seksual pada Anda, Apa Saja?

Perhatikan arah cukur

Cara yang satu ini tentu juga perlu diperhatikan bagi pemula yang ingin mencukur. Laman Web MD menjelaskan, agar mencukur sesuai dengan arah pertumbuhan rambut.

Seperti contohnya, cukur ke arah bawah saat mencukur area kaki, sebab rambut pada area kaki mengalami pertumbuhan ke arah bawah. Jika tidak, resiko terkena iritasi pun bisa terjadi. Apalagi, jika memiliki kulit yang sensitif.

Gunakan pelembab

Setelah melakukan proses mencukur, maka ada baiknya untuk selalu mengaplikasikan pelembab pada area yang telah dicukur tersebut.

Gunakan pelembab ringan dan tidak beraroma dengan pH seimbang agar tidak memengaruhi kondisi kulit yang menjadi lebih sensitif setelah dicukur. Selain itu, cara ini juga berguna untuk menjaga kelembaban area kulit yang telah dicukur.

Pastikan kebersihan alat

Para pemula juga wajib selalu menggunakan alat cukur yang bersih. Pastikan untuk menjaga kebersihan alat cukur sebelum dan setelah melakukan aktivitas ini.

Selain membersihkan, ada baiknya juga untuk rutin mengganti pisau cukur. Jangan gunakan alat cukur dengan pisau yang tumpul agar terhindar dari luka atau iritasi.

Nah, itulah tadi cara mencukur dengan tepat yang perlu diperhatikan oleh para pemula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News