HOME, Keluarga

6 Tips Nyaman Tinggal di Rumah Kontrakan, Mudah Dilakukan!

6 Tips Nyaman Tinggal di Rumah Kontrakan, Mudah Dilakukan!

MOMSMONEY.ID - Sejak dulu, membeli rumah sendiri merupakan impian bagi sebagian besar orang. Memang, memiliki dan tinggal di rumah sendiri selalu terasa memuaskan dan nyaman.

Kenyataannya, tidak semua orang mampu membeli rumah sehingga mesti tinggal di rumah kontrakan.

Walaupun mungkin terasa kurang dibandingkan memiliki rumah sendiri, tinggal di rumah kontrakan sebenarnya tidak melulu buruk. Dengan trik-trik yang tepat, Anda pun bisa menciptakan suasana yang homey dan nyaman di rumah kontrakan yang ditinggali.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Kesalahan Umum Saat Merenovasi Rumah

Jadi, bagaimana caranya menata rumah kontrakan supaya terasa nyaman? Simak tipsnya berikut ini.

Pahami batasan

Karena bukan milik sendiri, Anda perlu berkomunikasi dengan pemilik rumah sebelum mendekorasi rumah yang ditempati. Hal ini penting, sebab Anda perlu mengetahui batasan-batasan mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada rumah tersebut.

Dikutip dari Moving.com, ada beberapa pemilik rumah yang memperbolehkan penyewanya mengecat ulang rumah atau memaku dinding. Namun, ada pula pemilik rumah yang melarangnya. Dengan mengetahui batasan tersebut, Anda pun dapat menentukan penataan seperti apa yang lebih cocok untuk rumah kontrakan.

Hindari furnitur besar dan berat

Biasanya, rumah kontrakan memiliki luas yang terbatas. Hal ini akan “memaksa” Anda untuk menata setiap sisi dan sudut rumah dengan lebih cerdik.

Sebagai contoh, hindari menggunakan furnitur yang berukuran besar dan berat karena mudah membuat rumah terasa kecil dan sempit. Dilansir dari My Urban Jungle, coba kombinasikan beberapa furnitur berukuran kecil dan sedang untuk membantu mengisi ruangan. Pastikan Anda menggunakan furnitur dengan jumlah secukupnya supaya rumah tidak terasa penuh.

Tambahkan pernak-pernik personal

Rumah kontrakan tidak harus terlihat kosong dan membosankan. Sama seperti rumah lainnya, jangan ragu untuk menambahkan sentuhan personal di rumah kontrakan dengan menambahkan berbagai dekorasi dan pernak-pernik.

Melansir Property Guru Malaysia, gunakan dekorasi dan pernak-pernik yang Anda sukai untuk menghias rumah. Misalnya, pasang foto keluarga di dinding (jika diperbolehkan memaku dinding), letakkan pigura foto di meja, hingga meletakkan dekorasi di lemari.

Baca Juga: Yuk, Kenali Ciri-Ciri Furnitur yang Aman untuk Anak!

Tambahkan tanaman hias

Ingin menghidupkan suasana di rumah kontrakan secara instan? Cukup hiasi rumah dengan beberapa tanaman hias kesukaan Anda.

Tak hanya membuat rumah kontrakan yang ditempati terlihat cantik, tapi beberapa tanaman hias tertentu dikenal memiliki sifat yang bisa meningkatkan kualitas udara di rumah. Rumah Anda pun akan terlihat menawan sekaligus segar.

Baca Juga: Rekomendasi Online Shop Pot Tanaman Aesthetic untuk Mempercantik Rumah

Bersihkan secara menyeluruh

Sama seperti rumah milik sendiri, rumah kontrakan juga perlu dibersihkan dengan baik supaya Anda selalu merasa nyaman di dalamnya. Bersih-bersih rumah ini bisa mulai dilakukan sebelum Anda menempati kontrakan untuk memastikan rumah bersih dan kinclong sejak awal.

Dengan membersihkan rumah secara rutin, berarti Anda juga melaksanakan tanggung jawab untuk merawat rumah terhadap pihak yang menyewakan rumah tersebut.

Optimalkan pencahayaan

Terakhir, jangan lupakan aspek pencahayaan di dalam rumah kontrakan. Pasalnya, pencahayaan yang baik akan membantu menciptakan suasana yang lebih hidup dan sehat di dalam rumah tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pencahayaan di rumah kontrakan. Selain mengandalkan lampu pada plafon, Anda juga bisa menggunakan tirai yang tipis untuk memaksimalkan pencahayaan alami di siang hari, menggunakan lampu meja, hingga memasang lampu dinding.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan supaya rumah kontrakan terasa lebih nyaman dan homey. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News