HOME, Hemat

6 Tips Mudah Merawat Kulit Pria, Wajib Dipraktikkan Supaya Kulit Bersih dan Sehat

6 Tips Mudah Merawat Kulit Pria, Wajib Dipraktikkan Supaya Kulit Bersih dan Sehat

MOMSMONEY.ID - Perawatan kulit identik dengan kaum hawa. Faktanya, para pria juga wajib merawat kulit mereka supaya tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Meski tak seribet rutinitas skincare wanita, namun masih banyak pria yang malas untuk melakukan perawatan kulit. Padahal, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kulit kusam, penuaan dini, bahkan kanker kulit.

Jika selama ini Anda masih abai dengan perawatan kulit, yuk perbaiki sekarang juga sebelum terlambat dengan mengikuti 6 tips mudah di bawah ini.

Baca Juga: 5 Efek Negatif Kurang Tidur Terhadap Kecantikan, Penampilan Jadi Lebih Tua

1. Pertimbangkan label dan bahan produk skincare

Produk skincare yang Anda pilih harus disesuaikan dengan jenis kulit. Jika Anda memiliki kulit mudah berjerawat, carilah produk yang bertuliskan oil free atau non-comedogenic supaya tidak menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Kalau kulit Anda sensitif, gunakan produk bebas pewangi yang ringan untuk mencegah kulit iritasi dan kering.

Apabila kulit Anda kering, maka pilihlah produk skincare yang memiliki formula melembabkan seperti glycerin untuk mencegah kulit semakin kering.

2. Cuci muka setiap hari dan setelah berolahraga

Dikarenakan sabun batangan biasa umumnya mengandung bahan-bahan yang keras dan dapat mengeringkan kulit wajah, pastikan untuk menggunakan face wash khusus pria yang ringan dan sesuai dengan jenis kulit. Untuk membilasnya, Anda bisa menggunakan air bersuhu ruang atau air hangat. Jangan pernah menggunakan air panas karena dapat merusak kulit.

Cucilah wajah Anda sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan malam hari atau setelah berolahraga.

3. Perhatikan teknik mencukur Anda

Bagi sebagian pria, pisau cukur multi-blade dapat bekerja dengan jauh lebih baik. Meskipun begitu, beralihlah ke pisau cukur single atau double-blade jika kulit Anda sering benjol, terluka, atau mengalami ingrown hairs akibat pisau cukur.

Ketika mencukur, pastikan Anda tidak meregangkan kulit. Untuk melembutkan proses bercukur, Anda bisa membasahi kulit dan bulu yang hendak dicukur terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan krim cukur yang melembabkan dan cukurlah bulu Anda searah dengan pertumbuhan rambut.

Jangan lupa untuk mengganti pisau cukur lama Anda dengan yang baru setelah 5-7 kali digunakan untuk meminimalkan iritasi.

4. Gunakan pelembab setiap hari

Pelembab bekerja dengan cara menjebak air di kulit Anda. Ini dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan membuat kulit terlihat lebih cerah sekaligus lebih muda.

Untuk hasil terbaik, oleskan pelembab ke wajah dan tubuh Anda dengan segera setelah mandi ketika kulit masih lembab. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengoleskan pelembab sesaat setelah Anda bercukur ya.

5. Periksa kulit secara teratur

Bintik-bintik atau tahi lalat baru yang gatal, berdarah, atau berubah warna sering kali merupakan tanda peringatan dini kanker kulit. Jika Anda melihat bintik-bintik yang mencurigakan pada kulit, maka jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter kulit.

Pasalnya, para pria khususnya yang berusia di atas 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena melanoma atau bentuk kanker kulit paling mematikan daripada populasi umum. Namun, ketika diketahui lebih awal, risiko kanker kulit tersebut sangat bisa diobati.

6. Pakai sunscreen

Guna membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari seperti kerutan, bintik-bintik penuaan, dan kanker kulit, pakailah sunscreen setiap hari terutama ketika Anda hendak berkegiatan di luar ruangan. Oleskan sunscreen ke semua area kulit yang terbuka termasuk kulit sekitar kepala, telinga, leher, dan bibir.

Untuk perlindungan terbaik, Anda bisa menggunakan sunscreen ber-spektrum luas yang tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Jangan lupa untuk segera mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 2 jam, setelah berenang, atau ketika Anda berkeringat cukup banyak. Anda juga bisa memberikan perlindungan ekstra pada kulit dengan mengenakan pakaian tertutup seperti kemeja tipis berlengan panjang, celana panjang, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam.

Selanjutnya: Ketahui 5 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati di Wajah, Kulit Jadi Segar dan Lembut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News