HOME, Keluarga

6 Tips Menggunakan Oven Listrik dengan Tepat, Bikin Masakan Matang Merata

6 Tips Menggunakan Oven Listrik dengan Tepat, Bikin Masakan Matang Merata

MOMSMONEY.ID - Oven listrik merupakan salah satu peralatan dapur atau kitchen appliances yang sudah umum ditemui di rumah-rumah Indonesia.

Alat yang satu ini memang sangat serbaguna. Anda bisa memasak hampir segala jenis bahan makanan, mulai dari kue, daging, hingga sayur-sayuran. Jika digunakan dengan tepat, oven listrik bisa membantu Anda menyajikan makanan yang lezat.

Nah, supaya oven listrik bisa berfungsi dengan maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakannya. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Baca Juga: Mencari Oven Listrik Low Watt? Ini Dia Rekomendasinya

Lakukan preheat

Sebelum menggunakan oven listrik untuk memanggang makanan, Anda perlu melakukan preheat atau memanaskan oven terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu masakan matang dengan lebih merata.

Bila dibandingkan dengan oven yang menggunakan gas seperti oven tangkring, durasi waktu preheat pada oven listrik akan cenderung lebih lama. Dilansir dari The Kitchn, hal ini disebabkan oleh kawat elektrik di dalam oven yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu maksimum sebelum dapat menghantarkan panas pada makanan.

Letakkan loyang di tengah oven

Saat memanggang makanan di dalam oven listrik, lebih baik letakkan loyang di bagian tengah oven. Hal ini dapat membantu sirkulasi panas yang lebih merata ke seluruh sisi makanan, sehingga makanan akan matang lebih sempurna.

Selain itu, Anda juga bisa memutar loyang di tengah-tengah proses memasak untuk membantu memastikan tingkat kematangan makanan yang sempurna.

Jangan memenuhi oven

Untuk mempercepat proses memanggang, mungkin Anda pernah tergoda untuk memasukkan beberapa jenis makanan sekaligus ke dalam oven listrik.

Dilansir dari Cnet, hal ini sebenarnya tidak dianjurkan karena dapat menghalangi sirkulasi panas di dalam oven sehingga makanan tidak matang merata. Jika Anda memang ingin memasukkan dua loyang sekaligus ke dalam oven, beri jarak antara keduanya supaya sirkulasi panasnya terjaga.

Baca Juga: Oven Listrik Anda Kotor? Begini Cara Membersihkannya

Tambahkan alumunium foil untuk mencegah gosong

Salah satu masalah utama yang terjadi saat memanggang makanan dengan oven listrik adalah makanan yang terlalu matang atau gosong.

Untuk menghindari masalah ini, Anda bisa menambahkan alumunium foil pada bagian atas loyang sehingga menutupi makanan. Gunakan cara ini saat makanan mulai berubah warna menjadi kecoklatan, sehingga makanan terlindungi dari panas berlebih yang dapat mengakibatkan gosong.

Baca Juga: Oven Tangkring vs Oven Listrik, Mana yang Lebih Baik?

Gunakan loyang yang tepat

Untuk memastikan makanan matang merata saat dipanggang di oven listrik, Anda perlu menggunakan loyang dengan bahan yang tepat.

Misalnya, gunakan loyang metal jika Anda ingin makanan yang lebih matang atau crispy. Untuk makanan yang tidak memerlukan panas berlebih, Anda bisa menggunakan loyang kaca, keramik, atau silikon karena tidak banyak menyerap panas.

Jangan sering membuka pintu oven saat proses memanggang

Terakhir, hindari membuka-tutup pintu oven listrik terlalu sering saat sedang memanggang makanan.

Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan suhu di dalam oven turun secara drastis, sehingga mengurangi kinerja oven dalam mematangkan makanan dengan sempurna. Sebaiknya, Anda cukup memantau proses pemanggangan melalui pintu oven saja.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan oven listrik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News