CLOSE [X]
ads

6 Tips Mengasuh Anak Semata Wayang, Yuk Simak!

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:15 WIB
6 Tips Mengasuh Anak Semata Wayang, Yuk Simak!


MOMSMONEY.ID - Di Indonesia, ada sebuah anggapan yang populer di tengah masyarakat yakni “banyak anak banyak rezeki”. Dalam kehidupan nyata, anggapan ini tidak berlaku untuk sebagian orang tua yang secara sadar memutuskan untuk membesarkan satu orang anak saja. Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keluarga dengan anak tunggal dapat terjadi akibat masalah keuangan, meningkatnya angka perceraian, serta alasan pribadi.

Tidak jauh berbeda dengan mengasuh anak bersaudara, mengasuh anak tunggal pun memiliki tantangan tersendiri serta membutuhkan kesabaran. Sebagai tambahan, para orang tua dengan anak tunggal mungkin juga perlu menerapkan tips parenting khusus guna mendorong anak tumbuh menjadi sosok yang dewasa, bertanggung jawab, bijaksana, dan tentunya jauh dari kata manja maupun egois.

Sebagai referensi, berikut 6 tips parenting yang bisa Anda ikuti untuk membantu mengasuh anak tunggal atau anak semata wayang sebagaimana dilansir dari MomJunction.

Baca Juga: Anak Prodigy atau Anak Ajaib, Berikut Beberapa Ciri-Cirinya dan Tips Membesarkannya

1. Dorong interaksi sosial

Anak tunggal kemungkinan akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain sendiri atau bersama teman khayalannya. Lama-kelamaan, bukan mustahil jika kebiasaan ini akan membuat mereka berjuang ekstra dalam berinteraksi sosial. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mendorong anak tunggal Anda untuk terlibat dalam kegiatan sosial dan menghabiskan waktu bersama teman sebaya.

Pastikan Anda mengatur jadwal bermain reguler anak dengan anak-anak lain seusianya. Dengan begini, anak tunggal Anda akan belajar berbagi dan memahami cara beradaptasi serta menyesuaikan diri. Selain itu, interaksi sosial juga akan membantu anak mempelajari konsep kesabaran sekaligus mengembangkan keterampilan sosial mereka.

2. Tunjukkan nilai-nilai yang penting dalam suatu hubungan

Anak-anak yang mempunyai saudara kandung akan belajar nilai-nilai penting dalam suatu hubungan dengan cara berinteraksi dengan saudaranya. Di sisi lain, anak tunggal mungkin tidak memiliki pengalaman yang berharga semacam itu.

Sebagai gantinya, Anda lah yang harus menunjukkan nilai-nilai penting tersebut kepada anak dengan mengajarkan dan mencontohkan tentang bagaimana cara berkompromi, berbagi, menerima kemenangan dan kekalahan dengan bijak, serta menunjukkan perhatian kepada orang lain.

3. Jangan biarkan anak terlalu bergantung kepada Anda

Anak tunggal bisa bergantung secara berlebihan pada orang tuanya pada saat-saat tertentu. Kendati wajar bagi anak-anak untuk bergantung pada orang tua mereka, namun ketergantungan yang berlebihan bisa berujung tidak sehat.

Jadi, jangan biarkan anak tunggal Anda terlalu bergantung kepada Anda dan arahkan mereka untuk mengatasi masalah tertentu secara mandiri. Dengan memberikan otonomi kepada anak, itu akan membantunya untuk menangani konflik secara efektif serta mengajarkan mereka tentang tanggung jawab dan kemandirian.

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER