Keluarga

6 Tips Membantu Anak Balita Beradaptasi dengan Adik Baru Supaya Tidak Cemburu

6 Tips Membantu Anak Balita Beradaptasi dengan Adik Baru Supaya Tidak Cemburu

MOMSMONEY.ID - Berikut 6 tips membantu anak balita beradaptasi dengan adik baru supaya tidak cemburu.

Kelahiran bayi dalam suatu keluarga menuntut seluruh anggota keluarga untuk melakukan penyesuaian. Bagi anak-anak yang lebih besar, perubahan mendadak ini bisa membuat mereka iri dengan keberadaan sang adik. Kendati begitu, kecemburuan anak yang lebih besar terutama yang masih balita merupakan hal yang normal dan umum.

Meski tergolong normal dan umum, namun kecemburuan dapat mendorong anak untuk menyakiti adiknya yang masih bayi dengan cara mencubit, melemparnya dengan mainan, atau bahkan memukul secara langsung hanya untuk mendapatkan perhatian Anda.

Guna mencegah hal-hal semacam itu terjadi, maka membantu anak untuk melakukan penyesuaian setelah memiliki adik baru merupakan langkah penting yang harus Anda terapkan. Melansir Romper, inilah 6 tips yang patut Anda praktikkan untuk membantu anak balita Anda beradaptasi dengan adik baru supaya tidak cemburu.

Baca Juga: Terapkan 5 Cara untuk Menjaga Kesehatan Bayi Pada Musim Hujan

1. Buatlah anak merasa penting

Setelah adik mereka lahir, libatkan anak Anda dalam proses merawat sang adik. Dorong kasih sayang dari anak Anda yang lebih tua dengan meminta mereka untuk menyentuh jari atau meletakkan selimut di atas tubuh sang adik.

Dengan melibatkan anak Anda dalam proses pengasuhan adik mereka yang masih bayi, itu akan membuatnya merasa bangga menjadi saudara yang lebih tua sekaligus mendorong mereka untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama Anda.

2. Jangan paksa anak

Jangan menekan anak Anda yang lebih tua untuk langsung mencintai adik mereka yang baru lahir. Pasalnya, ikatan membutuhkan waktu untuk terjalin.

Jika Anda terus mendorong anak untuk segera mencintai adik bayi mereka, itu bisa mendorong anak menuju ke arah yang berlawanan. Jadi, pastikan Anda tetap sabar saat berusaha mendekatkan anak Anda yang lebih besar dengan saudara kecilnya.

3. Tetap konsisten pada rutinitas

Bayi baru lahir bisa menciptakan perubahan besar bagi saudaranya yang masih balita.

Dikarenakan ada banyak hal yang mungkin berubah setelah kelahiran anak termuda, maka sangat direkomendasikan bagi Anda sebagai orang tua untuk tetap menjaga jadwal kegiatan reguler anak yang lebih besar termasuk waktu bermain dan kelas ekstrakurikuler.

Baca Juga: Kenali 4 Tanda Anak Balita Sedang Merasa Stres, Orang Tua Harus Tahu!

4. Habiskan quality time berdua

Apabila memungkinkan, luangkanlah waktu Anda untuk dihabiskan bersama anak Anda yang lebih tua tanpa kehadiran si kecil yang masih bayi. Jika sulit, coba minta bantuan teman dekat atau anggota keluarga untuk menjaga anak bayi Anda selama Anda menghabiskan waktu bersama anak yang lebih besar atau minta mereka untuk menemaninya apabila Anda tidak bisa meninggalkan bayi Anda sama sekali.

Meskipun hanya 1 jam, namun waktu tersebut akan sangat berarti bagi anak Anda yang lebih tua sekaligus membuat mereka merasa tetap diperhatikan.

5. Buat anak merasa spesial

Lakukanlah hal-hal yang biasa Anda lakukan bersama anak Anda yang lebih tua bahkan setelah mereka memiliki adik bayi. Atau, Anda bisa memberikan mereka saran tentang aktivitas baru yang mungkin anak Anda sukai.

Sarankanlah berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti menjelajahi taman, membangun balok bersama, atau permainan lainnya yang bisa membangkitkan suasana hati anak Anda yang lebih besar.

6. Validasi perasaan anak

Setelah kelahiran adik bayi mereka, biarkan anak Anda yang lebih tua tahu bahwa Anda akan selalu ada untuk mendukung dan memahami mereka. Apabila anak Anda bertingkah, bernapaslah dalam-dalam dan ingatlah bahwa dunia mereka telah berubah semenjak kehadiran sang adik.

Anda harus bisa memvalidasi perasaan anak Anda yang lebih besar dan menggunakan kata-kata yang mendukung. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa Anda mampu mengerti mereka dengan baik.

Demikian 6 tips membantu anak balita beradaptasi dengan adik baru supaya tidak cemburu. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News