Keluarga

6 Tips Masak Dada Ayam Agar Lebih Empuk dan Matang Merata

6 Tips Masak Dada Ayam Agar Lebih Empuk dan Matang Merata

MOMSMONEY.ID - Mau tahu apa saja tips masak dada ayam yang paling mudah diikuti? Intip dulu artikel ini, yuk!

Dada ayam adalah salah satu jenis daging yang mengandung sedikit lemak. Dada ayam juga biasa dijadikan sebagai salah satu menu diet bergizi yang baik untuk tubuh.

Sayangnya, tak semua orang bisa memasak dada ayam. Terkadang, dada ayam yang dimasak terasa hambar, atau malah tak matang merata.

Untuk bisa mengatasinya, berikut Momsmoney telah merangkum beberapa tips masak dada ayam yang bisa Anda tiru. Melansir dari Eat This dan Today, berikut artikelnya.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Paha Ayam Agar Lebih Berbumbu, Meresap, dan Super Empuk

Marinasi dada ayam

Bumbu Marinasi Ayam

Tips masak dada ayam agar kaya rasa dan bumbunya dapat meresap sampai ke dalam adalah dengan memarinasinya terlebih dahulu.

Marinasi adalah tahapan penting yang tak boleh dilewatkan, sebab marinasi dapat meningkatkan cita rasa alami daging.

Bumbu marinasi dada ayam pun sebenarnya beragam, bisa dimarinasi dalam saus tiram, kecap asin, atau dengan pasta berisi campuran minyak zaitun, rempah, dan bawang putih yang ditumbuk menjadi satu.

Bumbu marinasi biasanya digosokkan ke seluruh bagian dada ayam dan dibiarkan selama beberapa jam sebelum dimasak. Tapi jangan lupa untuk selalu menusuk-nusuk dada ayam menggunakan garpu agar bumbu marinasi lebih mudah meresap sampai ke dalam.

Baca Juga: Aneka Tips Bikin Ayam Ungkep Jadi Empuk dan Bumbunya Meresap Sempurna

Belah dua dada ayam

Dada ayam

Tips masak dada ayam agar bisa matang merata ada pada teknik pemotongannya.

Dada ayam yang tebal cukup tricky. Jika Anda tak pintar mengolahnya, maka dada ayam tak akan matang secara merata.

Agar hal itu tak terjadi, maka pakailah teknik memotong ala kupu-kupu, yakni membelah dua bagian dada ayam sehingga bentuknya menjadi pipih dan menyerupai bentuk hati.

Menurut Sogno Jason Maynard, seorang koki eksekutif yang dilansir dari Eat This mengatakan bahwa dengan membelah dua dada ayam, maka dada ayam dapat matang lebih cepat & merata.

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

Rebus dada ayam

Dada ayam memang tak memiliki banyak lemak seperti bagian paha. Ini membuat dada ayam jadi tak seempuk paha ayam.

Namun, ada sedikit tips masak dada ayam agar hasilnya tetap juicy, yakni dengan merebusnya.

Merebus dada ayam membuat daging jadi lebih lembap dan kaldu yang keluar dapat meresap kembali ke dalam daging sehingga membuat dada ayam terasa lebih gurih dan sedap.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Daging Ayam Segar Sebelum Membeli

Gunakan teknik brining

Brining Daging

Tips masak dada ayam agar lebih empuk, juicy, serta lebih beraroma bisa menggunakan teknik brining.

Caranya adalah dengan merendam dada ayam ke dalam air garam. Bisa juga dengan membalurkan garam kasar ke permukaan dada ayam tersebut.

Teknik brining sebenarnya bisa dilakukan terhadap berbagai jenis daging, baik itu ayam, sapi, ikan, kambing, hingga babi.

Setelah merendam dada ayam dalam air garam, diamkan selama 1-2 jam. Disarankan jika dada ayam yang dibrining adalah dada ayam tanpa tulang.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Masak dengan kulitnya

Mau bikin dada ayam jadi tak hambar? Cobalah masak dada ayam bersama kulitnya.

Kulit dada ayam memiliki lemak sehingga jika dimasak bersama, maka dada ayam jadi lebih kaya akan rasa dan nutrisi. Tenang, kulit yang menempel pada dada ayam ini mengandung lemak tak jenuh, protein, dan glisin.

Kulit pada dada ayam membantu ayam jadi tetap lembap & juicy karena ada bagian lemak yang menempel. Jika tak mau mengonsumsi kulitnya, lepas bagian kulit hanya jika ayam sudah matang.

Baca Juga: Kerap Berbau Tengik, Ikuti 6 Cara Cegah Nasi Basi dalam Rice Cooker

Gunakan wajan panas

Tips masak dada ayam agar renyah di luar dan empuk di dalam adalah dengan memanggangnya pada wajan panas. Ini membuat dada ayam bagian luar jadi kecoklatan. Efek inilah disebut sebagai reaksi Maillard.

“Reaksi Maillard itu sendiri merupakan reaksi yang terjadi antara asam amino dan gula pereduksi saat kita membakar makanan," kata koki eksekutif NoMo SoHo Evan Bergman yang dilansir dari Eat This.

Baca Juga: 4 Tips Mengawetkan Makanan Bersantan Sisa Lebaran Agar Tak Cepat Basi

Jangan lupa ukur suhu internal dada ayam dan pastikan suhu internalnya mencapai 74 derajat Celcius untuk memastikan bahwa dada ayam telah matang sempurna.

Itulah beberapa tips masak dada ayam agar hasilnya lebih matang merata, juicy, dan kaya akan rasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News