Keluarga

6 Tips Makeup Anti Pudar yang Layak Anda Coba

6 Tips Makeup Anti Pudar yang Layak Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Mencegah makeup supaya tidak gampang pudar tak semata tentang menggunakan produk makeup dengan harga selangit atau menghindari aktivitas outdoor. Lebih dari itu, para pecinta makeup juga perlu menerapkan teknik ber-makeup yang tepat agar makeup yang dihasilkan awet dan tidak gampang pudar.

Tidak serumit yang dibayangkan, ternyata mencegah makeup supaya tidak gampang pudar tergolong sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa pun bahkan oleh Anda yang masih pemula dalam hal ber-makeup lho.

Dijamin awet berjam-jam, inilah 6 tips makeup yang patut Anda praktikkan untuk mencegah makeup menjadi gampang pudar sebagaimana dilansir dari Allwomenstalk.

Baca Juga: Cobain 5 Cara Mudah Detoks Wajah di Rumah

1. Cuci muka sebelum makeup

Salah satu cara termudah untuk mencegah makeup gampang pudar adalah dengan mencuci muka sebelum menggunakan produk makeup apapun. Jika kulit Anda kering, Anda bisa melewatkan tahapan ini atau cukup bilas wajah Anda dengan air.

Namun, jika Anda memiliki kulit kombinasi atau berminyak, sempatkanlah untuk mencuci muka Anda sebelum ber-makeup dengan menggunakan produk pembersih yang lembut. Langkah ini penting untuk memastikan Anda tidak menggunakan produk makeup di atas kulit yang berminyak.

2. Pakai primer

Primer menjadi produk makeup yang tidak boleh Anda lewatkan penggunaannya jika menginginkan hasil makeup yang tidak gampang pudar. Selain mampu menciptakan kanvas yang halus pada kulit, primer juga dapat membantu makeup bertahan lebih lama.

Pilihlah primer yang bisa mengaburkan pori-pori, memiliki finish matte, dan sebisa mungkin mengandung sunscreen. Dengan begini, hasil makeup Anda akan terlihat jauh lebih mulus sekaligus tidak gampang pudar. Yang tak kalah penting, penggunaan primer juga akan meminimalkan masalah pori-pori tersumbat dengan cara menciptakan penghalang antara kulit dan makeup.

3. Pilih produk makeup mata dengan formula waterproof

Apabila area mata Anda cenderung berminyak dan membuat makeup mata Anda tampak licin, maka Anda patut mencoba produk makeup mata dengan formula waterproof atau tahan air terutama maskara dan eyeliner. Kendati lebih sulit dibersihkan, namun maskara dan eyeliner waterproof terbilang efektif untuk membantu makeup Anda senantiasa terlihat menyala.

Untuk eyeshadow, Anda bisa menggunakan powder eyeshadow alih-alih eyeshadow berbentuk krim atau cair. Pasalnya, eyeshadow berbentuk krim atau cair cenderung lebih licin dan gampang pudar saat terkena keringat.

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Teh Hijau yang Menakjubkan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

4. Hindari produk minyak

Apapun yang terjadi, hindarilah foundation yang mengandung minyak jika tidak ingin makeup Anda menjadi gampang pudar. Sebagai gantinya, prioritaskan foundation dengan formula bebas minyak guna membantu makeup bertahan lebih lama sekaligus menjaga kulit tetap matte. Untuk pemilik kulit kering, Anda bisa memilih foundation dengan formula yang menghidrasi dan tahan lama.

Setelah memastikan foundation mengering usai diaplikasikan, taburkanlah sedikit bedak ke seluruh wajah Anda untuk mengunci foundation agar tidak bergeser.

5. Aplikasikan produk dengan formula stain

Apakah Anda sering merasa pigmentasi dari blush on atau lipstick yang Anda pakai cepat memudar? Jika benar demikian, sudah saatnya Anda mencoba produk blush on atau lipstick yang memiliki formula stain. Ini akan memberikan warna yang tidak hanya indah tetapi juga menonjol dan tahan lama.

Moms, apabila Anda tidak suka menggunakan produk blush on dengan formula stain, Anda bisa mengaplikasikan blush on berbentuk krim atau gel. Setelah mengering, baurkan bedak di atasnya kemudian tambahkan blush on berbentuk powder untuk memaksimalkan pigmentasi pada area pipi Anda.

6. Gunakan finishing spray

Langkah terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan untuk menciptakan makeup yang tidak gampang pudar adalah menggunakan finishing spray. Setelah Anda menerapkan semua riasan, semprotkan finishing spray atau setting spray ke seluruh wajah Anda agar makeup tetap menempel dengan baik pada kulit.

Bagi Anda yang memiliki kulit bertipe oily skin, pilihlah produk finishing spray yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak guna membantu mengontrol minyak sekaligus menjaga makeup tetap awet selama berjam-jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News