Keluarga

6 Tips Jitu Mengatasi Kelelahan Akut Setelah Seharian Bekerja

6 Tips Jitu Mengatasi Kelelahan Akut Setelah Seharian Bekerja

MOMSMONEY.ID - Sedang merasa tak bersemangat karena kelelahan? Coba terapkan beberapa tips jitu mengatasi kelelahan akut setelah seharian beraktivitas.

Kelelahan akut dapat dialami oleh siapapun. Kelelahan dapat dirasakan akibat banyak hal, di antaranya karena aktivitas yang terlalu padat, kurang tidur, burnout, hingga kelelahan mental.

Agar kelelahan akut tak membuat aktivitasmu terganggu, coba atasi dengan sederet tips berikut ini. Melansir dari Sariwangi, Very Well Mind, dan WebMD, ini dia artikelnya.

Berendam air hangat

Mengatasi rasa lelah akut bisa dilakukan dengan berendam. Berendam menggunakan air hangat mampu membuat otot-otot tubuh yang tegang jadi mengendur.

Selain itu, berendam air hangat juga dapat meredakan pegal-pegal di seluruh tubuh. Jangan lupa untuk menggunakan sedikit essential oil agar tubuhmu semakin rileks.

Caranya, tambahkan 1 cup garam Epsom & 7 tetes minyak esensial untuk membuat pengalaman mandi anda jadi lebih menenangkan.

Baca Juga: Kelelahan? Konsumsi 4 Makanan yang Bantu Percepat Pulihkan Energi yang Hilang

Pijat

Pijat adalah cara terbaik mengatasi kelelahan akut setelah seharian beraktivitas.

Pijat tubuh memiliki fungsi yang sama baiknya seperti berendam dalam air hangat, yakni dapat membuat otot tubuh mengendur, sekaligus meredakan rasa lelah akut.

Baca Juga: Waktu Haid Tidak Teratur? Konsumsi 5 Makanan yang Dapat Memperlancar Haid

Minum teh panas

Secangkir teh

Tahukah Anda, secangkir teh panas dapat meredakan kelelahan, stres, dan kecemasan yang dialami? Teh panas juga mampu membuat tubuh semakin rileks karena mengandung L-theanine di dalamnya.

Aroma khas yang keluar dari secangkir teh panas dapat merangsang tubuh & pikiran jadi lebih fresh.

Disarankan untuk mengonsumsi jenis teh seperti teh hijau, teh hitam, teh lavender, ataupun teh melati.

Baca Juga: Asli Lokal, Inilah 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Tak Ada di Negara Lain

Lakukan sesuatu yang disukai

Menghadiakan diri sendiri dengan sesuatu yang disukai merupakan cara tepat mengatasi rasa lelah akut.

Coba cari apa yang Anda sukai, kemudian lakukan hal tersebut setelah beraktivitas. Meski Anda merasa sangat lelah, namun melakukan sesuatu yang disukai membuat Anda jadi lebih termotivasi.

Ajak ngobrol hewan peliharaan

Tips jitu mengatasi kelelahan akut bisa dilakukan dengan mengajak ngobrol hewan peliharaan.

Hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan dapat membantu menghilangkan gejala stres dan kelelahan akut. Caranya dengan mengajak ngobrol & bermain bersama. Hewan akan senang apabila diajak main. Rasa senang itu akan “menular” pada manusia sehingga penat akan hilang dalam sekejap.

Baca Juga: 7 Street Food Jepang yang Jarang Didengar, Wajib Anda Coba Saat Berlibur ke Jepang

Minum pil minyak ikan

Pil minyak ikan tak hanya baik untuk jantung, tapi juga dapat mengatasi rasa lelah akut setelah seharian beraktivitas.

Kandungan Omega-3 yang tinggi dapat meningkatkan suasana hati & meningkatkan kewaspadaan.

Studi tahun 2009 oleh para ilmuwan di Universitas Siena Italia yang dilansir dari WebMD membuktikan bahwa para sukarelawan yang mengonsumsi pil minyak ikan selama 21 hari berturut-turut menunjukkan reaksi mental yang lebih baik, serta membuat tubuh jadi bersemangat.

Itulah sederet tips jitu mengatasi rasa lelah akut setelah seharian bekerja dan beraktivitas. Coba tiru tips di atas, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News