HOME, Keluarga

6 Tips Dekorasi Natal di Rumah, Hadirkan Suasana Meriah dan Ceria!

6 Tips Dekorasi Natal di Rumah, Hadirkan Suasana Meriah dan Ceria!

MOMSMONEY.ID - Bulan Desember sudah tiba! Bulan yang satu ini memang identik dengan suasana liburan dan perayaan, khususnya hari Natal di tanggal 25 nanti.

Untuk menyambut hari Natal dan memberikan suasana festive yang meriah, tidak ada salahnya untuk mulai mendekorasi rumah dengan tema Natal di awal bulan ini.

Tentunya, supaya kegiatan dekorasi bisa berjalan lancar dan menghasilkan tampilan rumah yang cantik, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Jadi, apa saja yang perlu dilakukan sebelum dan saat mendekorasi rumah untuk hari Natal? Dirangkum dari Lowe’s Canada dan organisemyhouse.com, berikut tipsnya.

Baca Juga: WFH Makin Nyaman, Berikut Tips Menata Area Home Office di Rumah

Rencanakan dekorasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah merencanakan dekorasi dengan matang. Rencanakan seperti apa tampilan dekorasi di rumah. Hal ini bisa membantu Anda menentukan barang apa saja yang diperlukan untuk dekorasi.

Lalu, Anda bisa mencatat pernak-pernik dekorasi apa saja yang sudah Anda miliki di rumah. Lalu, periksa apakah dekorasi tersebut sudah rusak atau perlu diganti. Jadi, Anda tahu barang apa saja yang perlu dibeli untuk melengkapi dekorasi yang sudah ada di rumah.

Selain memudahkan Anda saat mendekorasi rumah, melakukan perencanaan dengan matang juga dapat membantu Anda mengontrol pengeluaran saat berbelanja dekorasi Natal. Pastikan Anda hanya membeli barang-barang yang diperlukan, ya!

Tidak perlu berlebihan

Saat mendekorasi rumah untuk Natal, mungkin Anda tergoda untuk mendekorasi setiap sudut rumah. Hal ini dapat membuat rumah Anda terasa ramai dan berantakan, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Solusinya, gunakan prinsip less is more (lebih sedikit lebih baik). Fokus pada satu area tertentu, misalnya ruang keluarga. Lalu, gunakan satu atau dua dekorasi sebagai focal point pada area tersebut.

Misalnya, Anda bisa menggunakan pohon Natal sebagai titik fokal pada ruangan tersebut. Setelahnya, barulah Anda mendekorasi ruangan dengan pernak-pernik kecil yang tidak terlalu mencolok.

Tentukan tema atau warna tertentu

Menentukan tema atau palet warna tertentu untuk dekorasi Natal bisa membantu Anda mewujudkan dekorasi yang terlihat serasi atau harmonis.

Dalam menentukan warna-warna yang akan digunakan, cukup berfokus pada 2 atau 3 warna supaya dekorasi tidak terlihat berlebihan. Anda bisa memilih warna hijau dan merah untuk kesan festive yang klasik, atau gunakan warna perak dan emas untuk dekorasi Natal yang elegan dan timeless.

Baca Juga: Mencari Inspirasi Rumah Minimalis Warna-Warni? Tengok 4 Akun Instagram Ini

Gunakan pohon Natal yang tepat

Pohon Natal merupakan salah satu barang dekorasi Natal yang wajib ada dan menjadi pusat perhatian dari seluruh dekorasi ruangan. Jadi, Anda perlu memilih dan menggunakan pohon yang tepat supaya dekorasi Anda tidak terlihat kacau.

Misalnya, pilihlah pohon Natal dengan ukuran yang tepat dan sesuai dengan luas ruangan di rumah. Jika perlu, ukurlah luas ruangan untuk menentukan ukuran pohon Natal yang tepat. Selain itu, Anda bisa memilih pohon Natal asli atau tiruan sesuai dengan selera.

Baca Juga: 4 Inspirasi Rumah Bergaya Vintage yang Klasik dan Cozy

Gunakan beragam sumber pencahayaan

Dekorasi Natal identik dengan beragam pencahayaan yang cantik. Jadi, untuk mewujudkan kesan festive yang maksimal di rumah Anda, coba gunakan teknik lighting layering dengan beragam sumber pencahayaan yang berbeda.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan string lights atau lampu Tumblr yang dikombinasikan dengan lilin untuk menciptakan tampilan ruangan yang hangat dan nyaman.

Bersihkan rumah sebelum mulai mendekorasi

Hal terakhir ini memang terdengar sepele, tapi dampaknya sangat besar pada proses dekorasi Natal di rumah Anda.

Dengan membersihkan rumah secara menyeluruh sebelum mulai mendekorasi, rumah akan terasa lebih rapi dan lapang sehingga Anda bisa mendekorasi rumah dengan lebih nyaman. Selain itu, Anda juga dapat membersihkan dekorasi Natal dengan lebih mudah nantinya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mendekorasi rumah untuk hari Natal. Bagaimana, tidak sulit kan? Selamat mempraktikkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News