Santai

6 Tips Cara Mencegah dan Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik

6 Tips Cara Mencegah dan Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa cara alami untuk mencegah mabuk ketika melakukan perjalanan mudik jarak jauh.

Mabuk perjalanan tentu bisa saja terjadi saat seseorang melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik.

Tak jarang, banyak orang yang kemudian mencari-cari cara untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan saat mudik.

Bagi yang sedang mencari cara alami untuk mengatasi dan mencegah mabuk saat perjalanan mudik, berikut caranya:

Baca Juga: Bikin Mudik Jadi Asik, Ini Cara Mudah Download Tontonan di Netflix

Konsumsi peppermint

Ketika mulai merasakan mual, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung peppermint.

Health Line menyarankan untuk mengonsumsi permen, permen karet, atau teh yang memiliki kandungan peppermint atau mint di dalamnya.

Sebab, kandungan herbal seperti peppermint dan chamomile bisa membantu meredakan gejala mabuk perjalanan, memberikan efek tenang, dan menghidrasi tubuh.

Makanan kering

Untuk mengatasi mabuk perjalanan, siapkan juga beberapa jenis makanan kering yang tidak memiliki bau menyengat.

Makanan tersebut bisa menjadi perut untuk tetap terisi dan tidak kosong yang bisa memicu munculnya rasa mabuk selama perjalanan mudik.

Contohnya, makanan ringan crackers, sereal, atau jenis makanan kering lainnya.

Baca Juga: 6 Hal Penting Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik

Siapkan jahe hangat

Apabila memiliki waktu yang memungkinkan, cobalah untuk menyiapkan minuman hangat seperti jahe. Jahe merupakan pengobatan herbal alami yang dipercaya bisa membantu meredakan gangguan pada perut.

Jahe bisa membantu meredakan mual pada perut yang biasanya muncul sebagai gejala saat mabuk perjalanan. Sebab, kandungan gingerol, paradol, dan shogaol pada jahe.

Hindari membaca

Jika sering mengalami mabuk perjalanan, maka coba hindari juga untuk membaca atau melakukan aktivitas yang menggunakan laptop seperti bekerja.

Laman Very Well Health menjelaskan, aktivitas tersebut membutuhkan keseimbangan tinggi terutama ketika dalam perjalanan. Kemudian, bisa memicu timbulnya rasa mual dan mabuk selama perjalanan.

Baca Juga: Ingin Mudik Lebaran Aman dan Nyaman? Coba 4 Tips Mudik Ini Saja

Hindari banyak menggerakkan kepala

Menggerakkan kepala dengan cepat dan tiba-tiba dalam perjalanan juga bisa memicu timbulnya mabuk perjalanan. Coba hindari beberapa aktivitas yang menggerakkan kepala dengan konstan seperti memutar kepala dan sebagainya.

Jika memungkinkan, gunakan penyangga kepala atau sandarkan kepala pada sandarannya untuk menjaga kondisi kepala yang stabil dan tenang. Tidur pun juga disarankan agar terhindar dari mual atau mabuk perjalanan.

Hindari makanan berikut

Selain makanan menyengat, hindari juga untuk mengonsumsi makanan pedas, berminyak, berlemak, dan makanan yang terlalu manis untuk mencegah mabuk.

Selain itu hindari juga mengonsumsi kopi dan alkohol jika ingin terhindar dari mabuk perjalanan. Jangan terlalu banyak konsumsi makanan yang digoreng, sebaiknya konsumsi makanan yang hangat dan berkuah saja.

Itulah tadi cara alami untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan saat mudik. Pastikan untuk menjaga perut tetap terisi dengan air putih dan makan dalam porsi kecil juga, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News