Keluarga

6 Rutinitas Penting Setelah Berhubungan Seks yang Tidak Boleh Dilewatkan Pasutri

6 Rutinitas Penting Setelah Berhubungan Seks yang Tidak Boleh Dilewatkan Pasutri

MOMSMONEY.ID - Tidak boleh dilewatkan pasutri, ini 6 rutinitas penting setelah berhubungan seks.

Selain menerapkan rutinitas yang disarankan sebelum memulai hubungan seksual, pasangan suami istri juga patut mengetahui rutinitas apa saja yang dianggap penting setelah berhubungan seks.

Dengan mengetahui dan mempraktikkan rutinitas penting tepat setelah berhubungan seks, bisa memperpanjang keintiman dan meningkatkan kesehatan seksual yang optimal.

Melansir HuffPost, ada beberapa rutinitas penting setelah berhubungan seksual yang didukung oleh para ahli. Simak baik-baik, berikut rutinitas-rutinitas tersebut:

Baca Juga: Bikin Kulit Awet Muda, Ini 6 Manfaat Tidur di Ruangan Gelap yang Patut Anda Biasakan

1. Buang air kecil

Menurut seorang sex coach bersertifikat Sunny Rodgers, buang air kecil setelah berhubungan seks merupakan suatu keharusan.

Buang air kecil setelah berhubungan seks akan membersihkan area kemaluan dan kandung kemih sekaligus membantu menghilangkan bakteri atau racun.

Jika Anda berniat untuk mandi sebentar, gunakan waslap bersih, sabun yang lembut tanpa pewangi, dan air hangat.

Langkah kebersihan seperti ini penting untuk memastikan kenyamanan dan mencegah infeksi saluran kemih yang menyakitkan. Pastikan untuk mencuci area kemaluan Anda dari depan ke belakang ya.

2. Pakai pakaian dalam yang nyaman

Setelah bersih-bersih, pakailah pakaian dalam yang nyaman serta mampu membuat kulit Anda tetap bernapas.

Adapun bahan pakaian dalam terbaik yang memungkinkan kulit Anda tetap bernapas adalah kapas.

Termasuk serat alami, kapas memiliki sifat hypoallergenic, menyerap, dan tidak akan mengiritasi area paling sensitif yang rentan terhadap peningkatan sensitivitas dan kelembaban setelah berhubungan seks.

3. Mengobrol bersama pasangan

Setiap kali berhubungan seks dengan pasangan, oksitosin atau hormon cinta akan dilepaskan.

Menurut seorang psikoterapis dan terapis seks Chamin Ajjan, hormon ini akan menciptakan perasaan dekat antara pasangan.

Supaya tetap terhubung dengan pasangan dan tercipta lebih banyak keintiman, usahakan untuk mengobrol bersama pasangan setelah berhubungan seks.

Bicarakan hal-hal seperti harapan, impian, apa yang ingin Anda lakukan dengan pasangan, atau apapun yang penting bagi Anda.

Baca Juga: 6 Tips Berhubungan Seks Setelah Melahirkan biar Tidak Terasa Sakit

4. Tertawa bersama pasangan

Tepat setelah berhubungan seks, disarankan untuk menjaga diri Anda dalam pola pikir yang menyenangkan dan terhubung dengan sedikit humor.

Coba ceritakan lelucon klise dan konyol kepada pasangan guna memperpanjang waktu keintiman. Waktu ekstra ini akan menjadi sangat penting jika salah satu pasangan gemar pergi terlalu cepat setelah berhubungan seks.

Tak hanya mampu memperpanjang keintiman, aktivitas yang penuh canda tawa setelah berhubungan seks juga dapat meningkatkan kesehatan Anda.

5. Saling memuji

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari hubungan seksual di masa depan, penting untuk mengungkapkan secara verbal perihal apa yang Anda dan pasangan sukai.

Mumpung oksitosin masih tinggi setelah berhubungan seks, Karla Ivankovich selaku terapis pasangan dan konselor klinis menyarankan untuk berbagi pujian satu sama lain.

Jangan ragu juga untuk saling berbagi cerita tentang apa yang benar-benar dinikmati selama berhubungan seks, baik secara fisik maupun emosional.

Bahkan jika Anda tidak mencapai orgasme, tetap terhubung secara emosional dan berkomunikasi satu sama lain memungkinkan kebutuhan seksual Anda atau pasangan terpenuhi di hari-hari berikutnya.

6. Minum air

Sebelum memulai hubungan seks, ambilah sebotol air dan taruh di meja samping tempat tidur.

Minum air minimal 8 ons atau 240ml setelah berhubungan seks dapat membantu Anda terhidrasi sekaligus menjaga tingkat energi.

Kebiasaan minum air setelah berhubungan seks juga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari saluran kemih.

Itulah 6 rutinitas penting setelah berhubungan seks yang tidak boleh dilewatkan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News