HOME, Keluarga

6 Rekomendasi Warna Cat Dinding yang Ampuh Bikin Ruang Tamu Terasa Sejuk

6 Rekomendasi Warna Cat Dinding yang Ampuh Bikin Ruang Tamu Terasa Sejuk

MOMSMONEY.ID - Ruang tamu merupakan ruangan atau area pertama yang dilihat seseorang ketika memasuki suatu rumah. Jadi, masuk akal bila ruang tamu harus didesain dan didekorasi senyaman mungkin.

Nah, salah satu cara untuk menghadirkan rasa nyaman tersebut adalah dengan menggunakan warna cat dinding yang tepat.

Di antara warna-warna cat dinding yang tersedia di pasaran, warna-warna sejuk umumnya populer untuk menghadirkan kesan kalem dan nyaman di dalam rumah, terutama ruang tamu.

Warna apa sajakah yang dimaksud? Dirangkum dari Bobvila dan bhg.com, berikut rekomendasi warna cat dinding sejuk yang bisa Anda gunakan untuk ruang tamu di rumah.

Baca Juga: Ini Tips Mudah Mendekorasi Ruang Tamu Minimalis Supaya Lapang dan Nyaman

Biru

Ketika membicarakan warna sejuk, warna biru pasti termasuk warna pertama yang muncul di pikiran Anda. Warna yang satu ini memang identik dengan kesan sejuk yang menenangkan, sehingga banyak digunakan untuk ruangan yang membutuhkan suasana rileks.

Anda bisa menggunakan warna biru favorit Anda sebagai warna cat ruang tamu, mulai dari biru tua hingga biru muda yang lembut. Atau, gunakan warna biru dengan campuran hijau untuk kesan ruang tamu yang lebih segar.

Hijau

Selain warna biru, warna hijau juga kerap digunakan untuk interior rumah yang membutuhkan kesan menenangkan. Warna hijau identik dengan warna alam, sehingga akan memberikan kesan segar yang nyaman ke dalam ruang tamu.

Untuk memaksimalkan kesan rileks tersebut, sebaiknya gunakan warna hijau yang lembut seperti sage green atau mint green. Atau, seperti poin sebelumnya, gunakan warna biru kehijauan supaya ruang tamu terlihat sejuk dan segar.

Ungu

Jika Anda menginginkan warna sejuk yang tidak umum untuk ruang tamu, coba gunakan warna ungu muda atau ungu pucat seperti lavender dan lilac.

Penggunaan warna ungu bisa memberikan kesan manis sekaligus elegan tanpa terlihat kekanak-kanakan. Supaya ruang tamu Anda terlihat lebih kalem, coba gunakan warna ungu muda dengan campuran warna biru yang sejuk.

Baca Juga: Yuk Cermati, Ini Kriteria Rumah Sehat dari Kementerian PUPR

Putih

Putih merupakan warna netral yang klasik dan mudah dipadukan dengan gaya interior apa saja. Karena terkesan netral dan bersih, warna putih bisa menghadirkan kesan sejuk dan rileks ke dalam ruang tamu.

Jika Anda khawatir warna putih akan terasa terlalu terang, coba gunakan warna putih yang memiliki campuran warna sejuk lainnya, misalnya warna biru muda atau abu-abu muda.

Baca Juga: Ide Desain Taman Minimalis yang Mewah, Terlihat Cantik dan Bikin Betah!

Abu-abu muda

Sama seperti warna putih, warna abu-abu merupakan warna netral yang mudah dipadukan dengan warna dan gaya interior apa saja. Selain itu, warna ini bisa menjadi alternatif bila Anda kurang menyukai warna putih yang terlalu terang atau warna hitam yang terlalu gelap.

Supaya ruang tamu Anda terasa sejuk tanpa terkesan suram, sebaiknya gunakan warna abu-abu muda atau abu-abu pucat yang lebih terang.

Taupe

Terakhir, ada warna taupe yang merupakan warna campuran coklat dan abu-abu. Warna ini bisa memberikan kesan sejuk, tapi tetap terlihat netral dan klasik.

Anda bisa menggunakan variasi warna taupe yang diinginkan, mulai dari warna gelap hingga terang. Warna taupe gelap akan memberi kesan elegan dan kaya, sedangkan warna taupe muda akan terasa airy dan lapang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News