HOME, Keluarga

6 Ras Anjing Penjaga Terbaik yang Bisa Dijadikan Hewan Penjaga Rumah

6 Ras Anjing Penjaga Terbaik yang Bisa Dijadikan Hewan Penjaga Rumah

MOMSMONEY.ID - Secara alami, anjing memiliki naluri untuk bersikap loyal dengan seseorang yang mengurusnya. Mereka bahkan akan siap menjadi anjing penjaga yang tidak kenal takut, kuat, dan waspada.

Ada banyak ras anjing yang bisa dipelihara. Akan tetapi, tak semua ras anjing cocok untuk dijadikan anjing penjaga (guard dogs). Mereka mungkin pemberani, tetapi ciri khas dan karakteristiknya berbeda.

Anjing penjaga juga harus terlatih dengan baik agar mereka tahu kapan harus melindungi Anda. Nah, berikut rekomendasi 6 jenis ras anjing penjaga terbaik.

Baca Juga: Selain Cerdas dan Berani, Ini 5 Sifat Umum Anjing Peliharaan

Doberman Pinscher

Anjing doberman pinscher adalah anjing penjaga yang dikenal tidak bersahabat. Akan tetapi, bila dia dilatih dan diperhatikan dengan baik oleh pemiliknya, dia bisa menjadi anjing penjaga yang setia dan bersahabat.

Doberman pinscher memiliki tubuh berukuran sedang, tegap, dan berotot. Kepalanya panjang dengan moncong yang lancip, sama juga dengan telinganya. Anjing Doberman sangat antusias, super energik, dan staminanya luar biasa.

Secara umum, mereka membutuhkan interaksi dan kepemimpinan manusia. Mereka pintar dan mudah dilatih. Jika Anda berhasil, anjing ini akan menjadi pengawas dan penjaga yang luar biasa. 

Sayangnya, tak sembarang orang bisa cocok dengan anjing ini, sebab mereka membutukan pemilik yang bisa menjadi alphanya. Seorang pemula juga perlu beradaptasi sebelum menjadi pemilik doberman pinscher. 

German Shepherd (Herder)

Anjing german shepherd biasa dikenal juga dengan sebutan anjing herder. Ras ini memiliki kepala yang lebar, melancip, dan moncong yang tajam. Tingginya mencapai 60-65 cm dan berat hingga 40 kg. Bulunya tebal dan kasar dan bisa berwarna hitam, cokelat, serta kombinasi keduanya.

Anjing herder dikenal sebagai anjing yang agresif dan pemberani. Meski memiliki tampang menyeramkan, anjing herder adalah anjing yang sangat setia. Mereka pintar, sehingga bila dilatih dengan tepat, mereka bisa menjadi anjing yang patuh dan dapat melindungi Anda.

Boerboel

Boerboel awalnya merupakan anjing petani yang dipekerjakan di pemukiman Belanda, Jerman, dan Huguenot Afrika Selatan pada pertengahan 1600-an. Anjing ini memiliki penampilan tubuh besar berotot yang tingginya bisa mencapai 70 cm dan berat hingga 95 kg.

Anjing ini memiliki rambut pendek yang halus berwarna cokelat, belang-belang, dan sebagainya. Anjing ini sangat baik hidup bersama sebagai satu keluarga.

Dilansir dari AKC.com, ras ini diciptakan untuk menjadi pelindung keluarga. Mereka peka dan cukup pintar untuk memberi tahu teman dan memberikan isyarat perlindungan dari musuh yang diwaspadainya.

Mereka cukup waspada dengan hal-hal yang asing. Mereka anjing yang kuat, tetapi juga jinak.

Baca Juga: Yuk, Coba 4 Cara Mudah Ini untuk Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan di Rumah!

Akita

Anjing akita adalah salah satu ras anjing Jepang tertua. Zaman dahulu, mereka dipekerjaan untuk membantu manusia berburu. Dari penampilannya, anjing akita mencerminkan kemampuan adaptasinya terhadap cuaca dingin. Tubuh akita jantan memiliki tinggi 64-70 cm, sedangkan betina memiliki tinggi 58-64 cm. Rata-rata beratnya bisa mencapai 50 kg.

Jika Anda mengenal kisah anjing Hachiko, Anda pasti tahu seberapa besar kesetiaan anjing ini kepada tuannya. Tak hanya setia, anjing Akita juga memiliki insting protektif yang kuat untuk melindungi tuannya.

Anjing akita tak terbiasa hidup berkelompok, maka tak heran jika anjing akita tak begitu ramah dengan anjing lain yang tinggal bersamanya.

Beauceron

Sama seperti anjing boerboel, anjing beauceron juga dipekerjakan sebagai anjing penggembala. Secara fisik, penampilannya sama seperti doberman. Tubuh beauceron jantan mencapai 65-70 cm dan 61-68 cm untuk betina, berat rata-ratanya 40-50 kg.

Anjing ini memiliki kepala yang memanjang, tengkorak datar, dan agak bulat. Ekornya panjang, tetapi tidak sampai menyentuh tanah.

Beauceron memiliki kekuatan yang besar, tetapi mereka sangat sensitif. Wajahnya memang sangar, tetapi mereka memiliki kasih sayang yang tinggi dan loyalitas kepada pemiliknya. Sifat protektifnya yang dominan menjadikannya anjing penjaga terbaik.

Belgian Malinois

Anjing Belgian malinois sejak dulu menjadi anjing gembala dan penjaga ternak. Tubuhnya memiliki ukuran sedang ke besar. Jantan berukuran 61-66 cm, sedangkan betina 56-61 cm. Berat rata-ratanya 25-30 kg.

Dilansir dari Wikipedia.org, malinois memiliki penampilan bervariasi. Warna murninya adalah dasar cokelat kekuningan sampai hitam kemerahan dan cokelat dengan hitam. Namun, malinois belgia memiliki bulu rambut yang lebih panjang dan lebih gelap dari malinois biasa.

Malinois memiliki watak yang bersahabat, protektif, dan cerdas. Mereka cepat belajar, sehingga akan cepat menjadi anjing yang patuh dan loyal terhadap pemiliknya.

Namun, mereka dapat mengembangkan perilaku merusak atau perilaku neurotik jika tidak diberikan stimulasi dan olahraga yang cukup. Anda perlu sering-sering menjagaknya berjalan-jalan dan bermain. 

Selanjutnya: Anjing Peliharaan Anda Penakut? Ini Beberapa Cara untuk Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News