Keluarga

6 Penyebab Kulit Terlihat Pucat, Salah Satunya Stres

6 Penyebab Kulit Terlihat Pucat, Salah Satunya Stres

MOMSMONEY.ID - Setiap orang tentu memiliki warna kulitnya masing-masing. Namun, seiring berjalannya waktu, warna alami kulit bisa berubah akibat faktor eksternal atau gaya hidup tidak sehat. Selain berubah menjadi kusam, kulit juga bisa terlihat pucat dan tidak bernyawa.

Berbicara tentang kulit pucat, ada beberapa hal spesifik yang bisa menyebabkan kulit menjadi terlihat pucat.

Lebih jelasnya, berikut 6 penyebab kulit terlihat pucat yang perlu Anda tahu sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: 5 Biji-Bijian Ini Bagus untuk Kulit, Yuk Catat!

1. Anemia

Alasan paling umum mengapa kulit terlihat pucat adalah anemia atau kadar hemoglobin yang rendah.

Ketika sel darah merah dalam tubuh Anda berhenti membuat oksigen yang cukup, Anda mungkin akan merasa jauh lebih lelah. Seiring waktu, kulit pun akan terlihat semakin pucat karena tidak mendapatkan cukup oksigen.

2. Kekurangan vitamin

Alasan utama lainnya mengapa kulit terlihat pucat yaitu kekurangan vitamin penting seperti vitamin D3, B12, dan kalsium.

Jika kadar vitamin tersebut sangat rendah dalam tubuh Anda, itu akan memengaruhi kulit Anda dan membuatnya terlihat pucat. Hal ini juga akan membuat penampilan Anda secara keseluruhan tampak sangat lelah.

3. Kebiasaan merokok

Merokok bisa menyebabkan vasokonstriksi atau kapiler yang membawa darah ke berbagai bagian dan organ tubuh mengalami penyempitan akibat nikotin. Akibatnya, kulit akan terlihat kusam karena tidak mendapatkan suplai darah serta oksigen yang cukup.

Selain itu, kurangnya suplai darah juga akan membuat kulit tidak mendapatkan banyak nutrisi penting yang seharusnya dikirim ke kulit. Lama-kelamaan, kulit akan tampak kusam dan pucat.

4. Dehidrasi

Tidak minum air dengan cukup merupakan penyebab lain dari kulit yang terlihat pucat. Saat Anda jarang minum air dalam jumlah yang tepat, kandungan air dalam tubuh Anda akan berkurang dan menyebabkan kulit menjadi kering. Jika kulit dibiarkan terlalu kering dan dehidrasi, kulit pun akan kehilangan warna alaminya dan berubah menjadi pucat.

Guna mencegah kulit menjadi pucat sekaligus mencegah datangnya masalah kulit lainnya seperti jerawat, pastikan untuk minum air putih setidaknya 8-10 gelas per hari ya.

5. Stres

Stres yang berlangsung terus-menerus bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan akhirnya menumbuhkan jerawat. Tak sampai di situ, stres yang berkepanjangan juga akan melepaskan kortisol dan membuat tubuh berhenti mengirimkan nutrisi penting ke kulit maupun rambut sehingga kulit rentan terlihat pucat.

Jika Anda sedang berjuang menghadapi stres, cobalah untuk memanjakan diri Anda dalam aktivitas penghilang stres seperti yoga, meditasi, melukis, dan sebagainya.

Atau, berolahraga lah selama sekitar 30 menit setiap hari guna mencegah stres sekaligus memberikan dampak yang positif bagi kulit Anda.

6. Menggunakan produk skincare yang tidak tepat

Menggunakan produk skincare yang salah atau tidak menerapkan rutinitas skincare secara teratur dapat membuat kulit terlihat kusam, loyo, pucat, dan tidak menarik. Hal ini dikarenakan produk skincare yang tidak tepat bisa menyebabkan iritasi, mengeringkan kulit, dan menghilangkan kadar air yang dibutuhkan kulit untuk terlihat bercahaya.

Oleh sebab itu, selalu pilih produk skincare yang dirancang khusus untuk jenis dan kebutuhan kulit Anda. Misalnya, carilah produk non-comedogenic dengan tekstur gel yang ringan jika Anda memiliki kulit yang berminyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News