HOME, Bugar

6 Penyakit Ini Mudah Menyebar Jika Malas Cuci Tangan

6 Penyakit Ini Mudah Menyebar Jika Malas Cuci Tangan

MOMSMONEY.ID - Mencuci tangan harus dilakukan secara rutin, terutama setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum makan. Selain untuk menjaga kebersihan, cuci tangan juga penting untuk mencegah penularan kuman penyebab penyakit.

Jika Anda menyiapkan makanan dengan tangan yang masih kotor bisa menyebabkan infeksi kuman. Bahkan, orang lain pun bisa tertular infeksi dengan memakan makanan yang anda buat.

Sejumlah penyakit infeksi bisa disebarkan dari satu orang ke orang lain melalui tangan yang kotor. Berikut ini adalah penyakit yang mudah menyebar jika Anda malas cuci tangan.

Baca Juga: Moms Perlu Tahu! 5 Manfaat Rebusan Daun Salam yang Baik untuk Kesehatan

1. Mudah kena pilek

Salah satu alasan utama rajin mencuci tangan adalah, untuk meminimalkan perpindahan virus dan bakteri melalui tangan kita. Jika jarang cuci tangan, perpindahan virus atau bakteri ini akan memicu mudahnya untuk terkena pilek.

2. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan paling sering disebabkan oleh virus, tetapi bisa juga disebabkan oleh bakteri Streptococcus grup A. Radang tenggorokan juga bisa mengakibatkan demam berdarah, demam rematik, dan penyakit ginjal langka.

Menurut Centers for Disease Control (CDC), percikan liur saat orang yang terinfeksi batuk dan bersin merupakan cara utama penyebaran bakteri radang tenggorokan.

Anda mungkin tidak bisa mencegah orang batuk atau bersin, tetapi juga bisa mengurangi risiko tertular radang tenggorokan dengan menerapkan kebiasaan cuci tangan.

3. Diare 

Gangguan saluran pencernaan salah satunya ialah disebabkan oleh perpindahan virus atau bakteri dari dan melalui tangan kita hingga masuk ke saluran pencernaan oleh makanan yang kita pegang.

Baca Juga: Simak Kiat Menjaga Imun Tubuh Selama Pandemi, Sudah Anda Lakukan?

4. Coronavirus

Ada virus corona atau Covid-19 yang saat ini sedang diwaspadai oleh semua orang di seluruh dunia. Virus baru ini bisa menyebabkan pneumonia, gagal pernapasan akut yang parah, dan kematian.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit berbahaya tersebut adalah mencuci tangan secara teratur dan benar. 

5. Keracunan makanan 

Tangan yang terkontaminasi bakteri, kuman, dan virus akan membuatmu keracunan makanan dan kemudian berakhir dengan sakit perut akut, muntah, atau diare.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menular pada orang yang malas mencuci tangan. Jadi, mulai sekarang, terapkan kebiasaan cuci tangan yang benar secara teratur, ya. Bila anda mengalami gejala kesehatan tertentu, segera bicarakan pada dokter  

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News