Keluarga

6 Motif Perselingkuhan yang Paling Sering Dijadikan Alasan oleh Orang Menikah

6 Motif Perselingkuhan yang Paling Sering Dijadikan Alasan oleh Orang Menikah

MOMSMONEY.ID - Ada banyak motif perselingkuhan yang sering digunakan orang-orang yang sudah menikah sebagai alasan berselingkuh.

Akhir-akhir ini, isu perselingkuhan muncul kembali dan seakan tak ada habisnya. Apabila Anda adalah satu dari sekian banyak korban perselingkuhan, Anda wajib tahu apa saja motif perselingkuhan yang paling umum dan banyak dilakukan.

Sederet motif dan alasan berselingkuh ini dilansir dari Instyle dan psycology today, ini dia selengkapnya.

Kurangnya koneksi emosional

Dari sekian banyak pasangan menikah yang melakukan perselingkuhan, studi mengatakan bahwa alasan yang paling sering adalah karena kurangnya koneksi emosional yang mengikat satu sama lain.

Sebagian besar perselingkuhan disebabkan karena kurangnya ikatan emosional antar pasangan. Ini membuat suatu hubungan jadi mudah goyah ketika diterpa masalah.

Baca Juga: 5 Gestur Cinta dari Wanita yang Wajib Pria Ketahui, Memuji hingga Mengingat Momen

Sudah tak cinta lagi

Menurut studi yang dilakukan oleh Selterman, dkk pada tahun 2019, salah satu alasan berselingkuh adalah karena sudah tidak cinta lagi.

Alasan ini mengisi sebanyak 77% dari jumlah orang-orang yang melakukan perselingkuhan.

Mencari variasi hubungan

Ada kalanya saat sebuah pernikahan berjalan baik-baik saja, tiba-tiba Anda dikejutkan dengan fakta bahwa pasangan Anda berselingkuh.

Jika ini terjadi, bisa jadi karena pasangan Anda merasa mulai jenuh & bosan terhadap hubungan yang dijalani. Kebanyakan dari motif perselingkuhan ini disebabkan karena ingin mencari variasi hubungan.

Alasan perselingkuhan ini disetujui sebanyak 74% orang, terutama oleh laki-laki.

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 7 Nasihat Pernikahan dari Mereka yang Telah Bercerai

Untuk meningkatkan harga diri

Bagi sebagian orang, tindakan berselingkuh dapat meningkatkan ego & harga diri mereka. Sebab para peselingkuh merasa bahwa dirinya diinginkan oleh orang lain.

Motif perselingkuhan yang satu ini biasanya diisi oleh orang-orang yang punya kepercayaan diri rendah & membutuhkan validasi.

Anda wajib berhati-hati, sebab 57% orang yang berselingkuh menjadikan alasan yang satu ini untuk membenarkan perilaku perselingkuhan mereka.

Ingin balas dendam

Anda wajib tahu, salah satu alasan orang berselingkuh bisa disebabkan karena ingin balas dendam.

Sebanyak 43% para peselingkuh mengungkapkan fakta bahwa mereka melakukan perselingkuhan sebagai bagian dari cara mereka menghukum pasangan.

Dalam kasus yang satu ini, para peselingkuh disebut sedang marah ataupun sedang ingin melakukan balas dendam dengan cara menyakiti kepercayaan pasangan sahnya.

Baca Juga: Jangan Buta Akan Cinta, Ketahui 6 Tanda Belum Siap Menikah yang Jarang Disadari

Trauma masa kecil yang belum selesai

Salah satu alasan perselingkuhan yang dilakukan oleh orang menikah adalah karena adanya trauma masa kecil yang belum selesai.

Trauma ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penelantaran, perceraian, kekerasan fisik, kekerasan seksual, dan sebagainya.

Untuk itu disarankan untuk melakukan terapi ke psikolog & psikiater agar trauma tersebut tidak terulang pada pernikahan Anda & pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News