Bugar

6 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Wajah yang Harus Anda Tahu

6 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Wajah yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Supaya tidak malas, Anda harus tahu manfaat olahraga untuk kecantikan wajah berikut ini. Olahraga adalah cara merawat kulit wajah dan tubuh secara alami.

Tidak hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Olahraga dipercaya mampu memperlambat penuaan dini dan meningkatkan produksi kolagen pada wajah.

Jika Anda ingin memiliki kulit glowing, Anda perlu merawat diri salah satunya dengan berolahraga. Berikut enam manfaat olahraga untuk kecantikan wajah dilansir dari senka.id, yaitu :

1. Menurunkan tingkat stres

Manfaat olahraga untuk kecantikan adalah menurunkan tingkat stres. Memang benar bahwa olahraga mampu menurunkan stres. Sebab saat Anda berolahraga, Anda sedang membangkitkan hormon endorfin yang memberikan energi positif ke tubuh. 

Olahraga secara rutin membantu untuk membuat otak lebih rileks sehingga bermanfaat untuk mengurangi dan mengatasi munculnya jerawat. Karena pada ketika sedang stres, hormon dan tingkat minyak dalam tubuh akan menjadi tidak terkendali sehingga memicu munculnya jerawat.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat olahraga selanjutnya adalah melancarkan sirkulasi darah. Selain melatih otot atau ketahanan tubuh, olahraga juga bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Apabila sirkulasi darah lancar, otomatis suplai oksigen dan nutrisi ke kulit akan lancar juga. Sehingga, kulit wajah pun bisa menjadi lebih cerah.

3. Meningkatkan produksi kolagen

Olahraga dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen jika dilakukan secara rutin dan benar. Kolagen adalah salah satu protein dalam tubuh yang berfungsi untuk memberikan struktur pada seluruh bagian tubuh, seperti gigi, tulang, kuku, rambut, dan terutama pada kulit agar tetap sehat.

Apabila jumlah kolagen pada tubuh menurun, maka elastisitas dan kekuatan kulit pun menurun. Hal tersebut dapat dicegah dengan melakukan olaraga secara rutin agar kadar kolagen pada kulit dapat tercukupi dan terjaga. Sehingga, impian Anda memiliki kulit glowing dapat terwujud. 

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Kentang untuk Wajah, Kulit Cerah dan Terhidrasi

4. Memperlambat penuaan dini

Olahraga rutin juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini. Saat berolahraga, otot tubuh akan terlatih dan menjadi kencang, serta meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit.

5. Kulit lebih sehat dan cerah

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa olahraga memberikan energi positif dalam tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan produksi kolagen. Sehingga, hasil yang akan Anda dapatkan yaitu kulit menjadi lebih sehat dan cerah.

Selain itu, berolahraga juga bisa membuat kulit jadi lebih bersih. Sebab, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit ketika Anda berolahraga. Sehingga, kotoran yang semula terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat. Hasilnya, pori-pori pun kembali bersih dan segar.

6. Rambut menjadi sehat

Manfaat olahraga untuk kecantikan lainnya adalah menyehatkan rambut. Olahraga membantu sirkulasi darah menjadi lancar. Setiap folikel rambut/akar memiliki pembuluh darah yang berfungsi untuk menyuburkannya dengan mensuplai oksigen dan semua nutrisi yang diperlukan.

Dengan semakin banyak darah yang akan mengalir dan semakin banyak pula nutrisi dan oksigen yang dipasok ke kulit kepala. Sehingga, pertumbuhan rambut pun akan meningkat dan mengurangi kerontokan sekaligus.

Itulah manfaat olahraga untuk kecantikan wajah yang harus Anda tahu. Yuk, mulai rutin berolahraga setiap hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News