Keluarga

6 Manfaat Menjadi Vegetarian bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Risiko Kanker

6 Manfaat Menjadi Vegetarian bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Risiko Kanker

MOMSMONEY.ID - Ini lo 6 manfaat menjadi vegetarian bagi kesehatan. Sudah tahu belum?

Ada beragam alasan mengapa orang-orang memilih untuk menjadi vegetarian. Bagi sebagian orang, menerapkan diet vegetarian adalah cara untuk menjadi lebih sehat atau menghindari hormon yang ada di dalam makanan hewani.

Bagi yang lain, makan dengan cara vegetarian lebih berkaitan dengan agama, hak hewan, atau masalah lingkungan.

Mengutip Hello Sehat, vegetarian sendiri adalah sebuah pola makan yang berfokus pada konsumsi makanan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan menghindari makanan yang berasal dari hewan.

Ada banyak manfaat menjadi vegetarian jika diikuti dengan benar. Namun, apabila Anda hanya menghindari daging dan lebih banyak makan roti, pasta olahan, atau gula berlebih alih-alih memperbanyak sayuran dan buah-buahan, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan banyak manfaat dari diet vegetarian.

Memang apa saja sih manfaat menjadi vegetarian? Berikut 6 manfaat menjadi vegetarian bagi kesehatan, merangkum dari Healthline:

Baca Juga: Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Punya Kulit Berminyak yang Patut Anda Ketahui

1. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat menjadi vegetarian bagi kesehatan yang pertama yaitu baik untuk kesehatan jantung. Menjadi vegetarian sepertiga lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal atau dirawat di rumah sakit karena penyakit jantung.

Jika Anda ingin melindungi jantung, pastikan untuk mengonsumsi biji-bijian berserat tinggi, kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran, buah-buahan, dan makanan rendah glikemik lainnya.

Utamakan untuk mengonsumsi serat larut dan memilih makanan yang akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dengan begini, Anda dapat mengurangi kolesterol dan risiko serangan jantung secara keseluruhan.

2. Mengurangi risiko kanker

Manfaat menjadi vegetarian bagi kesehatan yang kedua yaitu mengurangi risiko kanker. Vegetarian mungkin memiliki sedikit keunggulan dalam menurunkan risiko kanker.

Satu studi menemukan, pada populasi berisiko rendah, pola makan vegetarian mengurangi risiko kanker secara umum. Studi lain menemukan, penurunan risiko kanker kolorektal yang tidak signifikan di antara orang yang mengikuti diet vegetarian.

Banyak penelitian mengklaim bahwa pola makan yang penuh dengan buah dan sayuran segar mungkin menjadi kuncinya.

3. Mencegah diabetes tipe 2

Manfaat menjadi vegetarian bagi kesehatan yang ketiga yaitu mencegah diabetes tipe 2. Mengikuti diet vegetarian yang sehat dapat membantu mencegah serta mengobati diabetes tipe 2 dan komplikasi terkait.

Hal tersebut kembali ke pemilihan makanan rendah glikemik yang menjaga kadar gula darah tetap stabil, seperti biji-bijian, polong-polongan, dan kacang-kacangan.

Dalam sebuah penelitian, vegetarian memiliki setengah risiko terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan non-vegetarian.

Baca Juga: 4 Jenis Flek Hitam pada Wajah yang Harus Anda Ketahui, Jangan Keliru!

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat menjadi vegetarian bagi kesehatan yang keempat yaitu menurunkan tekanan darah. Para peneliti telah memerhatikan bahwa orang yang tidak makan daging mungkin memiliki tekanan darah rendah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vegetarian, khususnya vegan, memiliki tekanan darah lebih rendah daripada rekan mereka yang makan daging.

Pasalnya, makanan nabati cenderung lebih rendah lemak, natrium, dan kolesterol yang dapat berdampak positif pada tekanan darah. Buah dan sayuran, khususnya, memiliki konsentrasi potassium yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah.

5. Mengurangi gejala asma

Manfaat menjadi vegetarian bagi kesehatan yang kelima yaitu mengurangi gejala asma. Sebuah studi di Swedia menunjukkan, pola makan vegetarian, khususnya vegan, dapat mengurangi gejala asma.

Sebanyak 22 dari 24 peserta dalam studi tersebut yang menjalani pola makan vegan selama setahun mengalami peningkatan. Bahkan, ketergantungan mereka terhadap obat-obatan juga berkurang.

Kontras dengan itu, makanan hewani tertentu dapat menghasilkan respons alergi atau peradangan. Jadi, dengan menghilangkan makanan ini dan beralih ke diet vegetarian, itu bisa membantu mengurangi respons alergi atau peradangan.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat menjadi vegetarian bagi kesehatan yang keenam yaitu meningkatkan kesehatan tulang. Tingkat osteoporosis lebih rendah di negara-negara yang kebanyakan orangnya makan makanan vegetarian.

Sementara itu, mengonsumsi produk hewani dapat memaksa kalsium keluar dari tubuh yang menyebabkan tulang keropos dan osteoporosis.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengikuti diet lacto-ovo vegetarian selama 20 tahun atau lebih, memiliki 18% lebih sedikit mineral tulang pada saat mereka mencapai usia 80 tahun.

Sedangkan omnivora atau pemakan daging dalam penelitian ini memiliki mineral tulang 35% lebih sedikit pada usia yang sama.

Itulah 6 manfaat menjadi vegetarian bagi kesehatan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang vegetarian?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News