Keluarga

6 Manfaat Mangga untuk Kulit, Atasi Jerawat Secara Alami

6 Manfaat Mangga untuk Kulit, Atasi Jerawat Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 manfaat mangga untuk kulit di sini, yuk.

Mangga merupakan buah tropis yang memiliki kombinasi rasa manis dan asam menyegarkan. Selain itu, mangga juga memiliki aroma harum yang menggugah selera.

Tidak heran jika mangga memiliki banyak penggemar. Apakah Anda salah satu penggemar mangga?

Ternyata, rutin mengonsumsi mangga baik untuk kulit, lo. Melansir BeBodywise, inilah 6 manfaat mangga untuk kulit yang tidak boleh Anda lewatkan:

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kulit Membutuhkan Ceramide, Ini Daftar Makanan Tinggi Ceramide

1. Mengatasi jerawat

Manfaat mangga untuk kulit yang pertama yaitu mengatasi jerawat. Salah satu penyebab jerawat yaitu kekurangan vitamin A.

Saat tubuh kekurangan vitamin A, itu akan menghasilkan kelebihan keratin yang berpotensi menyumbat kelenjar keringat dan folikel rambut.

Pada gilirannya, penyumbatan kelenjar keringat dan folikel rambut akibat kekurangan vitamin A bisa menyebabkan jerawat.

Untuk membantu mengatasi jerawat, Anda bisa menambah asupan mangga. Pasalnya, mangga memiliki proporsi vitamin A yang tinggi.

2. Mengurangi sel kulit mati

Manfaat mangga untuk kulit yang kedua yaitu mengurangi sel kulit mati. Mangga mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang dapat memecah ikatan sel kulit dengan bahan kimianya untuk menyingkirkan sel kulit mati.

Setelah sel kulit mati terangkat, lapisan kulit baru yang lebih muda akan muncul dan menggantikan kekusaman dengan ke-glowing-an.

Selain memakannya, Anda bisa menghaluskan mangga lalu mengoleskannya ke kulit. Cara ini akan secara signifikan meremajakan kulit serta melembabkannya secara mendalam.

Baca Juga: Simak Cara Melembutkan Rambut Kaku setelah Pakai Hairspray, Coba yuk

3. Melawan tanda-tanda penuaan

Manfaat mangga untuk kulit yang ketiga yaitu melawan tanda-tanda penuaan. Mangga mengandung vitamin C dan E yang sangat membantu untuk melindungi kulit dari faktor lingkungan eksternal penyebab penuaan dini, seperti kerusakan akibat sinar matahari, polusi, partikel debu, dan kekeringan.

Dengan rutin mengonsumsi mangga, itu akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin C dan E dalam tubuh untuk memerangi penuaan dini.

Jika tubuh Anda kekurangan vitamin C dan E, produksi kolagen akan menurun dan menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya.

Lama kelamaan, wajah Anda akan dipenuhi dengan lebih banyak kerutan dalam waktu singkat. Tentu tidak mau kan, Moms?

4. Meratakan warna kulit

Manfaat mangga untuk kulit yang keempat yaitu meratakan warna kulit. Selain buahnya, kulit mangga juga menawarkan manfaat yang ajaib untuk kulit terutama dalam hal meratakan warna kulit dan menyamarkan bintik-bintik hitam.

Untuk meratakan warna kulit dengan kulit mangga, cukup keringkan kulit mangga di oven atau di bawah sinar matahari.

Setelah kulit mangga benar-benar kering, hancurkan dengan food processor atau lesung dan alu hingga menjadi bubuk. Campurkan bubuk kulit mangga dengan air mawar lalu gunakan sebagai masker wajah.

Kandungan asam sitrat yang ada pada kulit mangga mampu membantu menghilangkan sel kulit mati dan mengatur warna kulit. Ini juga bisa mengisi kembali cadangan nutrisi kulit dan memberikan kilau yang sehat pada kulit.

Baca Juga: Bisa Cegah Depresi, Ini 4 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

5. Mengurangi kerusakan akibat sinar matahari

Manfaat mangga untuk kulit yang kelima yaitu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Mangga mengandung antioksidan alami tertentu. Antioksidan ini dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari pada kulit dengan mengurangi oksidasi sel kulit.

Meski tidak bisa menggantikan peran tabir surya, vitamin yang ada pada mangga tetap dapat membantu mengurangi kerusakan kulit secara signifikan.

Vitamin C dalam mangga mampu mengurangi inflamasi akibat jerawat. Dan, konsumsi mangga secara teratur bisa berfungsi sebagai penolak jerawat yang menakjubkan.

Manfaat lain makan mangga untuk kulit menurut penelitian di antaranya mengurangi kerutan yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari.

6. Mengurangi risiko kanker kulit

Manfaat mangga untuk kulit yang keenam yaitu mengurangi risiko kanker kulit. Mangga mengandung polifenol khusus bernama mangiferin.

Konsentrasi tertinggi dari polifenol jenis ini terdapat pada kulit dan biji mangga.

Bagian mangga lainnya yang mengandung polifenol mangiferin antara lain kulit batang, batang, dan daun pohon mangga.

Sesuai penelitian, polifenol mangiferin bisa mengurangi risiko dari beberapa jenis kanker termasuk kanker kulit, kanker serviks, kanker usus besar, dan kanker payudara. Luar biasa sekali, ya, Moms.

Nah, itulah 6 manfaat mangga untuk kulit. Setelah mengetahuinya, yakin tidak mau memasukkan mangga ke dalam diet harian Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News