Keluarga

6 Manfaat Kurma untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mencegah Kulit Kusam

6 Manfaat Kurma untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mencegah Kulit Kusam

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 6 manfaat kurma untuk kecantikan kulit di sini.

Kurma termasuk salah satu takjil khas dan favorit banyak orang di bulan Ramadan.

Disebut sebagai buah nabi, kurma tak sekadar nikmat mengingat rasanya yang manis menggigit.

Kurma juga menyimpan banyak manfaat kesehatan, tidak terkecuali untuk kulit.

Simak sampai akhir, berikut 6 manfaat kurma untuk kecantikan kulit sebagaimana dirangkum dari Crystal Dates, Larissa Aesthetic Center, dan Dermeva.

Baca Juga: 5 Tips Nutrisi Agar Anak Tetap Sehat Saat Berpuasa, Terapkan ya Moms!

1. Mencegah kulit kusam

Manfaat kurma untuk kecantikan kulit yang pertama yaitu mencegah kulit kusam. Ada beberapa faktor penyebab kulit kusam, termasuk kulit kering dan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Kabar baiknya, kurma mengandung vitamin tertentu yang dapat membantu mencegah tampilan kulit kusam. Vitamin yang dimaksud adalah vitamin A dan vitamin B5.

2. Mengobati kulit sensitif

Manfaat kurma untuk kecantikan kulit yang kedua yaitu mengobati kulit sensitif. Kurma mengandung vitamin B6 dan protein yang dapat membantu mengobati kulit sensitif.

Untuk mengobati kulit sensitif menggunakan kurma, Anda bisa membuat masker kurma dengan mencampurkan yogurt ke dalam kurma yang sudah dihaluskan.

Setelah jadi, aplikasikan masker ke wajah dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Melembabkan kulit

Manfaat kurma untuk kecantikan kulit yang ketiga yaitu melembabkan kulit. Di dalam kurma, terdapat vitamin A, C, dan E yang baik untuk membantu proses regenerasi sel kulit.

Pada gilirannya, proses regenerasi sel kulit yang berjalan baik akan menghasilkan kulit yang lebih sehat, lembab, dan terasa lembut.

Baca Juga: Selain Air Putih, Ini 5 Minuman yang Bagus untuk Sahur

4. Mencegah penuaan dini

Manfaat kurma untuk kecantikan kulit yang keempat yaitu mencegah penuaan dini. Adapun beberapa tanda-tanda penuaan dini pada kulit antara lain muncul flek hitam, garis-garis halus, dan kerutan.

Perlu Anda tahu bahwa salah satu penyebab utama penuaan dini adalah stres oksidatif. Mengutip Wikipedia, stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya, intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak.

Nah, untuk membantu melawan stres oksidatif, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, contohnya kurma.

5. Mengatasi jerawat

Manfaat kurma untuk kecantikan kulit yang kelima yaitu mengatasi jerawat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurma mengandung vitamin B yang dapat membantu pengobatan gangguan kulit.

Selain itu, kurma juga mengandung protein dan antioksidan yang bisa mencegah infeksi kulit penyebab jerawat.

Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa membuat masker kurma dan madu lalu oleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Atau, cukup konsumsi beberapa butir kurma setiap hari.

6. Membersihkan kulit wajah

Manfaat kurma untuk kecantikan kulit yang keenam yaitu membersihkan kulit wajah. Mengonsumsi kurma setiap hari dapat membantu membersihkan kulit dan menyingkirkan minyak berlebih penyebab jerawat.

Plus, kurma bisa memperkuat kulit sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Ini berkat kandungan asam pantotenat yang tinggi di dalam kurma.

Demikian 6 manfaat kurma untuk kecantikan kulit yang tidak boleh Anda lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News