HOME, Bugar

6 Manfaat Konsumsi Oatmeal, Bisa Turunkan Risiko Berbagai Penyakit

6 Manfaat Konsumsi Oatmeal, Bisa Turunkan Risiko Berbagai Penyakit

MOMSMONEY.ID - Mengonsumsi oatmeal sering dijadikan pilihan yang baik saat diet, terutama untuk sarapan. Oatmeal tak hanya mengandung nutrisi yang bergizi untuk tubuh, tapi juga energi yang banyak sehingga Anda tak lemas saat beraktivitas seperti biasanya.

Tak hanya dijadikan opsi untuk diet, nyatanya oatmeal juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat tersebut?

Dirangkum dari Sehat Aqua dan Medical News Today, berikut 6 manfaat konsumsi oatmeal untuk kesehatan.

Turunkan risiko hipertensi

Oatmeal menyehatkan sekaligus mengenyangkan. Sebab, oatmeal mengandung serat dan oksidan yang tinggi, namun tetap rendah natrium.

Natrium merupakan salah satu zat yang terdapat pada garam dan bumbu dapur yang dapat menyebabkan tingginya risiko hipertensi. Jika tak ingin kadar hipertensi naik, oatmeal adalah pilihan makanan yang tepat untuk Anda konsumsi.

Baca Juga: Berbagai Mitos dan Fakta Seputar Tidur Menurut Para Ahli

Turunkan risiko diabetes

Risiko diabetes juga bisa berkurang dengan mengonsumsi oatmeal. Ini karena oatmeal secara efektif dapat menurunkan gula dalam darah serta dapat memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh.

Meningkatkan imun

Oatmeal juga bermanfaat dalam meningkatkan imun tubuh sehingga dapat bertahan dari serangan berbagai penyakit.

Oatmeal mengandung serat beta-gluten yang mampu meningkatkan imun dan mencegah Anda dari risiko terkena penyakit jantung.

Bantu turunkan kolesterol jahat

Serat beta-gluten pada oatmeal memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. Serat ini bermanfaat sebagai penghambat penyerapan LDL, sehingga risiko terkena penyakit jantung dapat berkurang.

Oatmeal juga mengandung antioksidan bernama avenanthramide yang berfungsi melawan radikal bebas yang dapat menyerang kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: Resep Rujak Juhi, Jajanan Langka dari Betawi Berisi Mi Kuning dan Taburan Cumi Kering

Bagus untuk diet

Oatmeal

Oatmeal telah lama dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan pati dan serat. Ini karena oatmeal berasal dari gandum utuh.

Oatmeal merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin diet atau menjaga berat badan. Ini lantaran oatmeal mengandung banyak energi yang dapat membuat Anda bisa menjalani aktivitas seharian, serta mengandung serat larut yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Para Pemilik Perut Buncit

Mengurangi risiko kanker kolorektal

Oatmeal sebagai makanan yang mengandung banyak serat berpotensi mengurangi risiko kanker kolorektal. Kanker kolorektal merupakan kanker yang tumbuh pada usus besar yang terhubung ke anus.

Dilansir dari Medical News Today, berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti Inggris dan Belanda terhadap hampir 2 juta orang yang melakukan diet tinggi serat, terbukti bahwa orang yang mengonsumsi tambahan serat sebanyak 10 gram per hari, mereka mengalami pengurangan 10% terhadap risiko kanker kolorektal.

Mengonsumsi oatmeal setiap harinya dapat mencegah Anda dari risiko terhadap jenis kanker yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News