CLOSE [X]
ads

6 Manfaat Kolagen untuk Kulit, Bisa Bikin Awet Muda

Sumber: Senka
Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:35 WIB
6 Manfaat Kolagen untuk Kulit, Bisa Bikin Awet Muda


MOMSMONEY.ID - Anda sangat sering mendengar istilah kolagen. Kolagen adalah suatu protein yang menyusun tubuh manusia. Kolagen menjadi struktur pembangunan tulang, gigi, sendi, otot, khususnya pada kulit juga.

Sebenarnya, kolagen sudah ada di dalam tubuh manusia. Namun, kolagen alami tersebut harus tetap dijaga dan dirawat seiring bertambahnya usia. Anda perlu melengkapinya dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kolagen tubuh dan menggunakan produk skincare yang tepat.

Untuk lebih memahami betapa pentingnya kolagen untuk kulit, berikut enam manfaat kolagen dilansir dari senka.id, yaitu: 

1. Mengencangkan kulit

Pertama, manfaat kolagen untuk kulit yaitu dapat mengencangkan kulit. Kulit yang kendur memang sangat wajar terjadi apabila kolagen pada tubuh berkurang dan tidak dirawat dengan menggunakan produk atau suplemen kolagen yang tepat. Oleh karena itu, kolagen berperan dalam mengencangkan kulit agar tetap kenyal dan awet muda.

2. Melembapkan kulit

Kolagen juga memiliki manfaat dapat melembapkan kulit. Setiap orang pasti selalu ingin mempunyai kulit yang lembab. Dengan menggunakan produk perawatan yang mengandung kolagen, kelembapan alami kulit anda akan terjaga. Sehingga, tidak menjadi kering, pecah-pecah, dan kasar.

3. Mengurangi garis halus dan keriput

Tidak hanya mengencangkan kulit, kolagen bermanfaat untuk mengurangi garis halus dan keriput. Masalah kulit ini cukup ditakuti oleh banyak wanita, sehingga sejak muda usia 20-an mulai menggunakan produk skincare yang mengandung kolagen. 

Apabila memenuhi kebutuhan kolagen untuk kulit, anda dapat mengurangi garis halus dan keriput pada kulit, serta tanda penuaan lainnya. Karena, kolagen mampu menjaga kekenyalan kulit yang umumnya berkurang akibat umur yang bertambah.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Batuk pada Anak Secara Alami

4. Meratakan warna kulit

Manfaat kolagen untuk kulit berikutnya yaitu dapat meratakan warna kulit. Masalah kulit hiperpigmentasi cukup sering dialami juga. Hiperpigmentasi yaitu kondisi di mana kulit memproduksi melanin berlebih akibat paparan sinar UV yang berlebihan.

Kolagen dikenal mampu meratakan warna kulit karena kandungan asam amino. Protein di dalam kolagen mampu menjaga lapisan epidermis kulit (lapisan terluar pada kulit) agar tetap halus, cerah dan sehat.

5. Mengurangi selulit

Kolagen juga dipercaya mampu mengurangi selulit. Selulit adalah kondisi di mana terjadinya peregangan kulit yang menyebabkan robekan pada jaringan kolagen dan elastin yang anda miliki.

Untuk mengurangi selulit tersebut, dibutuhkan kolagen yang dapat merangsang percepatan regenerasi sel-sel kulit pada jaringan kulit yang rusak.

6.  Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat kolagen untuk kulit yang terakhir yaitu mempercepat penyembuhan luka. Ternyata, kolagen yang membuat luka pada kulit cepat sembuh. Sebab, kolagen menjadi salah satu unsur yang berperan penting dalam memperbaiki jaringan ikat yang rusak pada kulit anda.

Jadi, dengan memiliki kandungan kolagen yang cukup pada kulit dan tubuh, akan membuat proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat dan luka menjadi cepat pulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru