Keluarga

6 Manfaat Black Tea untuk Kulit, Bisa Memudarkan Noda pada Wajah

6 Manfaat Black Tea untuk Kulit, Bisa Memudarkan Noda pada Wajah

MOMSMONEY.ID - Black tea atau teh hitam merupakan salah satu varian teh yang berasal dari Camellia sinensis. Terbuat dari bahan yang sama dengan teh hijau, daun black tea dibiarkan berubah warna menjadi cokelat melalui proses oksidasi. Umumnya, black tea memiliki cita rasa yang lebih pekat dan mengandung lebih banyak kafein dibandingkan teh yang tidak teroksidasi.

Merangkum Hello Sehat, black tea menyimpan sejumlah manfaat kesehatan di antaranya mencegah kanker, menurunkan risiko serangan jantung, melancarkan pencernaan, melawan radikal bebas, menjaga keseimbangan tekanan darah, dan menurunkan kadar gula darah.

Bagi kulit, black tea menawarkan beragam manfaat yang patut dipertimbangkan untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Melansir BeBeautiful, inilah 6 manfaat black tea untuk kulit:

1. Melawan tanda-tanda penuaan

Manfaat black tea untuk kulit yang pertama yaitu membalikkan dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Sehingga, kulit akan terlihat dan terasa jauh lebih muda dari sebelumnya. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan polifenol yang ada di dalam black tea.

Beberapa penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa black tea mampu menekan gen yang membunuh kolagen di dalam kulit sekaligus mempromosikan hidrasi dan kekenyalan kulit secara menyeluruh.

Baca Juga: Cara Gunakan Obat Totol Jerawat Dengan Benar Untuk Hasil Maksimal

2. Membantu melindungi kulit dari matahari

Manfaat black tea untuk kulit yang kedua yaitu menyembuhkan dan membangun penghalang kulit yang lebih kuat terhadap kerusakaan akibat sinar matahari. Seperti kita tahu, paparan radiasi UV dari sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti pigmentasi, bintik hitam, serta bercak kering dan bersisik.

Dengan minum black tea setiap hari, itu dapat membantu meningkatkan potensi kulit dalam melawan masalah yang disebabkan oleh paparan sinar UV yang intens.

3. Meremajakan kulit dari dalam

Manfaat black tea untuk kulit yang ketiga yaitu membantu meremajakan kulit dari dalam. Dalam hal meremajakan kulit, black tea akan melakukannya dengan cara mempercepat proses regenerasi dan penyembuhan kulit.

Tak sampai di situ, black tea juga bisa membantu mengurangi peradangan dan merangsang produksi kolagen.

4. Melawan infeksi kulit

Manfaat black tea untuk kulit yang keempat yaitu melawan infeksi kulit. Termasuk salah satu keluhan utama bagi para wanita yang memiliki kulit sensitif, infeksi kulit dapat disebabkan oleh pertumbuhan mikroba.

Dengan mengonsumsi black tea, kandungan katekin dan flavonoid yang ada di dalamnya akan membantu Anda melawan infeksi kulit tersebut.

Namun, jika infeksi kulit yang Anda alami terjadi secara berulang, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengunjungi dokter kulit.

5. Memudarkan noda pada wajah

Manfaat black tea untuk kulit yang kelima yaitu memudarkan noda pada wajah. Black tea tidak hanya memiliki efek memutihkan kulit, tetapi juga mengandung antioksidan yang bagus untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sekaligus mengurangi tampilan noda pada kulit wajah.

Menikmati secangkir black tea setiap hari akan memberikan Anda kulit yang bercahaya alami dan berwarna merata selama berhari-hari.

6. Mengurangi tampilan mata bengkak

Manfaat black tea untuk kulit yang keenam adalah mengurangi tampilan mata yang bengkak. Bahkan, black tea mampu membantu menghilangkan kantung mata dalam waktu kurang dari 30 menit lho Moms.

Untuk mendapatkan manfaat ini, seduhlah black tea dan dinginkan selama beberapa saat di dalam lemari es. Setelah dingin, celupkan kapas bersih ke dalam black tea kemudian kompres mata Anda dengan kapas tersebut. Lakukan metode ini sebanyak satu kali sehari selama beberapa minggu dan bengkak di bawah mata Anda pun akan perlahan berkurang.

Itulah 6 manfaat black tea untuk kulit. Jika Anda berniat untuk mulai minum black tea secara rutin, pastikan untuk meminumnya 1-2 cangkir saja setiap hari ya, Moms. Sebab, black tea mengandung kafein, yang jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menimbulkan beberapa efek samping seperti sakit kepala, gugup, masalah tidur, muntah, diare, lekas marah, dan mulas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News