Keluarga

6 Manfaat Bermain Bersama Kucing Peliharaan, Apa Saja?

6 Manfaat Bermain Bersama Kucing Peliharaan, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Sebagai pemilik hewan peliharaan seperti kucing, Anda tentu wajib menjaga si kucing tetap sehat dan bahagia selama tinggal di rumah.

Untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan si kucing, hal paling mendasar yang bisa dilakukan adalah memenuhi kebutuhan dasar seperti makan dan minum. Namun, di samping semua itu, jangan lupa bahwa kucing peliharaan Anda juga butuh diajak bermain.

Jika dilihat sekilas, kucing terkesan seperti hewan yang bisa bermain dan menghibur dirinya sendiri tanpa bantuan siapapun. Padahal, kucing peliharaan Anda perlu diajak bermain oleh pemiliknya, lo. Sebab, ada beragam manfaat yang bisa didapatkan bila kucing rutin diajak bermain.

Apa sajakah manfaat yang dimaksud? Dirangkum dari Pets Radar dan Pet Coach, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Benda di Rumah yang Bisa Menularkan Ringworm Pada Kucing, Hati-Hati!

Melatih tubuh si kucing

Sama seperti manusia, kucing juga butuh olahraga dan latihan untuk membentuk tubuh supaya lebih kuat dan sehat. Nah, salah satu cara melatihnya adalah dengan mengajak si kucing bermain. Dengan mengajak si kucing bermain, mereka akan terhindar dari risiko obesitas dan membuat mereka lebih aktif di rumah.

Melepaskan stres

Kucing termasuk makhluk yang cukup sensitif, sehingga rentan mengalami stres dan kecemasan. Untuk membantu melepaskan ketegangan dan stres pada kucing, cobalah untuk mengajaknya bermain secara rutin. Tak hanya pada kucing, bermain bersama juga bisa membantu menurunkan tingkat stres Anda, lo.

Mengatasi kebosanan

Walaupun bisa bermain dan menghibur diri sendiri, adakalanya kucing merasa bosan dan tidak bersemangat melakukan apapun sehingga terkadang menggaruk-garuk benda atau mengajak kucing lain bertengkar. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa membantu mengusir kebosanan si kucing dengan mengajaknya bermain dan bergerak.

Baca Juga: Tak Hanya Cari Perhatian, Ini 5 Alasan Kucing Suka Mengikuti Pemiliknya!

Memperkuat hubungan dengan kucing

Hubungan yang baik antara kucing peliharaan dan pemiliknya bisa membantu menjaga si kucing supaya nyaman dan senang selama berada di rumah. Mengajak si kucing bermain secara rutin merupakan salah satu cara untuk memperkuat hubungan tersebut. Tak perlu berlama-lama, Anda bisa meluangkan waktu sekitar 15-20 menit dalam sehari untuk bermain dengan si kucing.

Melatih insting predator

Kucing termasuk hewan predator yang senang memburu sesuatu. Oleh karena itu, mereka kerap merebut, mencengkeram, atau menendang-nendang sesuatu untuk menyalurkan insting predatornya tersebut. Untuk melatih insting predator si kucing, Anda bisa mengajaknya bermain dengan benda yang disukainya, seperti cat teaser, bola, hingga tali atau pita.

Menguatkan pikiran kucing

Semakin tua, fungsi kognitif pada kucing kemungkinan besar akan semakin menurun pula. Supaya kucing peliharaan Anda terhindar dari masalah tersebut, ajaklah si kucing bermain dan bergerak di rumah. Pasalnya, bermain dengan kucing akan membantu menstimulasi dan menguatkan pikiran mereka, sehingga memperlambat proses disfungsi kognitif tersebut.

Itulah beberapa manfaat bermain bersama kucing peliharaan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News