Keluarga

6 Makanan yang Terbukti Bagus untuk Kesehatan Gigi Anak, Catat Ya!

6 Makanan yang Terbukti Bagus untuk Kesehatan Gigi Anak, Catat Ya!

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan gigi anak bukan hanya perihal menerapkan kebiasaan sikat gigi secara teratur dan mengurangi makanan tinggi gula serta bertepung, tetapi juga tentang menyajikan makanan yang telah terbukti bagus untuk gigi anak.

Sebagaimana MomsMoney rangkum dari laman Children’s Dental and Orthodontics dan Mandanas Dental, ada beberapa makanan yang bisa memperkuat gigi, meningkatkan kesehatan gusi, dan melindungi email anak. Perlu Anda catat, inilah daftarnya.

1. Produk susu

Keju

Produk susu seperti susu, keju, dan yogurt kaya akan kalsium, vitamin D, dan fosfor. Kombinasi dari vitamin dan mineral yang terkandung di dalam produk susu bisa memperkuat gigi anak sekaligus meningkatkan ph di mulut, menurunkan kadar asam, dan melindungi email.

Yang tidak kalah penting, produk susu juga dapat meningkatkan produksi air liur atau saliva di dalam mulut anak lho Moms.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Masalah Kurang Tidur pada Anak Remaja

2. Yogurt

Yogurt tawar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, yogurt termasuk produk susu yang bermanfaat untuk kesehatan gigi anak. Lebih jelasnya, yogurt mengandung kasein dan fosfor yang mampu melindungi email gigi si kecil. Yogurt juga mengandung bakteri probiotik alami yang mencegah pembentukan plak dan radang gusi.

Mengingat gula adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi, pastikan untuk memberikan anak Anda yogurt rendah gula atau bahkan tanpa gula sama sekali ya Moms.

3. Apel

Apel

Apel memiliki tekstur berserat yang sangat penting untuk kesehatan mulut anak. Dengan mengunyah apel, itu akan membantu merangsang gusi anak dan mengurangi bakteri yang berpotensi menyebabkan gigi berlubang.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah apel dapat meningkatkan kesehatan gusi anak dan menjadikan gigi mereka tidak mudah mengalami infeksi atau pendarahan. Plus, apel mengandung potassium yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang.

4. Wortel mentah

Wortel

Sesekali, anak memang perlu mengunyah makanan yang keras serta berserat untuk mendapatkan gigi yang sehat. Dan, wortel mentah bisa menjadi solusi. Adapun kandungan serat dalam wortel mentah dapat meningkatkan produksi bakteri sehat di mulut.

Selain serat, wortel mentah juga kaya akan berbagai nutrisi dan antioksidan seperti magnesium dan zinc serta menyediakan beta-karoten.

5. Telur

Kuning Telur

Telur terutama bagian kuningnya mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat dalam makanan lain.

Kalsium dan fosfat sendiri termasuk mineral yang dibutuhkan untuk membangun dan melindungi email gigi anak, menurut Dr. Harwood selaku Ahli Edodontik Keluarga di New York City.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang Almond

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin dan mineral termasuk vitamin D dan kalsium. Makanan sehat ini juga mengandung lemak dan minyak alami yang bisa melapisi gigi anak, melindunginya dari bakteri, dan memperkuat email sehingga lebih tahan terhadap masalah gigi berlubang.

Alih-alih memberikan camilan serba manis kepada anak Anda, alangkah baiknya Anda menyiapkan trail mix berisi campuran kacang-kacangan dan biji-bijian yang terbukti lebih sehat dan tentunya dapat sekaligus menguatkan gigi anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News