HOME, Bugar

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung Saat Berpuasa

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Pengidap asam lambung memang sudah semestinya bijak memilih makanan ketika menjalani ibadah puasa.

Pasalnya, bila salah mengonsumsi makanan, maka asam lambung bisa meningkat, sehingga menyebabkan banyak keluhan kesehatan.

Penyakit asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease) terjadi ketika asam lambung bergerak ke kerongkongan dan memicu berbagai gejala. 

Jika memiliki penyakit asam lambung, Anda sebaiknya lebih selektif saat mengonsumsi makanan tertentu, agar tidak merugikan diri sendiri.

Baca Juga: Hindari Mengonsumsi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung saat berpuasa, antara lain: 

1. Apel hijau

Makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung saat berpuasa pertama adalah buah apel hijau. 

Apel hijau umumnya memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan apel merah, sehingga menjadi buah pantangan asam lambung.   

Asam yang tinggi pada buah apel hijau inilah yang dapat memicu peningkatan kadar asam lambung serta berisiko memicu dan memperparah gejala penyakit asam lambung.   

2. Kopi

Makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung saat berpuasa kedua adalah kopi. Alasannya minuman ini bisa merangsang pengeluaran asam lambung.

Sebenarnya enggak cuma kopi saja yang mesti dihindari pengidap maag, minuman, seperti sari buah, dan susu full cream juga mesti dihindari.

3. Menghindari makanan dan minuman bergas

Makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung saat berpuasa ketiga adalah menghindari makanan dan minuman bergas. 

Sederhananya, Anda  harus menghindari makanan yang menyebabkan atau memperberat gejala sakit maag.

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gas dan terlalu banyak serat. Misalnya, sayuran sawi, buah nangka, kol, pisang ambon, kedondong, dan buah yang dikeringkan.

Baca Juga: Tetap Nikmat, Ini 4 Rekomendasi Jajanan Sehat Saat Berbuka Puasa

4. Makanan berlemak

Makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung saat berpuasa keempat adalah makanan berlemak. Makanan jenis ini bisa memicu peningkatan tekanan asam lambung.

Cobalah hindari makanan berlemak, seperti daging sapi, kentang goreng, keripik kentang, es krim, susu, keju, dan makanan-makanan berminyak lainnya.

5. Hindari makanan yang sulit dicerna

Makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung saat berpuasa kelima adalah menghindari makanan yang sulit dicerna. 

Makanan berlemak, seperti kue tar, cokelat, ataupun keju merupakan menu yang sulit dicerna yang bisa memperlambat pengosongan lambung.

Nah, inilah yang bisa menyebabkan peningkatan peregangan di lambung. Ujung-ujungnya, kondisi itu bisa meningkatkan asam lambung.

Baca Juga: Cara Mencegah Asam Lambung Kambuh Saat Tidur

6. Hindari makanan bercuka dan pedas

Makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung saat berpuasa terakhir adalah hindari makanan bercuka dan pedas. 

Ada juga makanan pedas dan bercuka yang masuk ke dalam kelompok makanan penyebab asam lambung.

Makanan pedas ini mesti diwaspadai bagi pengidap maag, karena bisa mengiritasi lapisan dalam kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati.

Selain itu, ada juga makanan dengan sumber karbohidrat yang sebaiknya dihindari pengidap maag. Misalnya, mie, bihun, ubi, beras ketan, jagung, talas, dan dodol. 

Di samping itu, selama berpuasa cobalah berlatih untuk memiliki jadwal makan yang teratur. Yang paling penting, hindarilah makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung saat berpuasa yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News