Bugar

6 Makanan yang Bagus untuk Rambut Sehat, Tebal, dan Berkilau

6 Makanan yang Bagus untuk Rambut Sehat, Tebal, dan Berkilau

MOMSMONEY.ID - Dapatkan rambut sehat, tebal, dan berkilau dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

Rambut termasuk bagian tubuh yang juga harus dirawat dan dijaga, selain kulit wajah dan tubuh.

Mulai rawat kesehatan rambut dari dalam dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat. 

Merawat rambut tidak hanya didapatkan dari produk perawatan rambut, tetapi juga dari makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.

Baca Juga: Luar Biasa! Ini 5 Manfaat Buah Delima Merah untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Lebih jelasnya, simak enam makanan yang baik dikonsumsi untuk dapatkan rambut sehat, tebal dan berkilau dilansir dari realfood.co.id

1. Telur

Makanan pertama untuk rambut sehat, tebal dan berkilau adalah telur. Bahan pangan ini kaya akan zat besi, protein, dan vitamin B yang disebut biotin dapat merangsang produksi keratin, yaitu sejenis protein yang dapat menjadikan rambut tumbuh lebih lebat dan berkilau.

Kemudian, telur mengandung folat yang dapat membantu proses pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Bagian kuning telur juga mengandung berbagai nutrisi penting yang mampu membuat rambut sehat dan lebih tahan terhadap kerusakan.

2. Bayam

Makanan selanjutnya yang baik untuk rambut adalah bayam. Hal ini karena bayam kaya akan vitamin A, zat besi, beta-karoten, vitamin C, dan folat.

Semua zat gizi tersebut dapat menjaga rambut tetap lembap dan lentur sehingga Anda terhindar dari masalah rambut, seperti mudah patah dan pecah-pecah.

Bayam juga kaya antioksidan yang dapat membantu mengatasi radikal bebas sehingga mendorong kolagen untuk terus regenerasi.

Sehingga, kulit kepala akan senantiasa ternutrisi dan rambut menjadi lebih cepat tumbuh dan sehat.

Baca Juga: 4 Produk Skincare yang Dipakai untuk Mengatasi Kulit Kering saat Berpuasa

3. Wortel

Selain bayam, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran wortel. Adanya kandungan vitamin A pada wortel dapat membuat tampilan rambut menjadi lebih berkilau.

Vitamin A yang terkandung pada wortel juga dapat menjaga minyak alami pada rambut dan menjaga kulit kepala dalam kondisi optimal.

Menurut para ahli, makanan yang kaya akan vitamin A, seperti karotenoid dapat membantu melindungi rambut dan kulit kepala dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega-3 dan 6, serta antioksidan yang berguna untuk memberikan nutrisi ekstra pada rambut. Sehingga, rambut menjadi lebih kuat, berkilau, tidak mudah patah, dan juga rontok.

Kemudian, alpukat juga mengandung zat yang membantu percepatan sel-sel di folikel dan anti inflamasi sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat serta rambut tumbuh lebih cepat dan lebat.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Kulit Kusam Saat Menjalankan Puasa Ramadhan, Tidak Sulit!

5. Ikan Berlemak

Makanan untuk rambut sehat, tebal dan berkilau berikutnya adalah ikan berlemak. Sebanyak 3% dari helai rambut mengandung omega-3 yang membuat rambut tetap lembap.

Sebab, tubuh manusia tidak bisa membentuk omega-3 sehingga harus diperoleh dari makanan. Salah satu makanan yang tinggi asam lemak omega-3 adalah ikan berlemak, seperti ikan kembung, sarden, dan juga cakalang.

Jadi, untuk membuat rambut sehat, lebat, dan berkilau, cobalah mengkonsumsi 3 jenis ikan tersebut.

6. Jambu

Makanan untuk rambut sehat lainnya adalah jambu. Seperti yang Anda tahu bahwa vitamin C sangat baik untuk kesehatan kulit. 

Vitamin C yang terkandung pada jambu dapat bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi rambut dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerontokan dan kerusakan rambut.

Vitamin C  juga dapat membantu pembentukan kolagen dan penyerapan zat besi yang penting untuk pertumbuhan rambut. Anda bisa mengonsumsi jambu setiap hari. 

Seperti itulah beberapa makanan yang baik untuk rambut sehat, tebal dan berkilau. Konsumsi makanan sehat ini secara rutin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News