HOME, Keluarga

6 Kesalahan Menggunakan Retinol yang Umum Terjadi

6 Kesalahan Menggunakan Retinol yang Umum Terjadi

MOMSMONEY.ID - Retinol merupakan salah satu bahan aktif skincare yang cukup banyak digemari. Dilansir dari Alodokter, retinol adalah turunan vitamin A yang memiliki beberapa manfaat seperti membuat kulit tampak awet muda, memperbaiki tekstur kulit, meningkatkan elastisitas kulit, memudarkan bintik hitam, serta mencegah munculnya jerawat.

Manfaat retinol memang sangat menggiurkan terutama bagi para pecinta skincare. Meskipun begitu, bukan berarti retinol tidak memiliki efek samping sama sekali.

Termasuk bahan aktif skincare yang cukup keras, retinol tidak boleh digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui karena bisa mengakibatkan cacat bawaan pada bayi. Selain itu, retinol juga berisiko menyebabkan iritasi dan kemerahan kulit walaupun konsentrasinya rendah.

Baca Juga: Konsumsi 4 Makanan Ini untuk Mendapatkan Kulit Cerah dan Glowing

Itulah sebabnya Anda perlu mencari tahu seluk-beluk retinol terlebih dahulu sebelum memakainya dan pastikan untuk menghindari 6 kesalahan dalam menggunakan retinol yang dilansir dari Sublime Life berikut ini.

1. Menggunakan retinol pada siang hari

Retinol dan cahaya matahari merupakan dua hal yang tidak bersahabat jika dipertemukan. Pasalnya, cahaya matahari dapat mengganggu aktivitas retinol serta memperburuk keadaan kulit dengan cara menyebabkan iritasi besar dan pengelupasan.

Jadi, gunakanlah skincare retinol Anda pada malam hari sebelum tidur.

2. Menggunakan retinol dan exfoliator yang keras secara bersamaan

Menggunakan face scrub berpartikel kasar atau exfoliator kimia berkonsentrasi tinggi seperti AHA dan BHA sebelum mengaplikasikan retinol pada malam hari tidak akan memberikan hasil yang bagus untuk kulit Anda.

Justru, ph kulit akan terganggu dan membuat kulit menjadi kering saat Anda menggunakan retinol setelah mengeksfoliasi wajah Anda dengan produk exfoliator yang keras semacam itu.

3. Menggunakan retinol terlalu banyak

Termasuk bahan skincare yang keras, retinol harus digunakan secukupnya alih-alih berlebihan.

Jika Anda menggunakan retinol layaknya pelembab, siap-siap saja jika kulit Anda akan mengering dan bahkan iritasi dibandingkan menjadi mulus dan glowing.

4. Menggunakan retinol setiap malam

Dalam rutinitas skincare, segala sesuatunya harus dilakukan secara bertahap. Ini juga berlaku untuk penggunaan retinol.

Apabila Anda belum pernah memakai retinol sama sekali, mulailah dengan menggunakannya perlahan-lahan maksimal 2 kali seminggu. Setelah kulit terbiasa, Anda bisa meningkatkan frekuensi penggunaan retinol menjadi 3 kali seminggu.

Jika Anda terlalu antusias menggunakan retinol sampai-sampai tidak ragu untuk mengaplikasikannya setiap hari, itu hanya akan membahayakan kulit Anda dan membuatnya tidak memiliki ruang untuk menyesuaikan diri.

5. Menggunakan retinol tanpa pelembab

Retinol dapat membuat kulit menjadi kering sehingga Anda perlu mengaplikasikan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit setelah menggunakan retinol.

Jika tidak, kulit yang mengering akibat penggunaan retinol akan mengundang infeksi, peradangan, dan kemerahan.

Oleh sebab itu, penggunaan pelembab tidak boleh Anda lewatkan terutama pelembab yang menenangkan serta memiliki kemampuan untuk memperkuat skin barrier.

6. Menggunakan retinol tanpa melakukan uji tempel

Kesalahan menggunakan retinol yang terakhir yaitu tidak melakukan uji tempel atau patch test terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan suatu produk retinol.

Padahal, melakukan uji tempel di area kecil kulit sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah kulit Anda benar-benar mampu atau tidak untuk beradaptasi dengan bahan aktif retinol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News