HOME, Keluarga

6 Kesalahan Mandi yang Bisa Menyebabkan Kulit Bermasalah, Hati-Hati!

6 Kesalahan Mandi yang Bisa Menyebabkan Kulit Bermasalah, Hati-Hati!

MOMSMONEY.ID - Mandi merupakan sebuah rutinitas harian yang harus dilakukan baik oleh anak kecil maupun orang dewasa.

Meskipun terlihat biasa saja, namun ada beberapa kebiasaan mandi yang tanpa disadari bisa menyebabkan kulit rusak lho.

Catat! Inilah 6 kebiasaan mandi yang berisiko merugikan kulit Anda sebagaimana dilansir dari Bustle.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Keramik Kamar Mandi yang Tepat, Simak!

1. Tidak menggunakan pelembab setelah mandi

Tujuan mandi tentu untuk membersihkan seluruh bagian tubuh dari kotoran yang menempel setelah seharian beraktivitas. Meskipun segar, namun mandi bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk segera menggunakan produk pelembab seperti body lotion sesaat setelah mandi.

Ketika Anda tidak mengaplikasikan pelembab setelah mandi, itu artinya Anda melewatkan satu langkah penting dalam perawatan tubuh. Padahal, menggunakan pelembab tepat setelah mandi akan membantu menjebak kelembaban pada kulit Anda.

2. Menggosok secara berlebihan

Kegiatan scrubbing ketika mandi terlebih menggunakan sabun berformula keras memang ampuh untuk membuat tubuh terasa bersih. Akan tetapi, cara tersebut berisiko merusak skin barrier atau pelindung kulit Anda. Tak sampai di situ, ketika Anda menggosok-gosok tubuh secara berlebihan, maka kulit Anda akan rentan terhadap permasalahan kulit kering dan eksim.

Pastikan untuk tidak terlalu sering melakukan scrubbing guna menghindari terjadinya iritasi. Setidaknya, lakukanlah aktivitas ini sebanyak satu kali dalam seminggu.

3. Malas mengganti shower puff

Shower puff adalah alat mandi berbentuk jaring-jaring yang berguna untuk menghasilkan busa melimpah dari sabun cair yang digunakan. Apakah Anda salah satu penggemar shower puff?

Penggunaan shower puff memang bisa meningkatkan sensasi dalam kegiatan mandi Anda. Kendati demikian, shower puff yang sama tidak boleh digunakan secara berulang-ulang dalam waktu yang lama. Mengapa demikian? Karena, shower puff berisiko menjadi sarang bakteri dan jamur.

Selalu ingat untuk tidak malas mengganti shower puff lama dengan yang baru setelah empat minggu penggunaan supaya Anda terhindar dari infeksi atau berbagai permasalahan kesehatan lainnya.

4. Mandi terlalu lama

Selama ini, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk sekali mandi? Apakah kurang dari atau justru lebih dari 10 menit?

Jika Anda selalu mandi lebih dari 10 menit, maka siap-siap saja kulit Anda akan menjadi lebih kering. Seseorang yang mandi lebih dari satu kali sehari dengan durasi masing-masing melebihi 10 menit akan membuat minyak alami yang ada di dalam kulitnya menghilang. Selain itu, mandi terlalu lama juga akan menguapkan hidrasi yang dibutuhkan kulit untuk tetap lembab.

5. Mandi dengan air panas

Mandi air panas dengan durasi lama dapat membuat kulit kekeringan. Tak hanya itu, hobi mandi air panas juga akan membuat kulit Anda rentan terhadap kondisi peradangan kulit seperti eksim.

Apabila Anda tidak bisa berhenti mandi air panas, cobalah untuk mandi menggunakan air bersuhu hangat alih-alih air bersuhu sangat panas. Jangan lupa juga untuk memangkas waktu mandi Anda menjadi kurang dari lima menit agar kulit Anda terhindar dari permasalahan kulit yang tidak diinginkan.

6. Tidak mandi setelah olahraga

Setelah berolahraga, keringat dan minyak tentu akan mengucur ke seluruh tubuh Anda. Jika tidak segera dibersihkan, maka keringat dan minyak tersebut akan tertahan oleh pakaian olahraga yang biasanya ketat.

Dibandingkan kulit harus mengalami breakout setelah berolahraga, sangat disarankan bagi Anda untuk segera mandi sesaat setelah olahraga. Meskipun begitu, Anda harus mengeringkan tubuh terlebih dahulu sebelum mandi. Pasalnya, mandi dalam kondisi berkeringat dapat menyebabkan munculnya jamur dan bakteri.

Sekian informasi seputar kebiasaan mandi yang harus Anda hindari jika tidak ingin kulit Anda rusak atau dihinggapi bakteri. Apabila keenam kebiasaan tersebut masih Anda lakukan hingga saat ini, maka jangan ragu untuk segera menghentikannya. Terakhir, selalu ingat juga untuk rajin mandi 2 kali sehari ya!

Selanjutnya: 6 Kesalahan dalam Rutinitas Skincare yang Sering Terjadi, Bisa Bikin Kulit Rusak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News