Bugar

6 Kandungan Skincare yang Ampuh Mencerahkan Kulit, Apa Saja?

6 Kandungan Skincare yang Ampuh Mencerahkan Kulit, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa kandungan skincare untuk mencerahkan kulit di sini. Banyak wanita yang menginginkan kulit wajah cerah. Masalah kulit kusam membuat penampilan menjadi tidak percaya diri. Salah satu cara mengatasi kulit kusam dengan pemakaian produk skincare yang tepat.

Bisa menjadi pilihan Anda, berikut enam kandungan skincare yang ampuh mencerahkan kulit dilansir dari senka.id : 

1. Alpha Arbutin

Kandungan skincare pertama untuk mencerahkan wajah adalah alpha arbutin. Ternyata produksi melanin atau pigmen pemberi warna kulit itu merupakan aspek yang menentukan tingkat kecerahan kulit seseorang.

Jika produksi melanin di tubuh terlalu banyak, maka warna kulit akan terlihat lebih gelap. Begitu juga sebaliknya. Semakin sedikit melanin yang dimiliki, maka semakin cerah pula warna kulit. 

Biar produksi melanin dapat terhambat, Anda bisa memasukkan Alpha Arbutin sebagai kandungan skincare untuk mencerahkan wajah.

Kandungan aktif ini bekerja dengan cara menghambat produksi tirosinaze (enzim yang bertugas untuk memproduksi melanin kulit), sehingga permasalahan kulit, seperti wajah kusam, hiperpigmentasi, dan bintik hitam bisa teratasi.

2. Salicylic Acid

Kandungan skincare untuk mencerahkan wajah selanjutnya adalah salicylic acid. Asam yang dikenal mampu meminimalisir jerawat dan komedo di wajah ini juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit.

Sebab, kandungan ini bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati, penyumbat pori-pori wajah. Sehingga, produksi sel kulit baru dapat cepat diregenerasi dan rona wajah yang kusam kembali cerah apabila digunakan secara rutin.

Baca Juga: Pahami 6 Penyebab Kulit Kasar pada Wajah yang Harus Anda Tahu

3. Azelaic Acid

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan kandungan azelaic acid. Kandungan yang dapat ditemukan pada ekstrak biji gandum ini dikenal kaya antioksidan dan memiliki pH yang seimbang, sehingga baik digunakan untuk kulit yang gampang memerah, tidak merata, rosacea, dan melasma.

Selain itu, Azelaic Acid juga bersifat anti-bakteri yang mampu mengeksfoliasi dan mengangkat tumpukan sel kulit mati. Sehingga, sangat disarankan untuk memasukkan kandungan ini dalam produk perawatan kulit Anda. 

4. Kojic Acid

Kandungan skincare berikutnya adalah kojic acid. Kandungan ini mampu menghambat produksi melanin, penyebab kulit kusam. Kandungan skincare untuk mencerahkan wajah ini kerap digunakan karena mampu menghambat pembentukan tirosin, asam amino penghasil pigmen melanin. 

Tapi mengingat sifat asamnya, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah yang mengandung kojic acid. Usahakan untuk tidak melebihi batas aman, yakni sebesar 1%, berlabel hypoallergenic dan non-comedogenic untuk menghindari reaksi over sensitif pada wajah. 

Sebaiknya lakukan tes alergi di kulit leher terlebih dahulu sebelum dioles ke wajah ya. Jika timbul reaksi negatif, seperti gatal dan kemerahan, ada baiknya penggunaan produk tidak dilanjutkan ya.

Baca Juga: Inilah 4 Obat Herbal yang Bisa Mengatasi Masalah Kulit, Apa Saja?

5. Licorice Extract

Salah satu penyebab kulit kusam akibat paparan sinar matahari  berlebih. Oleh karena itu, Anda bisa melindungi wajah pakai sunscreen dan menggunakan produk dengan kandungan yang mampu menghambat pigmentasi kulit, seperti licorice extract.

Mengandung Glabridin, Licorice Extract dapat menekan produksi enzim tirosinase dalam sel menalosit yang membuat kulit jadi menggelap setelah beraktivitas seharian di bawah terik sinar matahari.

Selain itu, ada pula senyawa liquritin yang memecah kelebihan melanin, sehingga pigmentasi berlebih di wajah jadi berkurang.

6. Bunga Sakura

Kandungan skincare untuk mencerahkan kulit lainnya adalah bunga sakura. Bunga sakura diketahui mampu memudarkan bintik kusam. Jenis bunga ini memiliki senyawa yang mirip dengan Vitamin C dan berfungsi untuk mengontrol produksi melanin pada kulit. 

Bisa jadi referensi pilihan kandungan skincare, itulah beberapa kandungan skincare untuk mencerahkan kulit yang harus Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News