Bugar

6 Kandungan Sabun Wajah untuk Kulit Berminyak yang Harus Anda Coba

6 Kandungan Sabun Wajah untuk Kulit Berminyak yang Harus Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Jangan keliru, Anda harus mencoba beberapa kandungan sabun wajah untuk kulit berminyak ini. Masalah utama dari kulit berminyak adalah tampilan pori-pori besar, wajah mengkilap, rentan berjerawat dan komedo. 

Salah satu cara menghindari masalah kulit tersebut adalah dengan pemakaian sabun wajah yang tepat. Hal ini karena tidak semua kandungan bahan aktif sabun wajah cocok untuk kulit berminyak.

Oleh karena itu, simak beberapa kandungan sabun wajah untuk kulit berminyak dilansir dari senka.id : 

1. Salicylic Acid

Kandungan sabun wajah pertama untuk kulit berminyak adalah salicylic acid atau asam salisilat. Kandungan ini merupakan salah satu jenis kandungan yang mampu membantu proses eksfoliasi kotoran, minyak, sel kulit mati secara mendalam tanpa menyebabkan iritasi. Asam salisilat ini juga memiliki anti-inflamasi yang dapat mencegah jerawat semakin meradang.

2. Niacinamide

Selanjutnya, kandungan niacinamide juga cocok untuk kulit berminyak. Niacinamide adalah salah satu jenis dari vitamin B3 yang mampu mendukung proses pengendalian minyak. Selain itu, niacinamide juga dapat meningkatkan kekenyalan, dan memperbaiki tekstur kulit dengan membuat pori-pori tampak lebih kecil. 

3. Glycolic Acid

Anda bisa menggunakan glycolic acid sebagai bahan aktif sabun wajah kulit berminyak. Glycolic Acid asam glikolat merupakan senyawa dengan ukuran molekul kecil yang merupakan bagian dari Alpha Hydroxy Acid (AHA).

Mampu membantu membersihkan kotoran dan mengecilkan pori-pori terdalam. Bagi Anda pemilik kulit berminyak yang sensitif, baiknya diuji terlebih dahulu produk dengan kandungan ini untuk memastikan kecocokannya.

Baca Juga: Pahami 4 Bahaya Menggunakan Skincare Share in Jar, Wajib Tahu!

4. White Clay

Kandungan sabun wajah untuk kulit berminyak berikutnya adalah white clay. Kandungan ini memiliki manfaat untuk mengangkat minyak berlebih dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori yang disebabkan oleh produksi sebum berlebih secara deep cleansing.

Sebum merupakan kumpulan dari minyak dan lemak yang dapat menyumbat pori-pori, terutama pemilik kulit berminyak, yang tidak dibersihkan secara tepat dan membuat jerawat tumbuh. 

5. Uji Green Tea

Daun teh hijau yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri cocok untuk kulit berminyak. Sehingga bisa membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, serta meredakan kulit berjerawat dan mengurangi produksi minyak.

Polifenol dalam teh hijau-nya mampu membantu proses sekresi sebum yang menyebabkan jerawat yang ampuh.

6. Hyaluronic Acid (HA)

Kandungan sabun wajah untuk kulit berminyak lainnya adalah hyaluronic acid (HA). Kandungan ini berfungsi untuk melembapkan kulit wajah secara baik.

Hyaluronic Acid ini bekerja untuk mengikat air di jaringan kulit. Sehingga kulit tetap terhidrasi secara sempurna dan tidak memproduksi minyak berlebih akibat kurangnya kelembapan pada kulit.

Itulah beberapa kandungan sabun wajah yang cocok untuk kulit berminyak. Pilihlah produk sabun wajah mengandung bahan-bahan di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News